Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita saat Masa Kehamilan

3 min read

Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita saat Masa Kehamilan

Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita saat Masa Kehamilan – Fungsi hormon progesteron bagi tubuh manusia baik pria dan wanita sangat penting untuk membantu proses metabolisme, terutama bagi wanita hamil. Tubuh terdiri dari begitu banyak bagian penting. Bagian – bagian penting tersebut mempunyai peran yang sangat penting di dalam tubuh. Dimana salah satu bagian penting tersebut yaitu hormon.

Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita saat Masa Kehamilan

Hormon adalah salah satu zat kimia yang ada pada tubuh manusia. Pada setiap kehidupan manusia, hormon memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hal untuk membagi, serta membawa pesan dan instruksi yang penting dari suatu kelompok sel yang satu ke kelompok sel yang lainnya. Hormon juga memiliki pengaruh untuk proses pengembangan, pertumbuhan, perubahan suasana hati, mengatur tubuh manusia untuk memproses makanan, mengatur sistem metabolisme sampai dengan mengatur fungsi jaringan. Selain itu, hormon pada manusia juga mempunyai fungsi dalam mengatur reaksi dalam menghadapi sesuatu.

Salah satu hormon yang dianggap penting yang terdapat di dalam tubuh manusia yaitu hormon progesteron. Hormon progesteron adalah salah satu hormon yang mempunyai peran untuk memberikan rangsangan serta mengatur beragam fungsi. Hormon progesteron juga mempunyai fungsi yang penting dalam menjaga kehamilan dan hormon ini diproduksi pada bagian ovarium, plasenta dan kelenjar adreanal.

Baca Juga :   Sel Darah Putih dan Sel Darah Merah : Pengertian serta Fungsinya Terlengkap

Fungsi Hormon Progesteron

Peran Hormon progesteron disini yaitu membantu wanita untuk memasuki fase pembuahan, serta membantu mengatur siklus bulanan wanita. Selain itu, hormon progesteron juga memiliki peran dalam mengatur gairah pada manusia. Ada beberapa fungsi hormon pregesteron terhadap tubuh wanita mulai dari:

1. Hormon progesteron pada masa kehamilan

Fungsi Hormon progesteron yang sangat utama dan paling penting yaitu mendorong endometrium untuk mensekresikan jenis protein yang khusus pada tahap kedua dalam siklus mentruasi. Selain hal tersebut, hormon progesteron juga berperan untuk mempersiapkan sel telur dalam menerima, serta memelihara sel telur yang dibuahi. Pada tubuh wanita yang sedang tidak dalam keadaan hamil, maka kadar dari hormon progesteron serta hormon estrogen akan mengalami penurunan. Endometrium akan beristirahat dan saat itulah siklus mentruasi akan terjadi lagi. Hormon Estrogen adalah salah satu hormon yang ada dalam tubuh. Hormon tersebut mempunyi fungsi untuk merangsang pertumbuhan endometrium (lapisan rahim) agar menebal pada fase pra ovulasi.

Pada saat masa kehamilan, plasenta akan memproduksi progesteron pada level tinggi. Kombinasi yang terjadi antara hormon progesteron dan hormon estrogen akan menekan periode ovulasi yang lebih lanjut. Selain itu, perubahan dan perkembangan payudara juga terjadi pada masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan hormon ini akan mendorong tumbuhnya kelenjar penghasil susu.

2. Pada masa siklus bulanan wanita atau menstruasi

Gejala pramenstruasi atau yang biasa disebut dengan PMS merupakan suatu keadaan dimana terjadi seperti adanya rasa nyeri pada bagian – bagian tertentu pada tubuh wanita. Hal ini terjadi karena adanya tingkat protesgeron yang tinggi. Selain itu, hormon progesteron juga akan memberikan pengaruh terhadap berubahnya mood yang naik turun pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Kegagalan yang terjadi pada tahap ovulasi serta rendahnya tingkat hormon yang ada juga membuat wanita bisa melewati periode yang satu ini.

Baca Juga :   Fungsi Katup Jantung Pada Manusia

3. Hormon progesteron pada masa reproduksi

Pada masa reproduksi, kelenjar hipofisis yang berada pada bagian otak akan menghasilkan hormon pelutein serta hormon perangsang folikel. Hormon tersebutlah yang akan menyebabkan sel telur baru pada seorang wanita dewasa dilepaskan dari bagian folikel ovarium di setiap bulannya.

Terjadinya proses perkembangan dari folikel yang terus berlanjut, maka akan menghasilkan hormon progesteron serta hormon estrogen yang memiliki peran dalam menebalkan lapisan rahim. Level hormon progesteron akan meningkat pada tahap kedua dari siklus bulanan wanita atau menstruasi. Pada tahap ovulasi, setelah sel telur dilepaskan, jaringan pada folikel yang menggantikan ovarium akan memproduksi estrogen serta progesteron.

Makanan yang Mengandung Hormon Progesteron

Ada beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan yang dipercaya dapat meningkatakan produksi progesteron pada tubuh manusia seperti berikut ini :

1. Ubi jalar

Kandungan pada ubi jalar mirip dengan hormon progesteron. Senyawa yang ada pada ubi jalar tersebut dipercaya mampu meningkatkan produksi hormon progesteron di dalam tubuh manusia. Terdapat beberapa jenis ubi – ubian yang kita kenal, akan tetapi tidak semua ubi memiliki senyawa yang mirip dengan hormon progesteron.

2. Makanan dengan kandungan vitamin B-6

Makanan dengan mempunyai kandungan vitamin B-6 menjadi salah satu vitamin penting yang bisa menjaga kestabilan kadar hormon progesteron di dalam tubuh manusia. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B-6 seperti kenari, susu kedelai juga sereal.

3. Makanan yang mengandung seng

Seng dianggap sebagai pengasil hormon progesteron. Ada beberapa jenis makanan penghasil seng antara lain kerang, ayam, kalkun juga daging merah. Beberapa jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh manusia.

Baca Juga :   Selulosa : Pengertian, Jenis, Struktur, Sifat dan Manfaatnya  Terlengkap

4. Makanan dengan kandungan progesteron

Produk susu serta kuning telur adalah salah satu contoh barang konsumsi yang memiliki kandungan progesteron. Tetapi, bagaimana cara makanan ini dapat meningkatkan progesteron pada wanita, masih belum diketahui cara kerjanya.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis tumbuhan herbal yang dapat meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh.
Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh, membuat para wanita sanggup mengatasi ketidakseimbangan hormon. Dengan begitu, mereka akan dapat mengatasi tingkat kehamilan dengan resiko yang tinggi atau bahkan kesuburan.

Demikianlah artikel kali ini yang bisa kami sajikan mengenai Fungsi Hormon Progesteron pada Wanita saat Masa Kehamilan. semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:

13 Contoh Simbiosis Alelopati Beserta Penjelasannya Terlengkap

Contoh Hewan Omnivora Dan Makanannya Terlengkap