Fungsi Lekukan Diantara Bibir Dan Hidung Pada Tubuh Manusia

3 min read

Fungsi Lekukan Diantara Bibir Dan Hidung Pada Tubuh Manusia

Fungsi lekukan diantara bibir dan hidung pada tubuh manusia – seperti yang tlah kita tau bahwa tubuh kita mempunyai bermacam-macam bagian kecil dimana bagian ini yang jarang kita perhatikan fungsi serta manfaatnya dalam tubuh kita sendiri. Seperti fungsi lekukan diantara bibir dan hidung pada tubuh manusia.
Untuk bagian-bagian besar tubuh kita sudah pasti tau fungsinya apa, akan tetapi untuk bagian kecil-kecil jarang kita perhatikan manfaatnya. Bahkan, kemungkinan banyak yang tak tau fungsinya atau namanya.

Fungsi Lekukan Diantara Bibir Dan Hidung Pada Tubuh Manusia

Nah, bagian kecil salah satunya yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah letaknya diantara hidung dengan bibir kalian. Untuk mengetahuinya maka silahkan kalian mengaca untuk menemukannya lekukan yang letaknya diantara bibir dan hidung kalian.

Maha besar tuhan yang menciptakan segala wujud manusia beserta kesempurnaanya dengan sedemikian rupa sehingga kita menjadi manusia yang bisa memfungsinya wajah serta tubuh kita dengan normal. Sebab, biologisnya kita ini lahir dengan wajah yang sekarang ini dimiliki dapat dipakai menjadi informasi tambahan.

Lantas apa nama lekukan diantara bibir dan hidung pada tubuh manusia ini?

Mungkin memang tak banyak yang tau apa nama lekukan yang dikenal ini, dan bahkan fungsinya pula. Nah, adapun nama lekukan ini bernama “filtrum”.

Baca Juga :   Hormon Kortikosteroid : Pengertian dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Walaupun termasuk ukurannya kecil, akan tetapi lekukan ini dikenal dengan sebuah organ bernama filtrum. Filtrum atau yang mempunyai bahasa latin philtrum maupun oreng tersebut merupakan lekukan yang bentuknya vertikal pada bagian tengah bibir atas.

Lekukan tersebut sendiri kerap tak disadari oleh kita akan keberadaannya serta fungsinya. Sebab, dengan kasat mata lekukan tersebut nampak seperti satu kesatuan dengan bibir akan tetapi sekali lagi penulis tekankan bahwa lekukan ini merupakan bagian satu organ kecil yang namanya filtrum. Fungsi saraf simpatik serta parasimpatik dapat dipakai menjadi sumber informasi tambahan pula.

Secara umum, filtrum tersebut dipunyai mamalia memanjang dri bawah hidung sampai bagian tengah bibir atas. Bersamaan dengan kelenjar rhinarium dan lubang hidung (nostril), filtrum tersebut diyakini menjadi kondsisi primitif untuk mamalia pada umumnya.

Apa saja fungsi nama lekukan diantara bibir dan hidung pada tubuh manusia ini?

Berikut ini ada sejumlah fungsi dari filtrum, dianatranya ialah berikut ini :

  1. Membawa Uap Air Dari Mulut ke Rhinarum

Adapun filtrum dari kebanyakan mamalia ialah alur sempit yang dapat membawa uap air berasal dari mulut menuju ke rhinarum atau sebagai bantalan hidung lewat kapiler guna menjaga hidung supaya tetap basah. Sebab bantalan hidung yang terlalu basah dapat merangkap partikel abu dengan cara lebih baik bila kita bandingkan dalam keadaan kering. Hal ini bisa membantunya dalam meningkatkan fungsi dari penciuman pastinya.2

2. Memperbaiki Bentuk Wajah

Memperbaiki bentuk wajah ialah fungsi lain dari filtrum itu. Kenapa demikian? Sebab pada waktu filtrum tak sempurna membentuk sebuah lekukan di dalam wajah kita, maka wajah kita terlihat aneh sama halnya dengan primata yang memang nampak sempurna. Selain itu, hal lainya yang bisa dialami ketika mengalami ketidaksempurnaan maka filtrum tersebut dapat mengakibakan kelahiran bibir sumbing dimana tau keadaan seperti tersebut keadaan cacat fisik yang tidak diinginkan siapapun.

Baca Juga :   Kromosom Makhluk Hidup : Pengertian, Definisi, Jenis Jenis, Struktur, Bentuk dan Jumlahnya Terlengkap

Setiap organ tubuh manusa ini pasti mempunyai fungsinya masing-masing. Kalian mungkin sudah tau akan fungsinya tersebut. Mulai dari paru-paru, lalu otak, dan masih banyak lainya. Sebagian rang mengira bahwa filtrum dibuat guna membentuk sebuah bibir agar lebih indah. Menurut michael kors digital watch discount nyatanya tak hanya menjadi sebagian hiasan wajah kita saja.

3. Berperan Penting Ketika Masih dalam Kandungan

Secara sekilas, memang piltrum ini tak berguna. Berbeda dengan bagian anggota lain yang telah jelas fungsinya. Namun, filtrum ini ternyata mempunyai peranan penting di dalam membentuk wajah. Pada waktu kalian masih ada di dalam kandungan, maka kalian ini tumbuh dari embrio sampai jadi sebuah janis hingga akhirnya dilahirkan.

Sehingga, selama usia 9 bulan di dalam kandungan ibu maka monster beats app aux cable embrio akan tumbuh dengan perlahan-lahan. Tubuhmu akan membentuknya dengan perlahan-lahan pula. Diantaranya mulai dari organ dalam sampai bagian tubuh paling luar. Pada waktu kalian usianya 2-3 bulan di dalam kandungan rahim ibu, maka mengalami pembentukan lubang hidung mulut. Lalu sejumlah jaringan ini akan bergerak guna membentuk hidung dan juga bibir. Pada waktu itulah, maka ada philtrum yang akan menjembatani antara bibir dengan hidung, jadi tak ada lagi lubang serta akan menyatu bersama dengan sempurna.

4. Untuk Mempertajam Penciuman Pada Hewan

Biasanya ini, hidung dan juga bibir tak akan bertemu dan tak ada yang menjembatani secara sempurna. Monter beats audio beats adidas tersebut pada akhirnya timbullah sebuah kelainan dalam bayi yang masih baru lahir dengan sumbing. Nyatanya tak hanya manusia saja yang punya filtrum tersebut tetapi juga bangsa binatang. Sebagian dari binatang ini misalnya seperti kucing, srigala, anjing, dan mempunyai fungsi lain dari filtrum yakni untuk mempertajam indra penciuman mereka. Sehingga tak ada lagi organ tubuh yang muncul namun sia sia.

Baca Juga :   Klasifikasi Makhluk Hidup - Pengertian, Tujuan, Dasar - Dasar dan Tingkatannya Lengkap

Nah, sekarang kalian sudah taukan mengenai Fungsi lekukan diantara bibir dan hidung pada tubuh manusia. Lekukan tersebut mempunyai nama yakni “filtrum”, yakni mempunyai fungsi serta peranan yang vital sekali bagi tubuh khususnya dalam wajah kita. Sehingga wajah kita terlihat sempurna layaknya primata. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kalian yang telah berkunjung serta membacanya. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan tema artikel yang berbeda. Salah hangat dari penulis dan terima kasih.

Baca juga:

Proses Pertumbuhan Tanaman Gulma Dan Penjelasannya

Komponen Sel Eukariotik serta Fungsinya (Nukleus Dan Sistem Endomembran)