Fungsi Utama Lidah Manusia

3 min read

Fungsi Utama Lidah Manusia

Fungsi Utama Lidah Manusia – Lidah merupakan organ tubuh manusia yang menjadi bagian dari struktur mulut. Dimana Lidah menjadi indra pengecap yang terdiri dari sejumlah bagian dan mempunyai berbagai macam fungsi apabila kita mengenali bagian lidah dan fungsinya yang dapat membantu kita untuk menyadari bahwa menjaga kesehatan rongga mulut secara keseluruhan itu sangat dibutuhkan. Apabila dilihat dan dirasakan lidah tidak memiliki tulang maka dapat diartikan bahwa lidah merupakan kumpulan dari otot rangka pada bagian lantai mulut yang tertutup oleh selaput lendir dan tampak kasar. Tekstur permukaan lidah yang kasar berupa tonjolan tonjolan kecil dinamakan papilla. Papila merupakan ujung dari saraf pengecap yang terhubung dengan saraf di dalam otak. Hal ini bertujuan agar kita bisa merasakan berbagai macam rasa pada makanan mulai dari pahit asam, asin, gurih, dan manis.

Papila yang terdapat pada lidah memiliki jumlah yang tidak sama pada setiap orang. Bisa jadi orang yang memiliki banyak papila akan lebih peka terhadap kedalaman dan variasi rasa. Jika kita lihat permukaan lidah manusia dapat mempunyai lapisan kerak putih. Dalam menjalankan fungsinya lidah dibantu oleh berbagai macam otot serta saraf yang terhubung secara langsung ke otak kita. Adanya otot tersebut menyebabkan lidah mampu bergerak secara bebas di daalam rongga mulut. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai Fungsi Utama Lidah Manusia dan bagian-bagiannya.

Baca Juga :   Bagian-Bagian Usus Halus Beserta Fungsinya

Bagian Lidah Manusia

Seperti penjelasan di atas bahwa lidah terdiri atas sekumpulan otot dan tidak mempunyai tulang satupun. Bahkan satu-satunya tlang yang terhubung secara langsung dengan lidah adalah tulang hyoid. Tulang tersebut berada diantara leher dan dagu pada bagian dalam. Frenulum adalah bagian lain dari lidah yang berfungsi untuk menghubungkan lidah dengan rongga mulut dan sekaligus sebagai penyongkong atau penyangga lidah. Umumnya bagian permukaan lidah dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

• Tepi dan ujung lidah. Pada bagian ini terdiri dari bagian depan (ujung) dan bagian tepi kanan dan kiri. Ujung dan tepi lidah ini mampu bergerak dengaan bebas ke belakang, ke depan, kanan dan kiri.
• Pangkal lidah. Bagian pangkal lidah terletak pada sisi belakang lidah yang dekat dengan tenggorokan. Pada pangkal lidah terdapat banyaak sel yang bertujuan mendukung fungsi lidah dalam merasakan serta menyentuh sesuatu yang masuk kedalam mulut.
• Dasar lidah. Sementara dasar lidah terletak pada bagian sisi bawah. Dasar lidah juga bisa disebut sebagai akar lidah. Dimana bagian ini mampu bergerak, namun pergerakannya tidak bisa sebebas bagian tepi dan ujung lidah. Hal ini karena terletak pada bagian bawah.

Jenis Jenis Papilla

Seperti halnya penjelasan di atas, bahwa seluruh bagian lidah ditutupi oleh lapisan berwarna merah dan sering disebut dengan mukosa. Di atas mukosa terdapat papillae yang merupakan bintik-bintik kecil sehingga membuat permukaan lidah manusia terasa kasar. Selain itu, papilla lidah terdiri dari beberapa macam atau tipe dimana masing-masing tipe papilla memiliki bentuk dan ukuran serta fungsi yang berbeda.

• Papilla sirkumvalata. Papilla jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan datar berada di dua per tiga belakang lidah.
• Papilla filiformis. Papilla jenis ini berbenuk panjang dan jumlahnya cukupn banyak. Dimana mempunyai ujung saraf yang lebih sensitive terhadap sentuhan.
• Papilla foliate. Letak papilla foliate disebelah kiri dan kanan lidah. Memiliki jumlah yang tidak terlalu banyak dan ukuranya tidak besar dengan reseptor rasa yang berguna dalam proses pengecapan.
• Papilla fungiformis. Jenis keempat papilla berbentuk jamur dan terletak tersebar diantara papilla filiformis. Papilla jenis ini sering terlihat seperti bercak merah di permukaan lidah dan dapat ditemukan di ujung dan samping lidah.

Baca Juga :   3 Pewarisan Sifat Pada Manusia : Pengertian, Macam - Macam dan Contohnya Terlengkap

Fungsi Lidah

Bagian-bagian lidah tersebut mempunyai peran dan fungsi yang cukup penting dalam membantu lidah menjalankan fungsinya. Apabila terjadi pada salah satu bagian lidah tersebut, maka lidah tidak akan mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut dibawah ini penjelasan Fungsi Utama Lidah Manusia.

1. Sebagai alat pengecap

Lidah dilengkapi dengan reseptor rasa untuk merasakan makanan, minuman dan apapun yang masuk kedalam mulut. Sehingga anda mampu membedakan rasa pahit, manis, asam, asin, enak, maaupun makanan yang tidak enak.

2. Sebagai alat untuk membantu komunikasi

Selain sebagai alat pengecap, lidah juga bekerja sama dengan bibir serta gigi untuk membuat suara yang keluar dari dalam tenggorokan menjadi lebih jelas dan dapat dipahami oleh lawan bicara. Tanpa lidah, maka perkataan seseorang akan sulit untuk dipahami.

3. Membantu mengunyah makanan

Dikarenakan lidah mampu bergerak didalam mulut dengan bebas, maka lidah berfungsi untuk membantu dalam mengolah makanan dan minumat yang padat menjadi lembek. Maka dari itu makanan tersebut mudah untuk ditelan.

4. Membantu menelan

Setelah makanan dikunyah dan menjadi kecil dan hancur, maka lidah akan mendorong makanan ke dalam tenggorokan dan masuk ke dalam lambung. Kemudian diolah oleh organ pencernaan lainnya.

5. Membantu mengisap

Fungsi lainnya adalah sebagai alat bantu mengisap cairan yang masuk kedalam mulut. Sebagai contoh adalah bayi akan menggunakan lidahnya ketika mengisap ASI.

6. Membantu dalam menyentuh

Lidah memiliki ujung yang sangat sensitif. Dimana ujung lidah tersebut mempunyai fungsi untuk merasakan atau mengenali makanan yang masuk dan membersihkan sisa makanan di dalam mulut.

7. Melindungi mulut dari kuman

Selain untuk menelan dan mengisap lidah berfungsi untuk melindungi mulut dari kuman yang dibantu oleh sel-sel pelindung. Sel-sel pelindung tersebut bernama tonsil lingual yang terdapat pada dasar lidah dan berada dibelakang rongga mulut dan bersamaan dengan amandel. Sel ini bertugas membantu melindungi tubuh dari gangguan kuman yang masuk melalui mulut.

Baca Juga :   Sistem Imunisasi : Pengertian, Fungsi, dan Jenis - Jenisnya Lengkap

Setelah mengetahui Fungsi Utama Lidah Manusia dan bagian–bagiannya, Maka ada baiknya apabila kita selalu menjaga kebersihan mulut dan lidah dengan cara menggosok gigi, berkumur, dan lainnya agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca juga:

Ciri Perbedaan Hewan Dan Tumbuhan

Bagaimana Cara Burung Bernapas