Definisi Fotosintesis ( Fungsi, Proses, Reaksi Dan Faktor )

2 min read

Definisi Fotosintesis ( Fungsi, Proses, Reaksi Dan Faktor )

Apa itu fotosintesis – setiap makhluk hidup pasti membutuhkan energi untuk bisa menjalani kegiatan sehari-harinya. Misalnya seperti manusia setiap harinya makan kurang lebih 3x sehari untuk bisa menjalani kegiatan maupun bertahan hidup. Bila manusia memenuhi keperluan hidupnya dengan minum dan makan, maka tumbuhan butuh fotosintesis untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut ini kami jelaskan apa itu fotosintesis.

Fotosintesis ialah gabungan dari kata “photo” yang berarti cahaya dan “synthesis” yang berarti proses pengolahan memakai bahan khusus. Sehingga, definisi fotosintesis ialah proses mengolah energi yang dibutuhkan tumbuhan melalui bantuan cahaya matahari dan bahan pendukung seperti air, CO2 dan unsur hara yang berfungsi bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

Fungsi Fotosintesis

Untuk tujuan tumbuhan melakukan proses fotosintesis diantaranya :

1. Memproduksi glukosa

Fungsi fotosintesis pertama ialah membuat zat makanan berbentuk glukosa, yang mana glukosa ini akan dipakai menjadi bahan bakar dasar diolah lagi jadi zat makanan misalnya seperti protein dan lemak dalam tubuh tumbuhan. Zat olahan ini nanti akan memberi manfaat untuk manusia maupun hewan guna dikonsumsi.

2. Menghasilkan O2 serta mengurangi CO2

Proses fotosintesis yang memerlukan CO2 ini nyatanya bisa membantu untuk mengurangi CO2 di lingkungan sekitar. Seperti yang sudah kita tau bahwa hasil fotosintesis yakni oksigen. Oksigen ialah keperluan penting manusia, tanpa oksigen atau udara bersih, maka manusia tidak dapat bertahan hidup.

Baca Juga :   12 Tumbuhan Yang Hidup Di Dataran Tinggi Dan Rendah Terlengkap

3. Menghasilkan batu bara

Fotosintesis yang dijalankan tumbuhan saat ini masih hidup nyatanya bisa membuat sisa sisa tumbuhan yang menimbun ditanah bertahun-tahun bisa jadi batubara. Hal tersebut penting sekali dalam kehidupan sekarang ini, mengingat batu bara mempunyai fungsi serta manfaat beragam. Maka, hendaknya kita perlu melestarikan tumbuhan yang berada dilingkungan sekeliling kita.

Proses Fotosintesis

Bahan utama proses fotosintesis ini antara lain : air, klorofil, karbondioksida, dan cahaya matahari.
Proses fotosintesis ini awalnya karbondioksida diambil dari mulut daun malam hari, kemudian berlanjut dengan pengambilan air dalam tanah memakai air lalu dibawa sistem transportasi tumbuhan berbentuk jaringan floem dan xilem. Bila cahaya matahari ini ada, maka klorofil tumbuhan bisa menyerap menjadi energi khusus dalam pembuatan glukosa.

Seperti yang sudah kita singgung pembahasan awal nantinya glukosa akan diolah lebih lanjut jadi protein, zat lain dan lemak. Harus kalian tau proses fotosintesis berlangsung kompleks sekali.

Macam Macam Reaksi Fotosintesis

Pada umumnya, proses fotosintesis berlangsung di dalam kloroplas yang hanya memerlukan cahaya matahari guna membuat glukosa. Namun, ada lagi proses fotosintesis tanpa cahaya.
Jadi, reksi fotosintesis sendiri dibagi reaksi terang serta gelap. Berikut ulasannya :

1. Reaksi terang

Reaksi terang merupakan reaksi yang memerlukan bantuan cahaya matahari. Kadang reaksi ini berlangsung pada ruang terbuka yang terkena cahaya matahari dengan langsung. Reaksi ini dalam membran tilakoid ada di ruang kloroplas.
Di dalam reaksi ini tugasnya klorofil ialah menyerap cahaya matahari sebagai pengubah molekul air jadi oksigen dan hidrogen berbentuk ATP. Reaksi terang ini bernama fotolis. Dalam reaksi ini yakni cahaya matahari.

2. Reaksi gelap

Bila dalam reaksi terang bergantung sekali dengan intensitas cahaya, untuk reaksi gelap ini malah sebaliknya. Reaksi gelap terjadi kompleks sekali sama dengan reaksi terang dan tujuan utamanya adalah untuk mengolah karbondioksida untuk dipakai sebagai glukosa.
Pada reaksi gelap tak bergantung dengan cahaya, namun reaksinya ini terjadi jika tumbuhan tidak menjalankan reaksi terang dulu. Bila bila reaksi terang di membran tilakoid, maka reaksi gelap ada dibagan stroma kloroplas.

Baca Juga :   Cara Penyerbukan Bunga Melati Terlengkap

Faktor Pengaruh Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis berhasil atau tidaknya bergantung dari unsur-unsur bahan dasar proses tersebut, selain itu pun ada sejumlah keadaan yang bisa mempengaruhinya. Faktor yang dapat mempengaruhi diantaranya :

1. Faktor internal

Yaitu faktor yang asalnya dari tanaman tersebut sendiri. Ada beragam jenis tumbuhan yang hidup di berbagai kondisi, disitulah fotosintesis berbeda juga. Contohnya ialah jenis tumbuhan albino yang tidak bisa memproduksi klorofil jadi bisa menjalankan fotosintesis. Ada juga hal yang mempengaruhi seperti berikut :

• Usia daun
• Kelengkapan organ tumbuhan
• Jumlah daun
• Translokasi karbohidrat

2. Faktor eksternal

Ada juga faktor eksternal yang dapat mempengaruhi fotosintesis, diantaranya :

  • Ketersediaan air
    Air ialah bagian utama fotosintesis yang perlu ada dalam tanah sebagai tempat tumbuhan tersebut. Bila semakin banyak kandungan airnya dalam tanah maka hasil fotosintesis baik pula.
  • Suhu
    Fotosintesis adalah reaksi yang bergantung sekali di kinerja enzim, yang mana enzim bekerja maksimal di suhu 23-30 derajat celsius. Jika suhu sampai minus 5 derajat celsius/ bahkan lebih 50 derajat celsius maka bisa menghasilkan fotosintesis maksimal.
  • Kandungan CO2
    Untuk menjalankan fotosintesis, harus ada penyerapan CO2 tumbuhan minimnya 0,03 % terhadap jumlah yang ada. Namun, bila semakin banyak CO2 yang diserap bisa makin baik reaksi yang muncul dan didapatkan.
  • Kandungan O2
    Selain membutuhkan CO2, yang dibutuhkan dalam fotosintesis ialah O2 sebagai energi tumbuhan sendiri. Jika kandungan O2 disekeliling tempat fotosintesis rendah, maka hasilnya tak akan maksimal, hal tersebut disebabkan O2 sedikit menghambat sistem respirasinya tumbuhan.

Itulah pembahasan mengenai Apa itu fotosintesis. Artikel ini melengkapi juga bagaimana proses fotosintesis terjadi, fungsinya menjalankan proses fotosintesi, reaksinya terhadap fotosintesi serta faktor yang bisa mempengaruhi proses fotosintesis. Jadi, berhasil atau tidaknya proses fotosintesis ini bergantung sekali dengan unsur unsur sebagai bahan dasar proses tersebut dan sejumlahh kondisi yang bisa mempengaruhinya.

Baca Juga :   Proses Pertumbuhan Tanaman Cabai Mulai Dari Tunas

Baca juga:

Mekanisme Pertanian Yang Wajib Diketahui

Ciri Dan Contoh Tumbuhan Nonvaskuler Serta Perannya