Fungsi Katup Jantung Pada Manusia

3 min read

Fungsi Katup Jantung Pada Manusia

Fungsi Katup Jantung pada Manusia – salah satu organ tubuh yang penting adalah jantung. Pada jantung sendiri juga ada anatomi unik yang didalamnya memiliki fungsi yang beda. Organ jantung sangat penting bagi tubuh karena bertugas mengatur peredaran darah seluruh tubuh.
Bila organ jantung ataupun bagiannya mengalami masalah, tubuh pun akan mengalami masalah pula. Penyakit jantung juga termasuk salah satu penyakit berbahaya yang perlu di perhatikan. Bila dibiarkan begitu saja, penyakit jantung bisa berakibat pada kematian.

Bagian jantung yang sering bermasalah salah satunya adalah katup jantung. Sebelum itu, anda perlu tahu secara mendalam tentang katup jantung. Sebenarnya katup jantung ialah bagian jantung dan terbagi atas dua bagian yakni katup atrioventrikuler sebagai katup yang menghubungkan antara atrium dan vertikel. Sedangkan bagian lainnya ialah katup semilunar yakni katup yang menghubungkan antara sirkulasi polmunal dengan sirkulasi sistemik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan tentang Fungsi Katup Jantung pada Manusia.

Bagian-Bagian Katup Jantung Manusia

1. Katup atrioventrikuler

Pada katup atrioventrikuler masih terbagi atas 2 bagian yakni katup tricuspid dengan katup mitral. Tugas katup tricuspid ialah menghubungkan antara atrium kanan dengan vertikel jantung sebelah kanan. Adapun tugas katup mitral sendiri ialah untuk penghubung antara atrium kiri dengan vertikel jantung sebelah kiri.
Katup mitral sering disebut dengan katup bicuspid. Keduanya bertugas penting untuk peredaran darah dalam tubuh. jika tak ada katup mitral bisa berakibat terganggunya peredaran oksigen pada pernafasan manusia.

Baca Juga :   Komponen Sel Eukariotik serta Fungsinya (Nukleus Dan Sistem Endomembran)

2. Katup semilunar

Sama halnya dengan katup atriobentrikuler, pada katup semilunar juga punya 2 bagian yakni katup pulmonal dengan katup aorta. Tugas keduanya pun berbeda. Jika pada katup pulmonal bertugas untuk penghubung vertikel jantung sebelah kanan dengan pulmonal trank, tapi pada katup lainnya yakni katup aorta bertugas untuk penghubung vertikel jantung sebelah kiri dengan asendence aorta.
Organ jantung manusia normal mempunyai katup jantung sehat bila katup jantung itu bisa menjalankan fungsi secara lebih baik.

Fungsi Katup Jantung

Inilah penjelasan tentang fungsi katup jantung:

Fungsi katup jantung yang pertama ialah untuk memastikan jika aliran darah pada tubuh bisa berjalan seirama yang satu arah serta tak terdapat darah yang melawan arah. Bila ada darah yang melawan arah serta kembali pada jalan keluarnya tadi, sudah bisa dipastikan jika katup jantungnya bermasalah.
Bila mengalami gangguan ataupun mengalami kondisi yang tak sewajarnya, maka bisa terjadi perembesan jantung ataupun disebut dengan kebocoran jantung.

Adapun fungsi katup jantung yang lain ialah menjadi sekat jantung kanan dengan jantung bagian kiri. Pada bagian jantung sebelah kanan terdapat darah kotor sebagai buangan jaringan dari seluruh bagian tubuh. Sementara dibagian jantung sisi kiri adalah darah sehat kaya kandungan oksigen yang nantinya di salurkan keseluruh tubuh.
Sehingga, bila katup jantung mengalami kebocoran tentu akan membuat peredaran darah terganggu. Kedua jenis darah itu bisa bercampur, sebab darah yang diedarkan keseluruh tubuh yang sudah tercampur pada darah kotor. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan jantung dengan cara berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Karena pentingnya katup jantung, kita harus menjaga kesehatannya agar hal buruk tidak pernah terjadi. Terdapat beberapa cara agar organ jantung tetap sehat seperti berikut ini.

Baca Juga :   6 Manfaat "Penting" Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan

1. Pola hidup sehat

Cara yang pertama adalah menjaga pola makan yang lebih sehat. Sehingga anda harus mengkonsumsi makanan bergizi. Gaya hidup yang sehat dapat dimulai dari olahraga secara teratur supaya kerja jantung tetap teratur. Anda juga harus mengkonsumsi makanan rendah lemak tapi kaya kandungan nutrisi.
Untuk anda yang punya riwayat keluarga kelainan dibagian katup jantung, ada baiknya jika secepatnya memeriksakan diri pada dokter sebab bisa saja anak penderita akan mengalaminya.

Pemeriksaan awalnya kamu dapat periksa ke dokter umum tapi sesudah ada indikasi jika anda mengalami masalah pada katup jantung, maka bakal dirujuk kepada dokter spesialis yang menangani jantung. Sangat penting dilakukan pemeriksaan dini agar bisa dilakukan tindakan pencegahan secara lebih cepat sekaligus dapat mengurangi kemungkinan buruk dari penyakit jantung yang dialami.

Sekarang juga sudah tersedia berbagai metode pengobatan terhadap kelainan dari katup jantung misalnya saja melakukan prosedur operasi. Sementara untuk operasi yang dilakukan dapat memakai penggantian ataupun dengan memperbaiki katup jantung. Jika melakukan penggantian katup jantung dapat memakai donor katup jantung dari manusia atau binatang misalnya binatang sapi, babi bahkan bisa memakai katup jantung mekanik buatan.

Namun penggantian sering tak dapat dilakukan cuma sekali saja. Tapi butuh pemeriksaan yang rutin dengan begitu, bila ada indikasi gangguan lagi, perlu melakukan lagi prosedur penggantian dari katup jantung. Dana pengobatan tersebut memang sangat besar serta membutuhkan tindakan yang cepat. Jadi, banyak dokter mengharuskan pasiennya mempunyai asuransi lebih dulu agar terjamin serta tak menyusahkan pasien.

Gejala Penyakit Katup Jantung

Organ katup jantung bertugas menjaga kelancaran peredaran darah pada jantung. Sehingga, makin lebar atau makin sempit celah diantara katup, bisa meningkatkan tekanan jantung jadi, perlu memompa darah lebih kuat. Keadaan itu memunculkan gejala-gejala yang perlu diwaspadai, diantaranya:

  1. Nyeri pada dada
  2. Sesak napas.
  3. Kepala Pusing.
  4. Kelelahan.
  5. Irama jantung yang terganggu.
  6. Mengalami Pingsan.
  7. Edema (adanya pembengkakan yang berlebih pada bagian kaki, wilayah perut, dan pergelangan kaki disebabkan tersumbatnya cairan) sekaligus bisa menyebabkan kenaikan bobot tubuh secara signifikan.
  8. Pipi memerah, terutama untuk penderita stenosis katup mitral.
  9. Mengalami batuk darah.
Baca Juga :   Penyebab Urutan Warna Pelangi Mejikuhibiniu

Jika salah satu gejala diatas anda alami, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. Supaya bisa dilakukan penanganan yang tepat dan penyakitnya tidak menjadi lebih parah.
Nah, itulah beberapa Fungsi Katup Jantung pada Manusia dan gangguan yang bisa di alami. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Macam Macam Pencemaran Lingkungan : Contoh Serta Penyebabnya

Proses Terjadinya Hujan Asam Dan Pencegahannya