Fungsi Pelvis Pada Ginjal Paling Penting

2 min read

Fungsi Pelvis Pada Ginjal Paling Penting

Fungsi Pelvis Pada Ginjal Paling Penting – ginjal adalah dua organ kecil dengan bentuk mirip kacang yang berukuran satu kepal tangan. Letaknya ada persis dibawahnya tulang rusuk pada kedua tulang belakang manusia.
Masing masing ginjal terdiri atas 1.000.000 unit penyaringan dan dinamakan dengan nefron. Sedangkan setiap nefron itu juga mengandung kapiler kecil bernama glomerulus, berada di tubulus dan berguna dalam mengumpulkan limbah sekaligus disaring lewat air yang masuk pada tubuh manusia.

Mengenal Pelvis Pada Ginjal

Ginjal juga termasuk organ terpenting pada tubuh manusia. Fungsi ginjal ialah untuk alat Penyaring darah pada tubuh manusia sekaligus bagian dari salah satu sistem eksresi tubuh. Fungsinya untuk mempertahankan keseimbangan dari asam basa dalam darah atau (electrolyte balance) yang caranya membuang metabolit serta zat dan bahan yang tak berguna untuk darah.

Istilah lainnya ialah membuang bagian yang tak berguna dari aliran darah supaya darah tetap bersih. Sedangkan semua bahan ataupun zat tak penting itu dibuang lewat urin yang kita keluarkan.
Ketika melakukan tugas tersebut, organ ini tak sendirian. Ada beberapa organ yang membantunya yang saling bekerja sama melakukan tugasnya untuk tubuh kita. Nah, salah satu patner ginjal itu ialah pelvis.

Fungsi pelvis dalam ginjal ialah menjadi salah satu organ ekskresi ginjal dan sebagai wadah penampungan cairan urine. Setelah itu, urin tersebut akan dialirkan menuju kandung kemih ataupun vesika urinaria lewat saluran uritener. Sementara, didalam organ kandung kemih, urin pun akan disimpan sementara waktu sebelum kemudian urin dapat dikeuarkan oleh tubuh melewati uretra.

Baca Juga :   Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana

Fungsi Pelvis Pada Ginjal Paling Penting

Pelvis juga termasuk salah satu bagian ginjal yang ukurannya melebar dari ureter pada bagian proksial yang ada pada sinus renalis. Sehingga, pelvis adalah organ dalam tubuh yang membuat manusia lancar mengeluarkan urine setiap hari.

Akan tetapi, adanya kebiasaan buruk yang mengkonsumsi minuman berwarna dapat membuat ginjal dalam tubuh mengalami kerusakan. Sehingga akan timbul berbagai macam penyakit ginjal tergantung parahnya kerusakan ginjal.
Karena itu, kita harus tahu bagian – bagian ginjal dan fungsinya ditubuh kita, supaya kita bisa menjaga ginjal agar tetap sehat. Ketika fungsi ginjal terganggu, otomatis kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan terganggu pula. Itu karena darah yang bersirkulasi pada semua jaringan tubuh merupakan darah kotor, dan tercampur oleh racun – racun yang sesungguhnya dikeluarkan oleh tubuh kita.

Disamping itu, kita pun disarankan agar selalu menjaga pola hidup yang sehat, dengan cara makan yang teratur, cukup istirahat serta rajin olah raga. Supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit serta organ dalam pun tak akan lemah. Sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Anatomi Ginjal Manusia

Manusia mempunyai sepasang ginjal dibagian kirinya berada sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan ginjal bagian kanannya. Sebab organ hati telah mendesak bagian ginjal sebelah kanan. Organ ginjal juga dilindungi dengan tulang rusuk serta otot punggung. Bahkan jaringan adiposa atau (jaringan lemak) yang mengelilingi ginjal memiliki peran untuk bantalan pelindung ginjal.

Pada umumnya, anatomi ginjal manusia dapat dibagi kedalam 3 bagian melihat dari bagian terluar kebagian terdalam, diantaranya korteks, medula, serta pelvis ginjal.

1. Korteks (Cortex)

Bagian korteks ginjal ialah bagian yang terluar. Pada luar korteks organ ginjal dikelilingi dengan kapsul ginjal serta jaringan lemak, yang berfungsi melindungi ginjal bagian dalam.

Baca Juga :   Ginjal : Bagian Bagian, dan Sebab Akibat Kerusakan Pada Ginjal Terlengkap

2. Medula (medulla)

Selanjutnya adalah medula ginjal yakni bagian ginjal yang halus serta dalam. Isi dari medula ialah lengkung Henle dan piramida ginjal, yakni struktur kecil dalam nefron serta tubulus.
Fungsi tubulus adalah mengangkut cairan sampai ke organ ginjal lalu bergerak menjauh dengan nefron dan menuju organ yang mengumpulkan & menyalurkan urine keluar dari organ ginjal.

3. Pelvis ginjal (renal pelvis)

Bagian yang ke tiga adalah pelvis ginjal yakni ruangan yang berbentuk corong pada bagian terdalam ginjal. Tugas pelvis adalah menjadi jalur bagi cairan yang diangkut ke saluran kandung kemih. Pada bagian pertama pelvis ginjal terdapat kandungan calyces. Organ ini merupakan ruangan berbentuk cangkir kecil dan berguna untuk mengumpulkan cairan yang sebelumnya akan bergerak menuju kandung kemih.

Selanjutnya adalah hilum yang merupakan lubang kecil ada di bagian dalam organ ginjal, yang mana bentuknya melengkung ke dalam seperti bentuk kacang yang beda. Pelvis ginjal ini melewatinya, dan:

  • Arteri ginjal, berfungsi membawa darah kaya oksigen yang berasal dari organ jantung menuju ginjal guna proses filtrasi.
  • Vena ginjal, bertugas membawa darah dari ginjal menuju lagi ke jantung (sudah disaring oleh ginjal).
  • Ureter merupakan tabung otot yang berguna untuk mendorong urin menuju kandung kemih.

Nefron Bagian Ginjal Yang Menyaring Darah

Nefron merupakan bagian anatomi ginjal dengan tugasnya ialah menyaring darah. Nefron akan mengambil darah, dan memetabolisme nutrisi, lalu membantunya untuk mengedarkan hasil limbah dari penyaringan yang sudah dilakukan.
Nefron akan meluas melalui area korteks & medulla ginjal. Masing masing ginjal juga mempunyai satu juta nefron, dan setiap strukturnya mempunyai struktur internal sendiri. Nefron terdiri atas 2 bagian yaitu badan malphigi dan tubulus ginjal. Sesudah darah masuk pada nefron, maka selanjutnya menuju ke badan malpighi atau (korpus ginjal). Sedangkan tubulus ginjal ialah serangkaian tabung mulai dari sesudah kapsul Bowman lalu berakhir pada tubulus pengumpul atau disebut (collecting duct).

Baca Juga :   Anatomi Ginjal Manusia (Pengertian, Fungsi dan Penjelasannya) Terlengkap

Nah, itulah pembahasan tentang Fungsi Pelvis Pada Ginjal Paling Penting. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Pengertian Radiasi Adaptif Dan Contoh Terlengkap

Struktur Otot Jantung