Contoh Energi Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

3 min read

Contoh Energi Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Energy Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Energi potensial dapat diartikan sebagai suatu energy yang dimiliki oleh sebuah benda yang belum digunakan. Dapat juga diartikan bahwa semua benda mempunyai potensi bergerak yang belum tentu seberapa besar energi tersebut akan keluar ataupun seberapa besar gaya yang akan dihasilkan dari pergerakannya. Dalam kehidupan setiap harinya energy potensial sering kita jumpai dan dapat ditemukan utamanya dalam kegiatan perdagangan, olahraga dan lain sebagainya yang berhubungan dengan benda secara langsung.

Sebenarnya energy potensial dapat juga diartikan sebagai energy yang disimpan dalam suatu benda atau objek disebabkan karena posisi, keadaan, ataupun komposisinya. Energy potensial terbagi dalam berbagai jenis, yaitu energy potensial listrik (energy dalam suatu benda karena muatannya), energy potensial gravitasi (energy pada suatu benda ketika benda dipegang secara vertikal pada ketinggian tertentu), energy potensial elaastis (energy yang terdapat pada benda yang dapat direnggagkan dan dikompresi), dan energy potensial kimia (energy potensial yang terdapat pada benda dan tersimpan dalam iakatan kimia suatu zat).

Contoh Energy Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kita bisa amati pada suatu Contoh Energy Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari seperti energy potensial gravitasi. Seperti penjelasan di atas, energy potensial gravitasi merupakan energy yang terdapat pada benda jika benda tersebut dipegang secara vertikal pada ketinggian tertentu. Berikut rumus yang digunakan dalam energy potensial, yaitu EP = m x g x h (Ep = mgh) dengan keterangan:
EP : energy potensial
m : masa benda (kg)
g : gravitasi bumi (m/s kuadrat)
h : ketinggian benda dari permukaan bumi (m)

Baca Juga :   Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Indra

Sehingga dapat dikatakan bahwa energy potensial gravitasi berbanding lurus dengan berat benda serta ketinggian tempat benda tersebut diletakkan. Untuk lebih memudahkan kita mengetahui energy potensial apa saja yang ada dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa contohnya:

1. Pendulum

Pendulum merupakan struktur benda dimana berat disesuaikan dengan porosnya sehingga dapat dengan mudah benda tersebut berayun, contohnya ternjadi pada jam pendulum. Apabila salah satu ujung pendulum dipegang, ia akan mempunyai energy potensial maksimum dikarenakan posisinya. Namun, pada saat digerakkan turun, energy ini diubah menjadi energy kinetic.

2. Pegas

Energy potensial terbagi dalam beebrapa jenis, salah satunya adalah energy potensial elastis. Dimana energy ini terjadi pada benda yang dapat direnggangkan seperti pegas. Pada saat pegas direnggangkan akan mndapatkan sejumlah energy potensial yang dinamakan dengan energy potensial elastis, sementara energy yang diperoleh untuk mengompres pegas disebut energy kinetic. Selanjutnya ketikapegas dilepaskan, energy potensial yang tersimpan dari pegas yang terkompresi akan kembali dikonversi menjadi energy kinetic.

3. Busur Dan Panah

Contoh Energy Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari lainnya adalah pemakaian busur dan anak panah. Pada saat pemanah menarik tali busur, maka sejumlah energy potensial elastis akan didapatkan oleh anggota baadan fleksibel busur. Semakin banyak dan sering pemanah menarik tali bususr kembali, semakin banyak energy potensial yang akan diperoleh oleh anggota badan busur karena peregangan. Pada saat tali bususr dilepaskan, anak panah akan bergerak maju dengann sangat cepat. Nah, disinilah energy potensial yang sebelumnya diperoleh akan ditransfer dengan cepat ke panah dalam bentuk energy kinetic.

4. Batu Di Tebing

Selanjutnya kita dapat memperhatikan batu yang ada di tebing, batu tersebut mempunyi energy potensial. Hal ini disebabkan karena posisi dari batu tersebut sehingga dapat dikatakan sebagai energy potensial gravitasi. Apabila seseorang mendorong batu tersebut ke tebing, energy potensial yang sama kemudian akan diubah menjadi energy kinetic. Jadi, ketika anda melintasi jalan yang dikelilingi dengan tebing dan diatasnya terdapat batu yang bertengger, maka ingatlah bahwa batu tersebut empunyai energy potensial gravitasi.

Baca Juga :   Inilah Penjelasan Ilmiah Ayam Berkokok Pada Pagi Hari

5. Makanan Yang Dimakan

Semua usaha dan kegiatan yang kita lakukaan setiap harinya membutuhkan energy. Energy yang kita miliki dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Hal ini dapat disebut sebagai energy potensial kimia, energy tersebut disimpan dalam ikatan kimia suatu zat. Makanan yang kita makan telah mempunyai energy potensial kimia yang tersimpan. Sehingga ketika makanan tea mencapai perut, energy potensial kimiawi tersebut diubah menjadi energy yang digunakan oleh tubuh.

6. Salju

Salju yang turun dan mendarat di atas pegunungan mempunyai sejumlah energy potensial didalamnya. Dikarenakan pegunungan memiliki ketinggian tertentu, sehingga hal ini dapat dikelompokkan dalam jenis energy potensial gravitasi. Pada saat salju turun dan menutupi butiran salju yang telah menggunung maka akan menghasilkan longsoran salju.ini menunjukkan energy potensial yang sebelumnya dimiliki salju berubah menjadi energy kinetic, karenanya salju bergerak menuruni bukit atau gunung.

7. Peluru

Energy kinetic juga dimiliki oleh suatu benda seperti peluru. Sebelum sebuah peluru ditembakkan dari pistol, peluru tersebut diam. Oleh karena itu, peluru yang diam di dalam pistol memiliki sejumlah energy potensial. Se;anjutnya setelah peluru tersebu ditembakkan, maka energy potensial akan berubah menjadi energy kinetic yang mendorong peluru melesat jauh.

8. Karet Gelang

Energy potensial juga dimiliki sebuah benda yang setiap harinya kita ketahui, dan sering digunakan untuk membungkus nasi yaitu karet gelang. Karet gelang ini memiliki dan menyimpan energy potensial di dalamnya. Ketika karet gelang direnggangkan akan mempunyai energy potensial elastis. Kemudian setelah pita perenggang dibebaskan, akan dengan cepat kembali kebentuk aslinya dan energy potensial elastis akan dikonversi menjadi bentuk kinetik.

Nah, itulah beberapa Contoh Energy Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari yang dapat kita temukan dengan mudah, bahkan terdapat disekitar kita. Sehingga benda apapun yang diam, dapat dikatakan memiliki sejumlah energy potensial. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca Juga :   Pemupukan Organik Dan Penjelasannya

Baca juga:

10 Rantai Makanan Di Sawah Dan Penjelasannya

Alat Pernapasan Kepiting Paling Lengkap