Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagian Dalam

2 min read

Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagian Dalam

Fungsi organ tubuh manusia bagian dalam – sebagai makhluk hidup, faktor penting di dalam mempertahankan hidup adalah organ tubuh. Tanpa adanya salah satu organ tubuh tersebut maka akan memicu efek samping dalam tubuh yang bisa mengakibatkan beragam jenis keluhan hingga penyakit, kelainan atau sampai pada kematian. Memang sejumlah organ tubuh terdapat yang tidak mengakibatkan kematian bila kehilangan sejumlah organ itu. Akan tetapi meski tak ada efek pada kematian tersebut akan berefek dalam kemampuan tubuh (daya stabilitas tubuh). Berikut ini akan kami kupas mengenai Fungsi organ tubuh manusia bagian dalam.

Ada beragam jenis organ dalam tubuh manusia. Masing-masingnya organ ini akan bekerja sesuai pada fungsinya masing-maisng. Akan tetapi, hal ini tetap bekerja dengan bersamaan di dalam tubuh manusia. Beberapa diantaranya ada yang dikenal dengan organ utama yakni organ paling penting yang ada di dalam tubuh.

Jadi, organ tubuh manusia ini merupakan sebuah kumpulan beragam jaringan yang menjalankan fungsi-fungsi khusus. Setiap perangkat mempunyai fungsi khusus guna menunjang kehidupan manusia.
Organ organ ini yang akan mengendalikan besar fungsinya tubuh, bila organ utama terjadi kerusakan kerusakan yang mengakibatkan efek fatal dalam kesehatan tubuh. Kemudian apapun organ utama yang ada di dalam tubuh, berikut ini organ utama yang ada di dalam tubuh.

1. Otak

Otak adalah bagian organ yang lokasinya ada di kepala. Fungsi otak penting sekali untuk mengendalikan saraf juga menjadi sebuah pemrosesan dalam mengantarkan sinyal menuju ke orang lain. Otak kanan yang mengendalikan fungsi tubuh yakni menjadi “inti” supaya bis abergerak sesuai dengan keinginan. Selain di fungsikan untuk fungsi tubuh bagi makhluk hidup, otak khususnya otak manusia ini mempunyai kelebihan dengan IQ yang tinggi. Dengan IQ tinggi tersebut otak manusia bisa mengingat, melakukan serta mengimprovisasi terhadap apa yang ia pelajari.

Baca Juga :   Sistem Saraf Pusat Manusia Dan Fungsinya

2. Jantung

Jantung adalah bagian vital manusia yang letaknya ada di dalam tubuh. Bagian vital di dalam tubuh rentan sekali dari benturan. Di dalam tubuh makhluk hidup jantung fungsinya adalah untuk memompa darah guna melancarkan peredaran darag. Oleh sebab itu ketika jantung memompa darah ada getaran yang dihasilkan terhadap proses itu dan bahkan bisa dirasakan oleh sebuah objek yang ada di luar. Bila jantung berhenti memompa tubuh tersebut, maka sudah dipastikan bahwa tubuh makhluk hidup ini mati atau malah terjadi gangguan sistem tubuh.

3. Paru-paru

Paru-paru adalah organ pernapasan yang dapat mengatur sistem masuknya udara di dalam tubuh. Paru-paru ini akan bekerja dengan mengkonversi hasil dari udara O2 dan melepaskannya ke dalam bentuk co2 maupun karbon dioksida. Sistem pernapasan dalam tubuh awalnya ini lewat hidung maupun mulut yang menghirup oksigen lalu akan dikeluarkan lagi dalam wujud karbondioksida.

4. Prankeas

Prankeas adlah organ penting yang bersama dengan sistem pencernaan di dala tubuh. Letaknya ada di bagian belakang perut yang menjadi organ kelenjar.

5. Ginjal

Ginjal yang bekerja sama dalam sistem pengaliran darah, yakni ginjal, jantung dan paru-paru. Di dalam ginjal yang fungsinya dapat memurnikan darah jadi darah yang ada di dalam tubuh ini akan menjadi lebih sehat. Ginjal akan bekerja dengan alami menjadi pembersih darah yang ada di dalam tubuh.

6. Mata

Mata adalah organ penglihatan yang bisa melihat suatu objek dan bisa melihat suatu warna lewat sejumlah organ dalam sistem penglihatannya yakni mata.

7. Usus

Usus adalah organ tubuh yang dapat bekerja dalam sistem pencernaan. Usus sebagai jalur keluar masuknya sebuah makanan yang menjadi hasil dari metabolisme dari dalam tubuh. Usus yang akan bekerja menjadi pemrosesan makanan dari hasil tubuh yang lalu dikeluarkan lagi dari dalam tubuh.

Baca Juga :   Kelenjar Tiroid : Pengertian, Fungsi, Gangguan, dan Cara Menjaganya Terlengkap

8. Kelenjar paratiroid

Kelenjar paratirodi adalah empat kelenjar endokrin kecil yang terletak di leher masing-masing kelenjar tersebut sehingga mempunyai ukuran besarnya sama dengan ukuran butir beras. Berfungsi menjadi penghasil kelenjar paratiroid yang dapat mengontrol jumlah kalsium di dalam tulang.

9. Faring

Faring ialah bagian kedua dari sistem pernapasan serta pencernaan dan keberadaannya terletak di bawah mulut serta rongga hidung dan di atas esofagus serta laring, berfungsi sendiri dalam menyaring udara masuk di dalam sistem pernapasan manusia.

10. Laring

Laring adalah struktur tulang rawan yang terletak di atas trakea dan isinya adalah pita suara dan mempunyai fungsi dapat memberikan nada suara di waktu manusia berbicara.

11. Timus

Timus adalah kelenjar yang mempunyai bentuk mirip dengan piramida dan letaknya tepat ada di bawahnya leher, timus ini sebagai salah satu organ yang khusus sekali dari sistem kekebalan tubuh dan mempunyai fungsi guna menghasilkan limfosit sel-T yang bis amembantu dalam mengembangkan kekebalan tubuh dari serangan beragam jenis penyakit.

Beberapa bagian organ di dalam tubuh memang beraneka ragam. Menurut garis besarnya ke 7 organ diatas tadi adalah organ khusus di dalam setiap makhluk hidup organ utamanya akan bekerja dengan cara yang beraneka ragam akan tetapi dapat melengkapi dalam sebuah sistem. Organ utama ini pastinya perlu kita jaga kesehatannya sebab menjadi faktor penting untuk sistem tubuh. Tanpa adanya organ ini maka sistem tubuh tak akan bekerja dengan maksimal.

Nah, sobat bagaimana mengenai pembahasan Fungsi organ tubuh manusia bagian dalam. Apakah sudah jelas dari tulisan ini. Semoga dengan adanya wawasan ini bisa menambah ilmu pengetahuannya. Terima kasih.

Baca juga:

Baca Juga :   13 Fungsi Otak Kanan Manusia - Pengertian, Dampak Kerusakan dan Cara Mengembangkan Otak Kanan

Ciri Ciri Ubur Ubur dan Penjelasannya

15 Ciri-Ciri Lumut Tanduk dan Penjelasan Lengkapnya