9 Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek Di Dunia

2 min read

Ini Dia Deretan Jenis Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek Di Dunia

Ini dia deretan macam hewan dengan usia hidup terpendek – hewan yang terdapat di dunia ini beraneka ragam, sesuai dengan macam hewan itu. Secara umum, usia hewan ini lama dan tidaknya sesuai spesies dari hewannya sendiri. Ada yang umurnya panjang dan ada juga yang umurnya pendek sampai terpendek sekali. Nah Ini dia deretan macam hewan dengan usia hidup terpendek yang akan penulis sajikan dalam materi kali ini.

9 Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek Di Dunia
Adapun sejumlah usia hewan yang termasuk mempunyai usia hidup paling pendek, diantaranya sebagai berikut :

1. Lalat

Hewan pertama ini adalah lalat. Lalat mempunyai usia paling singkat, yaitu Cuma kurang lebih 4 mingguan saja. Akan tetapi, mempunyai umur paling singkat yakni usia 4 minggu itu sendiri tidak menjadi sulit bagi lalat berkembang biak.

Sebab hanya sekali dalam bereproduksi, maka lalat itu dapat menghasilkan telur kurang lebih 1000 butir. Nah, bayangkan saja bila 1000 butir itu berubah jadi 1000 ekor lalat. Hemmm pasti serem sekali bukan?

2. Nyamuk

Hewan kedua ini ialah nyamuk. Adapun usia hidup nyamuk tersebut ialah paling pendek, yaitu hanya dapat bertahan hidup berkisar 10 sampai 56 hari. Untuk nyamuk yang betina mereka mempunyai umur maupun usia panjang sampa beberapa bulan kemudian. Sedangkan untuk nyamuk yang Cuma kurang lebih 10 harian saja.

Baca Juga :   Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup : Ciri Khusus Hewan, Penjelasan dan Gambarnya Terlengkap

Dan yang harus kalian tau bahwa nyamuk dengan menghisap darah Cuma nyamuk betina saja. Sedangkan nyamuk jantan ini hidupnya hanya menghisap madu seperti layaknya lebah. Daur hidup nyamuk bisa kalian pelajari dalam artikel sebelumnya.

3. Capung

Hewan ketiga ini ialah capung. Usia hewan satu ini Cuma kurang lebih 4 bulanan saja maupun seperempat tahunnya saja. Oleh sebab itu, dikarenakan usia mereka ini pendek yaitu hanya seperempat tahun atau kurang lebih hanya 4 bulan saja, maka mereka ini menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya guna menjadi larva. Sedangkan pada waktu ia telah bermetamorfosa, maka mereka akan memanfaatkan sisa waktunya guna bereproduksi.

4. Semut pejantan

Hewan selanjutnya ini adalah semut. Kalian pasti sudah tak asing kan dengan hewan satu ini ya, yaitu semut. Semut pejantan tersebut adalah jens hewan yang mempunyai masa hidupnya paling singkat yaitu Cuma 2 minggu saja. Berbeda daris emut pekerja, dari semut pejantan tersebut Cuma menghabiskan waktu hidupnya guna mengawini semut ratu serta untuk makan pula. Oleh sebab itulah sirkulasi maupun kegiatan yang paling simpel ini makan waktunya hanya 2 minggu. Dan ini adalah waktu yang paling tersingkat bagi semut pejantan.

5. Bunglon

Hewan kelima ini ialah bunglon. Hewan bunglon tersebut adalah bagian dari hewa yang mempunyai umur paling pendek terhadap bangsa reptile. Secara umum, bunglon tersebut memang mempunyai usia kurang lebih 3 atau 4 tahun, akan tetapi untuk sejumlah jenis usianya mereka hanya kurang lebih 1 tahun saja.

6. Hamster

Hewan yang kelima ini ialah hamster. Hewan mungil satu ini adalah jenis hewan paling unik yang parasnya sangat imut dan kerap dipakai menjadi hewan peliharaan. Akan tetapi, sayang untuk jenis hewan yang super imut ini usianya tidak dapat bertahan dengan lama, yaitu kurang lebih hanya 2 sampai 4 tahunan saja.

Baca Juga :   6 Pengelompokan Hewan Beserta Contohnya lengkap

7. Mosquitofish

Ikan mosquitofish ini adalah ikan yang bisa hidup degan 2 kondisi air berbeda, yakni air garam dan air tawar. Berukuran lumayan kecil kurang lebih 4 hingga 7 cm. Di negara amerika serikat, banyak sekali dijumpai jenis ikan ini. Berbentuk kecil serupa dengan umurnya yang pendek.

Kurang lebih usia jenis ikan ini 2 tahun maksimalnya. Terutama pada ikan betina, mereka usianya malah jauh lebih lama daripada ikan yang jantan. Ikan ini tidak mempunyai predator terutama mengingat tidak banyak ikan predator yang dapat hidup di dua air ini. Ikan ini tergolong menjadi makanan utama nyamuk.

8. Tikus rumah

Di indoensia, tikus rumah ini telah hampir tidak pernah kelihatan. Yang kerap dilihat ialah tikus got berwarna hitam dan juga besar sekali. Tikus rumah ini ada 2 jenis yang berbeda. Tikus rumah mempunyai bentuk yang lebih kecil dan warnanya ini cokelat. Akan tetapi keduanya tersebut tetap menjadi hewan yang pengerat dan merugikan si tuan rumah.

Sejumlah ciri dari tikus rumahan ini mereka rentan pada penyakit serta mempunyai usia paling pendek. Tikus berjenis tersebut mempunyai predator khusus kucing. Manusia pun menjadi salah satu penyebab dari populasinya mereka menjadi terancam sebab kerap meracuni mereka. Walaupun demikian, tikus rumah tersebut paling aktif dalam hal bereproduksi. Mereka dapat bertahan hidup kira-kira selama 1 tahun.

9. Lebah madu

Seumur hidupnya, lebah ini perlu terus menerus untuk bekerja dengan mengumpulkan maduu serta melayani ratu lebah. Lantas berapa sih waktunya usia bagi lebah madu ini? Normalnya ini mempunyai usia sampai 5 minggu. Akan tetapi yang kita tau bahwa lebah bisa langsung mati ketika mereka menyengat lawannya. Sehingga dapat saja lebah ini mempunyai hidup dengan jauh lebih singkat jika sarang mereka ini telah diganggu oleh orang mauupun dengan hewan lainnya.

Baca Juga :   Sistem Peredaran Darah Pada Hewan Beserta Gambarnya

Oke sobat, Ini dia deretan macam hewan dengan usia hidup terpendek. Meskipun sejumlah hewan tersebut usianya hanya pendek, namun mereka dapat beradaptasi dengan perkembangbiakannya dengan sempuna, seperti nyamuk dan lalat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: