Gendang Telinga Manusia – Pengertian, Fungsi dan Macam Gangguan Beserta Cara Mengatasinya

3 min read

Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia Terlengkap

Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia – Mungkin sebagian besar dari anda telah pernah mendengar istilah gendang telinga yang terdapat di dalam telinga setiap orang. Namun, dari sekian banyak orang tersebut belum terlalu mengetahui fungsi dan peranannya. Gendang telinga atau disebut dengan membrane tympani merupakan selaput atau membrane tipis yang memisahkan telinga luar dengan teliga tengah. Secara umum fungsi dari gendang telinga yaitu untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pedengaran yang terdapat di dalam telinga tengah.

Gendang Telinga Manusia - Pengertian, Fungsi dan Macam Gangguan Beserta Cara Mengatasinya

Pada dasarnya secara anatomi, gendang telinga dibedakan menjadi dua, yaitu pars tensa atau tegang dan pars flasioda. Pars tensa (tegang) merupakan sebagian besar dari gendang telinga yang terdiri dari tiga lapis, lapis pertama bagian luar lanjutan kulit liang telinga, kedua ditengah jaringan ikat, dan yang terakhir bagian dalam yang mengaraah ke bagian teling tengah yang merupakan lanjutan dari mukosa telinga tengah. Sementara pars flaksida adalah bagian atas gendang telinga atau daerah atiq yang hanya terdiri dari dua lapis tanpa jaringan ikat dibagian tengah.

Fungsi Gendang Telinga

Walaupun gendang telinga hanya berupa selaput tipis, akan tetapi selaput tipis tersebut sangat memiliki manfaat vital bagi system pendengaran manusia. Untuk itu berikut ini penjelasan menganai Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia.

  1. Gendang telinga pada bagian telinga akan menerima getaran suara atau gelombang suara dari udara. Gendang telinga memiliki fungsi untuk menyampaikan getaran suara dari udara yang terdapat di luar telinga menuju ke tulang pendengaran di telinga bagian dalam.
  2. Sementara fungsi yang kedua setelah gelombang suara diterima oleh gendang telinga, selanjutnya akan diubah menjadi gelombang mekanik.
Baca Juga :   Kulit Manusia : Bagian Bagian, Peranan dan Fungsinya Lengkap

Macam Macam Gangguan Pada Gendang Telinga

Berikut ini beberapa macam gangguan pada gendang telinga yang dapat mengganggu seseorang, diantaranya yaitu:

  1. Gendang telinga pecah. Gangguan gendang telinga jenis ini dalam dunia kedokteran disebut dengan rupture membrane tympani traumatica. Istilah ini dapat dipakai apabila gendang telinga yang pecah disebabkan oleh pukulan benda keras.
  2. Otitis media suppurative kronis atau dapat disebut dengan congek’an. Gangguan gendang telinga yang seperti ini merupakan infeksi kronis pada bagian telinga tengah yang berakibat pada robeknya gendang telinga dan infeksi yang berlangsung secara terus menerus. Sehingga hal ini akan berakibat pada keluarnya nanah secara terus menerus. Pada umumnya akan keluar cairan putih dari dalam telinga. Gangguan seperti ini dapat disebabkan beberapa hal, seperti misalnya terjatuh, trauma, atau dapat juga disebabkan karena sakit yang mengganggu pernafasan pada hidung seperti batuk dan pilek hingga jangka waktu lama serta tidak segera diperiksakan.
  3. Barotrauma. Jenis gangguan barotrauma adalah gangguan pada gendang telinga yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara antara udara di luar gendang telinga dengan udara bagian dalam gendang telinga. Gendang telinga adalah selaput pemisah diantara telinga bagian luar dengan telinga bagian dalam. Pada saat terdapat perbedaan tekanan udara antara kedua bagian tersebut, maka aka nada perpindahan udara dari bagian yang bertekanan tinggi ke bagian yang bertekanan rendah sehingga akan terjadi keseimbangan. Apabila perpindahan udara tersebut terjadi secara tiba-tiba, bisa saja akan menyebabkan gendang telinga robek.
  4. Gendang telinga berlubang. Apabila gendang telinga berlubang akan mengakibatkan masuknya berbagai bakteri ke dalam telinga sehingga menimbulkan infeksi. Gangguan ini pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri luar biasa pada telinga, kemudian rasa nyeri tersebut akan hilang secara tiba-tiba yang diikuti dengan menurunnya pendengaran. Penurunan pendengaran akan bertambah parah jika gangguan gendang telinga diikuti dengan gangguan pada telinga bagian dalam serta diikuti dengan kerusakan pada tulang pendengaran.
Baca Juga :   Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut - Pengertian serta Perbedaannya

Cara Merawat Gendang Telinga

Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia sangatlah penting. Mengingat apabila gendang telinga tidak berfungsi dengan baik, maka manusia tidak dapat melakukan komunikasi dengan lancar. Untuk itu, penting bagi kita untuk merawat agar gendang telinga tetap melakukan fungsinya dengan baik. Berikut ini beberapa cara merawat gendang telinga agar salah satu bagian vital ini tidak mengalami kerusakan.

  1. Tidak disarankan untuk mengorek kotoran telinga terlalu dalam. Mengorek kotoran terlalu dalam akan lebih berpotensi merusak gendang telinga. Maka dari itu, sebenarnya gendang telinga telah memiliki mekanisme tersendiri dalam mebersihkan diri dari kotoran. Sehingga membersihkan kotoran telinga tidak boleh terlalu dalam dan harus berhati-hati.
  2. Jangan menggaruk telinga terlalu kencang apabila merasa gatal. Menggaruk telinga bagian luar mungkin tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi apabila telinga bagian dalam terasa gatal, kemudian anda menggaruknya dengan menggunakan cotton bud maka hal ini dapat menyebabkan infeksi pada organ telinga. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam.
  3. Mengunyah makanan dengan baik dan perlahan. Tahukah anda? Ternyata proses mengunyah makanan dengan baik dapat membantu telinga untuk mebgeluarkan kotoran dari dalam secara alami.
  4. Tidak disarankan membersihkan telinga terlalu bersih. Memang kebersihan merupakan hal yang utama. Namun, berbeda halnya dengan kebersihan telinga. Serumen dalam telinga yang sering disebut sebagai kotoran dan berbau tersebut ternyata mempunyai fungsi untuk menangkal kotoran-kotoran serta bakteri yang akan masuk ke dalam telinga. Apabila anda membersihkan kotoran telinga dengan sebersih-bersihnya maka justru akan berakibat mudahnya kotoran masuk ke dalam telinga kita.
  5. Periksakan telinga secara rutin. Pemeriksaan telinga secara rutin setidaknya dilakukan setahun sekali. Yang perlu anda lakukan hanya memeriksakannya ke bagian THT agar apabila telinga mengalami gangguan maka dapat terdeteksi sejak dini serta segera mendapatkan penanganan yang tepat.
Baca Juga :   Tulang Gelang Panggul : Pengertian, Bagian - Bagian dan Fungsinya Terlengkap

Nah, itulah penjelasan mengenai Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia yang nyatanya memiliki fungsi vital sebagai pembantu pendengaran manusia yang membawa gelombang suara ke dalam telinga bagian dalam. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan dapat memberikan informasi.

Baca juga: