Hormon Tiroksin Pada Hewan : Pengertian, Karakteristik dan Contohnya Lengkap

2 min read

Pengertian, Karakteristik dan Contoh Hormon Tiroksin Pada Hewan

Hormon tiroksin pada hewan – layaknya manusia, hewan pun adalah salah satu makhluk yang tentunya mempunyai hormone didalam tubuhnya. Hormone berperan sangat penting sebab dapat mendukung efektivitas pertumbuhan dan perkembangan pada hewan. Oleh sebab itu, kita akan mengulas mengenai hormon pada hewan khususnya hormon tiroksin pada hewan.

Sebelum fokus pada pembahasan utama, terlebih dulu kita tahu apa yang dimaksud dengan hormone. Hormone ialah pembawa pesan kimiawi bagi sel atau antar kelompok sel. Seluruh organisme multiseluler, dan tumbuhan memproduksi hormone. Hormone tidak bisa dilihat secara kasat mata manusia dan telah menyebar menuju seluruh lintasan internal maupun dikenal menjadi aliran darah guna seluruh organ tubuh dan jaringan.

Hormon Pada Hewan

Hormone yang terkenal pada hewan dikenal dengan hormone yang diproduksi dari kelenjar endoktrin vertebrata. Fungsinya hormone pada hewan ialah untuk pertumbuhan, perkembangan vegetatuf, metabolisme, respirasi sel, dan prodyksi panas dll.

Hormone akan bertindak menjadi sinyal menuju sel sel target mereka, penentuan tindakan tidak hanya pada jumlah dari hormone yang telah dikeluarkan amun tergantung pula pada pola sekresi hormone serta mekanisme transduksi signal pada jaringan target.
Walaupun deminian, hormone hampir dihasilkan oleh semua sistem organ serta jenis jaringan dalam tubuh hewan. Berikut ini adalah sejumlah hormon pertumbuhan hewan, diantaranya :

  1. Hormon tiroksin
    Hormone ini fungsinya akan mengendalikan pertumbuhan hewan. Di dalam katak hormone tersebut fungsinya akan merangsang yang dimulai dari proses terjadinya metamorfosis.
  2. Homon somatomedin
    Hormone somatomedin tersebut mempengaruhi pertumbuhan tulang.
  3. Hormon ekdison dan jeuvenil
    Hormone jenis ini mempengaruhi perkembangan di fase larva dan fase dewasa, terutama pada hewan invertebrate.
Baca Juga :   Sistem Pernapasan Pada Hewan Reptil Dan Penjelasannya

Karakteristik Hormon Pada Hewan

Pada hewan, hormone pun mempunyai karakteristik, antara lain :

  1. Hormone yang secara langsung berskresi menuju dalam aliran darah
  2. Kelenjar dari sistem endoktrin ini mengeluarkan hormone yang jumlahnya relative lebih kecil
  3. Seringkali efek dari hormone ada di situs yang bernda pada situs sekresi mereka
  4. Tindakan hormone ialah menjadi jaringan target maupun organ
  5. Mereka dikenal menjadi pembawa pesan kimia, yakni mereka memodifikasi dan juga mengatur aktivitas pada jaringan target maupun organ.

Pada hakikatnya ini hormone mempunyai peran yang paling penting dalam pertumbuhan hwan, manusia, dan juga hewan. Dengan demikian perntinga jika kita mengetahui dari yang dimaksud dengan hormone dan apa saja jenis hormone pada tumbuhan, manusia maupun hewan.

Hormon Tiroksin Pada Hewan

Nah, inilah topic utama pada materi pembahasan kita kali ini, yakni hormone tiroksin. Apabila kalian semua belum mengenal dengan lebih dalam tentang hormone satu ini maka simaklah ulasan dibawah ini.

Hormone tiroksin ialah salah satu jenis hormone yang ada pada hewan yang dihasilkan dari kelenjar tiroid dan fungsinya ini akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan fisiologi hewan misalnya seperti sistem pernapasan pada hewan danlainnya sama seperti hormone pada umumnya.

Jika seekor hewan terjadi kekuarangan hormone tiroksi ini di waktu ia masih kecil, maka hewan ini akan terjadi perlambatan pertumbuhan pada segi fisiknya bila dibandingkan dengan hewan hewan lainnya, misalnya seperti pada komponen darah serta fungsinya.

Oleh sebab itu, hormone tiroksin ini paling berperan penting bagi kelangsungan perkembangan dan pertumbuhan jewan dengan menyeluruh. Berikut ini ada sejumlah fungsi dari hormone tiroksin ini, diantaranya adalah :

  1. Menjadi hormone yang fungsinya dapat mengendalikan pertumbuhan hewan dengan keseluruhan
  2. Menjadi hormone yang fungsinya akan merangsang proses terjadinya dari metamorfosis
  3. Menjadi hormone yang fungsinya menjadi perkembangan dan metabolisme karbohidrat yang terdapat dalam tubuh.
  4. Menjadi hormone yang fungsinya guna meningkatkan sensivitas kardivaskuler pada aktivasi saraf simpatik
  5. Menjadi hormone yang fungsinya untuk mempengaruhi pada tingkat kematangan homeotatis oot skelet
  6. Menjadi hormone yang fungsiny guna mempercepat dari pertumbuhan fisiologi hewan
Baca Juga :   Jaringan Hewan Dan Manusia - Pengertian, Struktur Dan Fungsinya Lengkap

Diatas tadi adalah sejumlah fungsinya dari hormone tiroksin pada hewan yang umum. Menurut hasil penilitian kawan, bahwa hormone tiroksin ini ternyata dihasilkan dari kelenjar gondok pada hewan yang dapat maupun turut serta dalam sebuah proses metamorphosis katak. Hal ini buktinya ialah jika seekor berudu ini diambil kelenjar gondoknya. Maka berudu ini tidak akan dapat berkembangbiak untuk menjadi seekor katak dewasa. Tetapi bila ditambahkan lagi sebuah hormone tiroksi pada berudu tadi maka ia bisa berkembang menjadiseekor katak dewasa.

Hal inilah yang membuktikan bahwasannya hormone tiroksin ini akan mempengarui pada pertumbuhan hewan.
Seperti yang kami informasikan bahwa zat kimia ini dilepaskan dengan langsung menuju getah bening dari darah yang paling dekat yang mana hal ini akan membawa mereka di berbagai organ lalu akan mengerahkan efeknya diseluruh tubuh hewan ini. kelenjar tersebut dikenal dengan kelenjar endoktrin maupun kelenjar ductless (kelenjar tanpa saluran).

Nah. Sekresi hormone ductless tersebut yang dikenal menjadi hormone. Adapun mengenai hormone hewan iru ialah zat kimia yang dapat menjalankan berbagai tugas di dalam tubuh hewan misalnya pertumbuhan, perkembangan seksual, respirasi sel, perkembangan vegetative, metabolisme, produksi panas serta berbagai jenis fungsi lain. Untuk itulah keberadaan dari hormone ini berperan penting bagi tubuh masing masing hewan.

Demikianlah pembahasan tentang hormon tiroksin pada hewan yang dapat kami sampaikan secara detail. Sudah taukan bahwa hormone tiroksin ini sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup hewan. Sebab hal ini bisa membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan oleh masing-masing hewan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Baca Juga :   7 Keunikan Cara Penguin Berkembang Biak