Kupu Gajah : Karakteristik, Fase dan Habitat Beserta Penjelasannya Lengkap

2 min read

Habitat Kupu Gajah Terlengkap Berikut Penjelasannya

Habitat kupu gajah terlengkap berikut penjelasannya – moth atlas atau kerap dijuluki dengan nama (kupu-kupu gajah) adalah semacam ngengat yang asalnya dari family saturniidae. Habitatnya ini ada di hutan tropis pada dataran rendah. Ngengat tersebut didistribusikan di semua benua asia. Inilah Habitat kupu gajah terlengkap berikut penjelasannya.

Kupu Gajah

Karakteristik Kupu Gajah

Ngengat atlas ini secara umum warnanya dominan coklat kekuningan sampai merah marun. Akan tetapi sebagiannya ada yang warnanya abu-abu maupun jingga dengan ciri khas ngengat atlas yang ada pola “mata” warnanya putih bentuknya segitiga berbatas garis hitam yang letaknya di sayap bagian atas serta sayap bawah dan ujung sayang bagian atas mempunyai pola yang mirip dengan kepala ular kobra

Nama “atlas” sendiri asalnya dari sejumlah pola sayarpnya yang mirip dengan peta dunia. Dengan bentuk sayap mirip ular kobra serta ukuran sayap yang besar, nama lokal dari ngengat sendiri di sejumlah daera cenderung pada keadaannya, diantaranya : atlasylinder (belanda), pappilon cobra (perancis), kupu-kupu (jawa), mariposa atlas (spanyol), rama-rama (sunda), kupu-kupu barong (bali).

Fase Kupu Gajah

Ketika di fase ulat, ulat dari ngengat tersebut mempunyai ukuran yang lumayan besar. Di Indonesia, kokon pada ngengat tersebut telah dimanfaatkan sebagai bahan sutra sebab terdapat daya serat dari kokok yang baik. Hal ini disampaikan oleh seorang peneliti bernama indrawan pada tahun 2007 dengan jumlah yang berjudul (karakter sutera terhadap ulat jedung (attacus atlas L.) dengan dipelihara dalam tanaman pakan senggugu “cleredondron serratum spreng”. Oleh karena itu, ada pengrajin banyak sutra yang telah membudidayakan ngengat ini.

Baca Juga :   Tahapan Siklus Hidup Semut

Perilaku dari attacus atlas ini unik sekali. Ketika malam hari seekor betina akan melepaskan feromon menuju ke udara yang dapat menarik seekor jantan. Sesudah kawin, betina akan meletakkan telurnya di golongan kecil cinnamomum, annona, jeruk, salix, mussaenda dan clerodendrum. Moth atlas bisa dijumpai sepanjang tahunnya dan populaisnya paling ditinggi akan ditemui pada bulan November hingga januari.

Ngengat atlas sering dianggap menjadi ngengat paling besar di dunia sebab luas permukaan sayapnya bisa mencapai 400 cm2. Rentang sayapnya juga tergolong bagian dari terlebar yakni kira-kira antara 25-30 cm. tubuh ngengat atlas ukurannya cenderung kecil bila dibandingkan dengan sayapnya dan lebih aktif sekali pada malam hari (nocturnal). Meskipun ukurannya besar serta mempunyai warna cerah, namun ngengat atlas kesulitan untuk dilihat dalam alam bebas, sebab warna serta pola sayapnya bisa membuat merea tersama diantara kulit kayu, tanah serta bebatuan.

Dalam kondisi terancam, maka ngengat atlas akan hinggap diatas tanah serta mengembangkan sayapnya. Jadi membuat sebagian sayap atas Nampak bergerak-gerak, dan hal inilah yang bisa mengakibatkan pemangsanya mengira ia sedang melihat ular serta pergi akan meninggalkannya.

Kupu gajah ialah sejenis ngengat yang tubuhnya besar, bukan tergolong jenis kupu-kupu (rhopalocera), namun termasuk dalam jenis ngengat (heterocera). Perbedaan khususnya ialah kupu-kupu ini aktif pada waktu siang (diurnal) sementara ngengat banyak aktif pada waktu di malam. Keduanya sama sama kelompok serangga. Kupu gajah sering dianggap menjadi ngengat paling besar di dunia karena rentang dari sayapnya adalah paling lebar.

Kupu gajah tergolong hewan terjarang dijumpai serta jarang dipelihara maupun diternakkan. Kebanyakan orang belum mengenal manakah asal muasal tempat tinggal hewan tersebut. Nah, inilah informasi terlengkap mengenai Habitat kupu gajah terlengkap berikut penjelasannya.

Baca Juga :   Contoh Bentuk Adaptasi Makhluk Hidup ( Hewan ) Secara Morfologi Terlengkap

Habitat Kupu Gajah

Habitat dari kupu gajah yang asli ialah dihutan yang mempunyai kelembaban tinggi. Kupu gajah suka dengan lingkungan sedikit basah, sebab ia mempunyai sayap kering dan senantiasa akan memerlukan udara lembab guna menjaga kelembaban sayap serta mencegah supaya tak patah terhadap kekeringan. Kupu gajah adalah contoh hewan metamorfosis sempurna dalam ekossitem alami yang loasinya suka dengan hal daerah pinggir sungai jernih maupun dibawah tegakan pohon sekeliling gua lembab sebab berair.

Beragam kerusakan alam misalnya longsor serta kemarau panjang pada habitat asli kupu gajah mengakibatkan kupu gajah akan bermigrasi atau pindah guna mencari tempat lebih baik. Habitat yang sebagai tempat tinggal kupu gajah mempunyai karakter berikut ini :

1. Mempunyai curah hujan tinggi, yakni lebih dari 2.000 mm/ tahunnya
2. Pohon utama mempunyai ketinggian 20-40m
3. Cabang pohon berdaun lebar serta lebar dan pasti hijau disepanjang tahunnya
4. Memperoleh sinar matahari yang lumayan dan dapat ditembus namun tak mencapai dasar gutan
5. Permukaan tanah cenderung tergenang air.

Kupu gajah ketika sulut dijumpai pada alam liar, sebab beragam kerusakan alam serta dinyatakan menjadi hewan hampir punah namun masih bsia dijumpai pada wilayah tropis maupun subtropics serta tempat maupun taman membudidayakan beragam hewan langka. Berikut sejumlah daerah di semua dunia yang ada di habitat kupu gajah wilayah ini : Malaysia, prancis, belanda, pulau jawa, pulau Kalimantan, pulau bali, di asia, di amerika, di afrika selatan yakni peru, brazil dan costa rica serta di ibu kota Indonesia sendiri kupu gajah bisa dijumpai pad aruang terbuka hijau jakarta misalnya taman serta hutan kota dan perkebunan.

Baca Juga :   Sistem Pernapasan Pada Kupu-Kupu

Demikianlah tadi Habitat kupu gajah terlengkap berikut penjelasannya. Kupu gajah termasuk hewan dengan metamorfosis secara sempurna dan ia termasuk kelompok serangga. Hidupnya selalu berada di wilayah yang tropis, sebab sayapnya selalu kekeringan sehingga membutuhkan tempat yang lembab. Terima kasih sudah mengenal tentang habitat kupu gajah ini, semoga setelah membaca ini kita semua bisa saling menjaga dan peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga tetap lestari alamnya.

Baca juga: