Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk

3 min read

Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk

Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk – Tulang dapat dikatakan organ tubuh manusia yang fungsinya sangat penting. Tanpa adanya tulang maka tubuh tidak dapat berdiri tegak dan tidak berbentuk. Dapat jugaa diartikan bahwa tulang merupakan jaringan ikat yang terdiri dari sel, serat, serta matriks ekstraseluler. Matriks tulang sendiri adalah bagian terkeras yang terletak di lapisan luar tulang, ini diakibatkann oleh pengendapan mineral dalam matriks sehingga tulang akan mengalami klasifikasi. Salah satunya adalah tulang rusuk dan tulang dada.

Tulang dada dan tulang rusuk memiliki fungsi untuk melindungi jantug dan paru-paru. Dimana tulang dada berbentuk pipih, melebar dan berhubungan dengan tulang rusuk melalui sambungan tulang rawan. Berikut penjelasan mengenai Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk serta yang berkaitan dengan tulang tersebut.

Pengertian Tulang Rusuk

Tulang rusuk saling berhubungan dengan tulang dada. Dimana sebagian dari tulang rusuk menutupi dan melindungi rongga dada yang terdapat banyak organ vital dibaliknya yaitu jantung dan paru-paru. Secara kolektif sangkar tulang rusuk terdiri dari tulang individu yang berbentuk panang serta melengkung dengan sambungan-sendi ketulang belakang.

Pada dada banyak tulang rusuk yang terhubung ke sternum melalui tulang rawan kosta yang merupakan segmen tulang rawan hialian yang memungkinkan tulang rusuk mengembang semalam pernapasan. Walaupun tulang rusuk meski tetap berada ditempatnya, tulang rusuk ini memungkinkan untuk gerakan keluar. Bahkan berfungsi dalam membantu menstabilkan dada selama inhalasi dan pernafasan.

Secara umum sangkar tulang rusuk manusia terdiri dari 12 tulang rusuk berpasangan yang masing-masingnya secara simetris berpasangan kanan dan kiri. Dari semua total 24 tulang rusuk, sejatinya hanya 7 tulang rusuk yang utama. Tulang ini terhubung ke tulang rawan sementara 5 set palsu lainnya yang tidak terhubung. Dimana tiga dari tulang tersebut terhubung ke tulang rawan non-kostal dan dua lainnya dianggap mengambang yang artinya hanya terhubung langsung dengan tulang belakang.

Baca Juga :   Ciri Perbedaan Hewan Dan Tumbuhan

Letak Tulang Rusuk Manusia

Sementara mengenai letak dari tulang rusuk adalah berada di dada (rongga dada). Bagian tulang rusuk belakang berhubungan dengan ruas-ruas tulang belakang melalui persendian. Sehingga dari perhubungan tersebutlah yang memungkinkan tulang rusuk dapat kembang-kempis sesuai dengan irama pernafasan ketika manusia bernafas.

Umumnya tulang dada berjumlah 1 buah yang terdiri dari 3 bagian, yakni:

• Kepala tulang (manubrium sterni) yang membentuk persendian dengan tulang selangka, tulang rusuk pertama dan klavikula.
• Badan tulang dada (korpus sterni) yang membentuk persendian dengan Sembilan tulang rusuk berikutnya.
• Tulang laju pedang (prosesus xifoid) merupakan tulang yang masih berbentuk tulang rawan dan terdapat pada bayi.
Sedangkan pembedaan tulang rusuk dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yakni:
• Tulang rusuk sejati, dimana bagian depannya melekat pada tulang dada sementara bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang di bagian punggung.
• Tulang rusuk palsu yakni bagian ujung depan yang melekat pada tulang rusuk diatasnya. Sedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang pada bagian punggung.
• Tulang rusuk melayang merupakan tulang yang bagian ujung depannya tidak melekat pada tulang manapun, sedangkan bagian belakangnya melekat pada ruas tulang belakang di bagian punggung.

Fungsi Tulang Rusuk

Tulang rusuk memiliki fungsi utama yaitu untuk melindungi jantung dan paru-paru. Tulang rusuk diklasifikasikann sebagai tulang pipih dan bagian dari kerangka aksial. Tulang pipih mempunyai peran utama sebagai pelindung struktur yang mendasarinya. Tulang jenis ini dapat ditemukan pada bagian tubuh lain, seperti tengkorak dan panggul. Dimana sel darah merah akan dibuat dalam sumsum tulang pipih. Selain itu, beberapa lapisan tulang kompak dan sumsum akan membentuk lempeng yang datar.

Baca Juga :   Tulang Kelangkang : Pengertian, Bentuk, Letak dan Fungsinya

Tulang rusuk dapat berkembang dalam mengakomodasikan pergerakan paru-paru dan diafragma ketika bernafas. Ini dikarenakan adanya pelekatan kartilagina dan tendon di sekitar. Sedangkan sebagian dari tulang rawan ini sepanjang hidup tetap fleksibel, ujungnya dibawah sternum – dikenal sebagai proses xiphoid – kemudian menjadi mengeras seiring bertambahnya usia.

Mengenal Tulang Dada

Sebelum mengetahui lebih lanjut penjelasan dari Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk ada baiknya jika mengenal dahulu tentang tulang dada. Tulang dada atau disebuts ebagai tulang sternum merupakan jenis tulang pipih yang berada pada bagian tengah depan tulang dada. Kemudian tulang rusuk dan tulang dada akan membentuk yang dinamakan tulang rusuk. Tulang rusuk memiliki peran yang sama pentingnya yaitu melindungi jantung, pembuluh darah, serta paru-paru bersama dengan bagian dari lambung, limfa, dan ginjal dari cidera traumatis. Tulang dada akan melekat pada tujung tulang rusuk pertama dan juga ke tulang klavikula atau selangka.

Tulang dada manusia terdiri dari tiga bagian, yang sering disebut dengan manubrium, tubuh dan proses xipoid. Tulang dada akan menyatu pada orang dewasa. Dimana bagian atas tulang dada adalah manubrium, atau pegangan yang terhubung ke dua tulang rusuk pertama dan tidak sepenuhnya kaku. Tubuh disebut sebagai pisau atau gladiol yang terletak tepat ditengah tulang dada. Sementara proses xipoid disebut sebagai ujung bawah sternum.

Fungsi Tulang Dada

Seperti penjelasan diatas, tulang dada merupakan tulang yang berada pada bagian tengah kerangka anterior. Dimana tungkai (ekstermitas atas) melekat pada tulang dada oleh klavikula. Sehingga akan berfungsi untuk menyerap goncangan dari tungkai atas dan membuangnya ke kerangka aksial. Selain itu, kedua tulang rusuk juga melekat pada tulang dada untuk membentuk gua, dan disebut dengan intercostal. Dengan demikian jantung serta paru-paru dan bagiannya dapat terlindungi. Tulang sternum juga berfungsi untuk mengumpulkan sampel sumsum tulang yang akan membantu dalam diagnosis banyak penyakit darah.

Baca Juga :   6 Penjelasan Lengkap Perbedaan Sel Hewan, Tumbuhan dan Bakteri

Jadi, sangat perlu untuk tetap menjaga agar Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk dapat berperan dengan semstinya. Sehingga dapat melindungi berbagai organ vital, seperti paru-paru dan juga jantung agar tetap aman.

Baca juga:

Organ Terbesar Ditubuh Manusia

Sistem Ekskresi pada Aves dan Pisces