Gerakan Teknik Dasar Lompat Harimau Dengan Bantuan Teman

1 min read

Gerakan Teknik Dasar Lompat Harimau Dengan Bantuan Teman

Lompat Harimau – pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai gerakan teknik dasar dalam lompat harimau dengan bantuan teman. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

 

Lompat Harimau

Lompat harimau merupakan salah satu dari bentuk senam lantai yang dilaksanakan dengan cara menggunakan bantuan alat.  lompat harimau sendiri menjadi senam ketangkasan yang menunjukkan kelincahan serta kegesitan dari para peserta dalam melompati rintangan yang ada.

Lompat harimau ,  disamping dapat menggunakan alat-alat bantu seperti peti lompat, perlu diketahui juga bahwa lompat harimau bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan teman. Agar lebih mudah untuk memahaminya, maka Berikut ini adalah penjelasan secara singkat mengenai cara Melakukan lompatan Harimau dengan menggunakan bantuan teman.

Lompat Harimau Dengan Bantuan Teman

Berikut ini adalah cara dalam melakukan lompat harimau dengan bantuan teman, diantaranya:

Posisi awal

Untuk posisi awal dalam lompat harimau yaitu adalah dilakukan dengan cara berdiri dengan tegak lurus.  Lalu luruskan Arah pandangan ke depan serta fokus pada titik tujuan. Rapat kedua kaki dengan lurus serta bersiap untuk melakukan lari sebelum anda melompati teman.

Posisi teman

Bantuan teman ketika akan melakukan lompat harimau ini Tentunya sangatlah penting. Teman harus melakukan posisi seperti merangkak dengan arah lompatan yang dilakukan dari samping badan teman tersebut. Lalu Letakkan Kedua telapak tangan serta kedua lutut di lantai untuk bisa menahan berat badan atau dijadikan sebagai tumpuan badan. Berikutnya posisikan kepala dengan menghadap ke arah bawah. Dan sebaliknya Pilihlah teman yang memiliki badan yang tidak terlalu besar supaya akan lebih mudah dalam Melakukan lompatan.

Baca Juga :   √ Pencak Silat │4 Macam Teknik Dasar Tendangan Dalam Pencak Silat

Posisi lompat

Pada saat aba-aba telah diberikan, Maka segeralah berlari dengan kecepatan yang sesuai dengan jarak antara ancang-ancang dan juga teman yang membungkuk. Tambahkan kecepatan pada saat sudah hampir mendekati badan teman. Lalu Letakkan kedua tangan lurus ke arah depan lakukanlah tolakan dengan menggunakan kedua kaki supaya badan bisa terangkat ke udara. Lompatan dengan posisi tangan yang terus lurus ke arah depan. Sesudah bisa melewati badan teman, maka tetap pertahankan posisi tangan dan juga kemudian tahan badan dengan menggunakan telapak tangan yang sudah menyentuh matras.

Posisi mendarat

Posisi mendarat di dalam lompat harimau yaitu adalah dengan cara melakukan guling selama beberapa kali. Anda bisa menggunakan bantuan dari tangan ataupun kaki pada saat anda melakukan gerakan guling ke depan. Bergulingan sekitar dua sampai tiga kali, Lalu lakukan posisi mendarat yang terakhir.

Luruskan kedua tangan ke arah depan dengan posisi yang jongkok kemudian fokuskan Arah pandangan ke arah depan dan diakhiri lompatan dengan sikap jongkok tersebut.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai lompat harimau dengan bantuan teman. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya. Terima kasih dan salam olahraga.

Baca Juga :