7 Fungsi Pankreas Pada Manusia dan Bagian Utamanya

3 min read

Fungsi Pankreas Pada Manusia dan Bagian Utamanya

Fungsi Pancreas Pada Manusia – Pankreas merupakan salah satu organ manusia yang mempunyai dua fungsi sebagai penghasil enzim pencernaan serta menghasilkan beberapa hormone lainnya. Pancreas dapat juga diartikan sebagai organ tubuh yang merupakan kelenjar berwarna abu-abu merah muda dan mempunyai panjang 12 hingga 15 cm. Letak dari organ tubuh ini berada di bagian perut atas yang memanjang ke sebelah kiri dan bagian kepalannya menempel pada usus dua belas jari (duodenum).

7 Fungsi Pankreas Pada Manusia dan Bagian Utamanya

Bagian Utama Pankreas

Pancreas mampunyai empat bagian utama, yaitu bagian kepala, leher, tubuh serta ekor. Sebagai bagian tambahan pancreas juga mempunyai uncinated yang berbeda jika dibandingkan dengan anatomi yang lain. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai Fungsi Pancreas Pada Manusia.

a. Bagian kepala

Bagian kepala ini terletak di perut sebelah kanan. Bagian ini dekat dengan usus dua belas jari. Bagian ini merupakan bagian terluas yang terselip pada lengkung usus dua belas jari yang memiliki bentuk menyerupai huruf C.

b. Bagian leher

Bagian leher merupakan bagian yang memiliki ukuran relative pendek dikarenakan hanya memiliki ukuran panjang sekitar 2.5 cm. Bagian inilah yang menghubungkan kepala serta tubuh pancreas dengan bentuk memanjang dari kanan atas ke kiri.

c. Bagian tubuh

Bagian tubuh adalah bagian paling utama pancreas yang berbentuk seperti prisma. Perut kita terletak tepat diatas tubuh pancreas dengan dipisahkan omentum atau dapa dikatakan sebagai sebuah kantong yang terletak antara kedua organ tersebut.

Baca Juga :   Anatomi dan Fisiologi Sistem Pencernaan Manusia Beserta Gangguannya Terlengkap

d. Bagian ekor

Sementara bagian ekor adalah bagian yang paling sempit yang letaknya berdekatan dengan limpa. Bagian inilah yang penting bagi proses sekresi dikarenakan menghasilkan polipeptida pancreas atau dapat disebut dengan asam amino.

e. Bagian ucinate

Bagian ini merupakan salah satu bagian pada kepala yang diperpanjang. Memiliki bentuk membengkok dan membentuk sudut pada bagian badan pancreas.

Selain memiliki bagian utama tersebut di atas. Terdapat juga bagian sisi dan permukaan pancreas, diantaranya:

  • Terdapat tiga bagian dari permukaann pancreas, yaitu bagian inferior, posterior, dan anterior.
  • Pada bagian sisi pancreas adalah bagian tepi batas pancreas.
  • Bagian sisi tersebut dibatasi oleh margin superior, interior, serta anterior.
  • Selain itu, masih terdapat permukaan pancreas yang dapat juga disebut dengan saluran pancreas.
  • Pada saluran pancreas inilah yang mengeluarkan ensim pencernaan dan berperan dalam system pencernaan manusia.

Dikarenakan pancreas merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia, berikut ini beberapa Fungsi Pancreas Pada Manusia yang perlu kita ketahui.

a. Sebagai organ eksokrin

Ketika makanan yang telah kita makan berhasil dicerna di lambung, maka secara bertahap akan menuju ke duodenium, kemudian duodenium menghasilkan sebuah hormone yang disebut dengan hormone kolesistokinin. Hormone tersebut berperan untuk memberikan rangsangan pada pancreas agar menghasilkan berbagai enzim serta cairan yang terkandung dalam bentuk getah pancreas yang dapat membantu proses pencernaan.
Berbagai jenis enzim serta cairan yang dihasilkan, yaitu meliputi enzim lipase, enzim tripsinogen, enzim amylase, enzim karbohidrase pancreas, serta cairan NaCHO3. Kelima enzim tersebut memiliki fungsi serta peran yang berbeda, diantaranya:

  • Enzim lipase, enzim ini mempunyai fungsi untuk memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Selain itu, enzim ini juga akan menyimpan lemak apabila lemak yang masuk ke dalam tubuh melebihi batas.
  • Enzim tripsinogen, memiliki peran untuk memecah komponen protein yang bersifat belum aktif. Apabila sudah aktif, enzim ini akan berubah menjadi enzim tripsin yang memiliki fungsi untuk memecah pepton menjadi asam amino.
  • Enzim amylase, merupakan enzim berperan mengubah amilun (polisakarida) menjadi bentuk monosakarida. Polisakarida ini tidak dapat diserap oleh tubuh sehingga akan diubahnya terlebih dahulu menjadi monosakarida.
  • Enzim karbohidrase pancreas memiliki fungsi untuk memecah disakarida menjadi monosakarida. enzim ini, meliputi enzim lactase, maltase, dan sucrose.
  • Cairan NaCHO3, cairan ini mempunyai sifat yang basa. Sementara makanan dari lambung bersifat asam. Sehingga makanan yang akan mmenuju duodenum harus bersifat netral agar tidak melukai dinding lambung kita. Maka dari itu, fungsi dari cairan NaCHO3 adalah menetralkan makanan dari lambung dikarenakan memiiki sifat basa.
Baca Juga :   Pankreas : Pengertian, Anatomi, Fungsi dan Hormon yang Dihasilkan

Dari penjelasan tersebut di atas, pancreas sebagai fungsi organ yang eksokrin mempunyai peran dalam proses pencernaan untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Tidak hanya itu, ternyata pancreas juga berfungsi untuk menetralkan pH makanan yang berasal dari lambung yang kemudian menuju ke duodenum.

b. Sebagai organ endokrin

Sementara fungsi lambung sebagai organ endokrin dapat dijelaskan seperti berikut ini.

  • Fungsi pancreas sebagai organ endokrin akan dilakukan oleh pulau Langerhans yang terletak pada pancreas. Pulau Langerhans ini mempunyai 4 macam sel, dan setiap selnya menghaasilkan hormone yang berbeda. Pulau Langerhans ini telah tersebar diseluruh bagian pancreas serta kaya akan pembuluh darah. Sebesar 1%-2% pancreas tersusun atas sel-sel Langerhans tersebut.
  • 4 macam pulau Langerhans tersebut, yaitu sel alfa pancreas, sel beta pankreaas, sel gamma pancreas, dan sel delta pancreas.
  • Sel alfa pancreas akan meghasilkan hormone glucagon yang memiliki peran untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dengan memecah cadangan gula dalam hati untuk kemudian dibawa ke aliran darah.
  • Sel beta pancreas akan menghasilkan hormone insulin, yang berperan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Sel gamma pancreas akan menghasilkan polipeptida yang berfungsi untuk memperlambat penyerapan makanan.
  • Sementara sel delta pancreas akan menghasilkan hormone somatostatin yang berperan untuk menghambat sekresi yang dilakukan oleh sel alfa, sel beta, dan sel gamma.

Dengan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa fungsi utama dari pancreas sebagai organ endokrin yaitu untuk mengatur kadar gula dalam darah dan mengatur proses penyerapan makanan.

Nah, itulah penjelasan mengenai Fungsi Pancreas Pada Manusia yang ternyata memiliki dua fungsi utama sebagai organ endokrin dan eksokrin. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi bagi kita semua.

Baca Juga :   Kelainan Pada Ovarium Wanita dan Cara Mencegahnya

Baca juga: