Ciri-Ciri Otot Jantung

2 min read

Ciri-Ciri Otot Jantung

Ciri-Ciri Otot Jantung – Otot merupakan sebuah jaringan yang ada di dalam tubuh dengan kontraksi sebagai tugas utama. Otot ini yang menyebabkan suatu organisme dapat bergerak, pergerakan ini tidak hanya dialami tubuh namun juga organ yang ada didalam organisme tersebut. otot dapat dikelompokkaan menjadi tiga jenis, diantaranya adalah otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot inilah yang mampu menyebabkan pergerakan suatu organisme ataupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut. dalam otot terbagi bagian-bagian penyusun yang mempunyai peran dan fungsinya yang berbeda.

  • Sarkolema, merupakan membrane yang melapisis suatu sel dan memiliki fungsi untuk melindungi otot.
  • Sarkoplasma adalah cairan dari sel otot yang berperan dan berfungsi untuk tempat dimana myofibril dan miofilamen terletak.
  • Myofibril adalah suatu serat serat yang ada pada otot.
  • Miofilamen merupakan benang-benang filament yang halus berasal dari myofibril.
    Ketiga jenis otot di atas memiliki bagian-bagian penyusun seperti penjelasan tersebut. dari ketiga jenis otot yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung, dibawah ini akan diperjelas mengenai pengertian dan Ciri-Ciri Otot Jantung yang perlu kita ketahui.

Otot Jantung Dan Ciri-Cirinya

Otot jantung merupakan suatu otot yang terbentuk dari gabungan otot lurik serta otot polos yang menjadi penyusun dinding jantung pada manusia. Otot jenis ini mempunyai tiga tipe otot, yaitu otot atrium, otot ventrikel dan otot serabut eksitatorik serta konduksi khusus. Otot jantung bertipe atrium dan ventrikel ketika berkontraksi akan memakai cara yang sama seperti otot rangka. Hanya saja durasi dari kontraksi otot-otot tersebut lebih lama. Sementara serabut otot eksitatorik serta konduksi akan berkontraksi dengan lemah sekali. Hal ini karena serabut-serabut tersebut hanya mengandung serabut kontraktil yang hanya sedikit.

Baca Juga :   6 Fungsi Sel Darah Merah Dalam Tubuh Manusia

Jaringan otot jantung hanya terletak pada lapisan tengah dinding organ jantung. Dimana memiliki struktur yang hampir mirip dengan otot lurik, walaupun demikian kontraksi dari otot jantung secara reflex dan akan bereaksi terhadap rangsangan lambat. Umumnya otot jantung berfungsi sebagai pemompa darah dari dalam jantung di edarkan ke seluruh tubuh. jika dilihat dari cara kerja atau sifat kerjanya otot jantung dibedakan atas cara kerja sinergis dan antagonis.

  • Antagonis merupakan cara kerja otot jantung yang kontraksinya dapat menimbulkan efek gerak berlawanan, misalnya meluruskan, membengkokkan, menjauhi badan, mendekati badan (gerak tangan sejajar bahu dan sikap sempurna), ke bawah (gerak kepala merunduk dan menengadah).
  • Sinergis adalah jenis sifat kerja dari otot-otot yang kontraksinya dapat menimbulkan gerak searah. Misalnya pronator kuadratus dan pronator teres.

Ciri-Ciri Otot Jantung

Otot jantung pada manusia memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dengan memakai mikroskop, yaitu:

  1. Otot jantung mempunyai bentuk yang memanjang.
  2. Mampu bekerja secara terus menerus 24 jam penuh setiap harinya tanpa istirahat
  3. Memiliki inti sel yang terletak ditengah.
  4. Cara kerjanya diluar kesadaran atau secara reflex dan dapat dikatakan bekerja tanpa adanya pengaruh oleh saraf pusat atau otat.
  5. Mempunyai ukuran panjang serabut sekitar 50 – 100 µm.
  6. Mempunyai diameter dengan ukuran 14 µm.
  7. Serabut yang terdapat pada otot jantung kurang lebih sekitar 1500 filamen.
  8. Serabut yang aada pada otot jantung tersebut berupa sarkolema yag terdiri dari myofibril, myofibril yang terlihat berdampingan.
  9. Memiliki satu dan dua inti sel atau bahkan dapat berjumlah sekitar 3 sampai 4, akan tetai jumlah tersebut jarang ditemukan.
  10. Dipenagruhi oleh dua saraf otonom, yaitu saraf simpatik dan saraf parasimpatik.
  11. Otot jantung bebrentuk silindris bercabang dan juga menyatu.
  12. Terdapat serabut yang bercabang-cabang.
  13. Terdapat diskus interkalaris. Interkalaris sendiri adalah pembatas antar sarkomer yang merupakan bahan dasar dari sebagian besar sel-sel otot (unit fungsional dasar otot lurik).
Baca Juga :   Macam-Macam Sel Saraf Dan Fungsinya

Cara Kerja Dari Otot Jantung

Selain mengetahui Ciri-Ciri Otot Jantung ada baiknya apabila kita mempelajari juga tentang cara kerja dari otot jantung tersebut. berbeda halnya dengan otot lain, cara kerja otot jantung bekerja dibawah sadar tanpa bisa dikendalikan oleh individu ata organisme itu sendiri. Dimana aktifitasnya dipengaruhi oleh saraf otonom. Saraf otonom adalah dua jenis saraf, yaitu saraf simpatik dan parasimpatik.

Sehingga tidak heran apabila otot jantung dapat bekerja secara terus menerus tanpa berhenti dan menjadi pemeran utama dalam kelangsungan hidup manusia. Dapat dikatakan juga bahwa ketika otot jantung bekerja akan dipengaruhi oleh sel-sel khusus yang disebut dengan sel pacu jantung. Yang mempunyai tanggung jawab sebagai pengendali kontraksi jantung manusia. Selanjutnya sistem saraf akan mengirimkan sinyal kepada sel-sel pacu jantung tersebut sehingga dapat mempercepat dan memperlambat detak jantung. Jadi, dapat dikatakan bahwa kita tidak dapat mengendalikan dan mengatur kinerja dari otot jantung ini.

Fungsi Otot Jantung Pada Manusia

Selain memiliki ciri-ciri dan cara kerja, otot jantung jugaa mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting. Jika umumnya otot jantung berperan untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh, tapi jika diamati otot jantung memiliki fungsi yang lebih menyeluruh, yaitu:

  • Berperan dalam membersihkan hasil metabolisme tubuh (karbondioksida)
  • Berperan dan membantu dalam proses memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan organ manusia
  • Berfungsi dalam membantuk sel-sel yang ada disekitarnya untuk berkontraksi.
  • Berfungsi dalam proses pemompaan ventrikel pada organ jantung.
  • Selain itu, juga berfungsis ebagai peremas darah. Sehingga dengan demikian darah mampu keluar dari jantuk ketika berkontraksi dan mengambil darah ketika relaksasi.
  • Berperan dalam menunjang kerja organ jantung.
Baca Juga :   Klasifikasi Enzim : Pengertian dan Sifat Sifatnya Lengkap

Nah, itulah penjelasan mengenai Ciri-Ciri Otot Jantung beserta penjelasan lainnya yang berkaitan dengan otot tersebut. semoga dengan ulasan tersebut mampu menjelaskan kepada kita semua bahwa otot jantung memiliki peran yang penting.

Baca juga:

3 Fungsi Lapisan Ozon

Bagaimana Cara Hidup Virus Corona (Covid-19)