Ciri Hewan Australis Beserta Penjelasannya

2 min read

Ciri Hewan Australis Beserta Penjelasannya

Ciri hewan australis dan penjelasannya – hewan australis merupakan hewan yang dibbatasi garis weber dengan memanjang lewat laut timor, laut seram serta laut halmahera. Dengan begitu, lokasi hewan ini ad adi pulau dangkalan sahul dan papua. Paparan sahul tak hanya di indonesia saja namun benua australia juga.
Beberapa sumber memberikan info bila hewan australia adalah hewan purba australia penyebab kesamaan hewan ini disebabkan ketika jaman es mencair, daratan indonesia bersatu dengan daratan australia. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi informasi mengenai Ciri hewan australis dan penjelasannya.

1. Binatang yang menyusui ukurannya kecil-kecil

Ciri hewan australia ini mempunyai susu yang berukuran kecil. Hewan menyusui di hewan australia memungkinkan hewan tersebut bisa menghasilkan susu yang berasal dari kelenjar mamae. Berikut ini contohnya hewan jenis ini yang ukurannya kecil, yakn kuskus (ailuropis), tarsius (tarsiidae), landak papua (rodentia).

2. Warna bulu burung warna warni

Warnanya bulu ini dihasilkan dari dua struktur dimensi yang ukurannya kecil serupa dengan kristal. Bagian kristal bulu burung mempunyai ukuran serta bentuk ruang jika terkena pantulan cahaya yang sudutnya beragam sehingga akan memunculkan warna beragam pula. Mekanisme warna bulu burung yang sedemikian tersebut adalah ciri hewan australia.

Baca Juga :   Hewan Berdarah Dingin Dan Panas Beserta Contohnya Terlengkap

3. Terdapat hewan berkantung

Hewan berkantung dari contoh hewan australis ini dikenal dengan marsupiala. Hewan berkantung tersebut termasuk ciri hewan mamalia. Lebih tepatnya terdapat 3 ordo di kelas mamalia, yakni :

  • Marsupialia ialah mamalia berkantung
  • Monotremata ialah mamalia bertelur
  • Authria ialah mamaia berplasenta

Adapun hewan berkantung ini adalah oppossum, koala dan kanguru. Hewan berkantung mempunyai kondisi zigot berubah jadi embrio serta berkembang dengan kurun waktu singkat. Masa pertumbuhan embrio jadi bayi ukurannya sebesar lebah madu yang memerlukan waktu 33 hari. Lalu kantung hewan berkantung ini fungsinya menjadi tempat tinggal individu baru dan tempat dimana ia akan menyusui anaknya.

4. Jenis kera dan kucing sedikit

Jenis kera hewan australis ini ekornya panjang (macaca fasicularis) sementara jenis kucing yang tedapat pada hewan ini masih jarang dijumpai sumber referensinya. Menurut paparan penulis, bahwa jenis kera serta kucing hewan australia ini jumlahnya sedikit.

5. Ikan air tawar tidak banyak

Ikan air tawar untuk hewan jenis ini tak banyak. Akan tetapi sejumlah hewan australis yang bisa dijumpai pada wilayah papua ialah ikan rainbow dan arwana jardini. Kedua jenis ikan tersebut adalah ikan hias asli papua yang mana sudah terkenal di tingkat nasional serta internasional pada segi pemasarannya. Adapun ikan rainbow ini mempunyai 102 spesies endemik di sekeliling danau kurumoi serta danau sentani. Jenis ikan rainbow yang dikenal masyarakat ada 2 jenis, yakni rainbow boesemani dan rainbow kurumoi.

Ikan arwana jardini tak hanya ada di wilayah papua, ikan air tawar jenis tersebut bisa dijumpai di perairan merauke. Cirinya mempunyai ikan sisik misalnya mutiara yang terkena cahaya jadi kilaunya ini indah sekali. Ikan arwana yang terdapat di papua mempunyai 2 variasi, yakni red pearl dan green pearl. Selain ikan rainbow serta ikan arwana jardini, ikan lainnya yang terdapat di air tawar ialah ikan hiu. Jenis ikan ini mempunyai nama latin yakni glyphis gariccki. Spesies ikan yang terdapat di papua 71 spesies yang sudah terancam punah. Dikarenakan oleh kegiatan perusakan habitat misalnya penangkapan ikan tak ramah lingkungan.

Baca Juga :   10 Contoh Hewan Asiatis Dan Penjelasannya Lengkap

Contoh fauna australis

Berikut ini merupakan contoh dari fauna australis yang hidup di dataran indonesia lengkap :

1. Kuskus

Kuskus adalah salah satu jenis kelompok mamalia. Sebab hewan ini mempunyai ukuran kecil dan lokasinya jarang sekali dijumpai. Ciri utamanya ialah mempunyai mata besar dan ekor panjang jadi ekor inilah yang mempunyai fungsi menjadi pengait tubuh bagian batang maupun cabang pohon.

2. Burung cenderawasih

Burung ini salah satu jenis anggota family, ia memiliki ekor panjang dan bisa dijumpai di wilayah indonesia bagian timur. Burung ini pun mempunyai banyak jenis dan panjang ukurannya jadi bisa berkembang biak pada wilayah indonesia, burung cenderawasih ini bisa dikenal sebab anggota tubuhnya indah sekali.

3. Landak papua

Yakni jenis hewan mamlia sebab hewan tersebut berkembang biak dengan bertelur, jadi hewan tersebut pun mempunyai tubuh penuh dengan duri tajam dan bisa melukai. Hewan ini serupa dengan berat tubuhnya yang mencapai 10 kg dna mempunyai habitat maupun tempat tinggal di hutan tebal dengan pepohonan.

4. Kasuari

Burung kasuari ialah jenis burung yang memiliki dua genus ukurannya besar sekali dan banyak di daerah hutan tropis. Kasuari mempunyai tanduk diatas kepalanya serta dilengkapi dengan kaki kuat dan kuku tajam.

5. Walabi

Walabih ialah jenis hewan pad awilayah papua sebab hewan ini termasuk jenis penghuni hewan yang ukurannya kecil jadi banyak dijumpai di australia.

6. Kanguru

Kanguru ialah bentuk mamalia yang bergantung di iklim tropis dan mempunyai keunikan yakni melahirkan anakn dalam kondisi prematur. Sebab hewan tersebut mempunyai kaki cenderung panjang bagian belakang jadi kondisinya mengakibatkan ikon australia.

Sesudah kalian tau tentang Ciri hewan australis dan penjelasannya, harapannya semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasanya. Contoh hewan ini yang ada di indonesia diantaranya ialah katak pohon, buaya air tawar, landak semit, kuskus, burung kausari dll. Adapun sjeumlah hewan kanguru yang lain ialah kanguru, koala, serta kanguru pohon. Terima kasih.

Baca Juga :   11 Hewan Paling Lambat Di Dunia "Tidak di Sangka No 2"

Baca juga:

16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama

4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia