Ciri-Ciri Hewan Reptil Terlengkap Beserta Penjelasannya

2 min read

Ciri-Ciri Hewan Reptil Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ciri-ciri hewan reptil terlengkap beserta penjelasannya – hewan reptil termasuk hewan vertebrata ada sekitar 10.000 spesies diseluruh dunia. Menurut taksonominya, kurang lebih 86 keluarga reptil serta 1199 genus yang dapat kita temui berdasarkan data terakhir yang ditemui. Menurut catatan dari sejarah, reptil dijumpai pada benua amerika, india, afrika, australia dan antartika. Berikut ini pembahasan lengkapnya mengenai Ciri-ciri hewan reptil terlengkap beserta penjelasannya.

1. Spesies yang usianya panjang

Telah ditemukan spesies reptil yang usianya lebih tua daripada dengan hewan vertebrata lain sebagai reptil yang mempunyai ciri itu. Selain itu mereka mempunyai kemampuan yang dapat bertahan hidup lebih lama. Mulai dari 70 hingga 150 tahun, namun masih bisa kita jumpai hewan yang mempunyai usia seperti tersebut.

2. Tubuh ditutupi oleh kulit

Pada reptil kadang mengalami pergantian kulit lama menuju kulit yang baru jadi nanti kulit lama bisa mengelupas terhadap tubuh hewan reptil.

3. Tidak dapat mengunyah makanan

Proses makanan tak dicerna dengan baik jadi hewan reptil ini akan memproses makanannya cukup dengan mengoyak oyak makanan mereka.

Baca Juga :   Jaringan Hewan Dan Manusia - Pengertian, Struktur Dan Fungsinya Lengkap

4. Sistem peredaran darah tertutup serta berdarah ganda

Cara kerja sistem dari peredaran darah yang tertutup dan ganda hewan reptil yakni darah yang mengandung banyak karbondioksida masuk di serambi kanan. Lalu darah akan dibawa di bilik kanan serta dialirkan jantung menuju ke paru-paru. Proses dari paru-paru dengan mengandung banyak karbondioksida akan berubah jadi mengandung banyak oksigen. Kemudian darah yang di paru-paru pindah menuju di serambi kiri serta menuju ke bilik kanan. Berikutnya darah tersebut akan diedarkan menuju seluruh tubuh. Untuk hewan reptil, proses dari darah melalui jantung akan mengalami sebanyak 2 kali jadi dikenal dengan nama peredaran darah tertutup.

5. Hewan reptil tergolong kedalam (berdarah dingin)

Ektoterm ialah kemampuan hewan vertebrata yang mengatur suhunya sesuai suhu lingkungannya. Untuk hewan yang tergolong ektoterm, proses penyesuaian suhu dalam tubuh dikeluarkan lewat kalor. Kalor tersebut dihasilkan dengan proses pembakaran yang mana energi panas dikeluarkan di lingkungan.

6. Alat pernapasan hewan reptil ialah paru-paru

Proses pernapasan hewan reptil hampir sama dengan sistem pernapasan manusia. Udara yang masuk di dalam tubuh lalu keluar dari dalam tubuh lewat hidung serta tenggorokan sejumlah hewan reptil yang ada akan diambil oksigen lewat kulit disekeliling mulut serta anusnya.

7. Ada empat ruang dalam jantungnya

Bagian jantung hanya ada empat bagian saja mencakup bilik yang jumlahnya dua ventrikel dan ada dua serambi yang mempunyai dua atrium. Kedua bilik hewan reptil tersebut ada sekat tidak sempurna jadi darah yang mencampur antara bilik kanan dan bilik kiri. Sehingga ruangan jantung hewan reptil ini dapat mempengaruhi sistem peredaran darah reptil.

8. Reproduksi dengan seksual serta fertilitasi internal

Proses reproduksi untuk hewan reptil mulai dari sperma dari reptil jantung lewat kloaka ke kloaka reptil betina. Kemudian mengalami pembuahan dalam kloaka hewan reptil betina. Lalu calon reptil ini yang baru akan membentuk telur. Kemudian telur di dalam kloaka hewan reptil betina yang keluar serta menetas di luar tubuhnya seekor hewan reptil betina.

Baca Juga :   6 Cara Memelihara Belut Yang Baik Dan Benar

9. Bentuk organ reproduksi betina dan jantan hewan reptil berbeda

Pada hewan reptil yang jantan, organ reproduksinya terdiri atas sepasang testis bentuknya oval, saluran epididimis serta vas deferens. Sementara untuk betinanya, organ reproduksi ada sepasang ovarium serta saluran telur (oviduk).

10. Alat ekskresi terdiri atas ginjal serta tak mempunyai kandungan kemih

Sama dengan ciri hewan amfibhi, alat ekskresi hewan reptil ini mempunyai sepasang ginjal kanan dan kiri. Proses ekskresi mulai dari sisa makanan menuju ginjal yang akan disalurkan lewat ureter menuju kandung kemih. Kemudian bermuara di kloaka.
Setelah kalian mengertia apa saja ciri cirri hewan reptil itu, maka silahkan saja mempelajari ciri hewan lainnya misalnya hewan mamalia atau lainnya.

Contoh hewan reptil

Contoh hewan reptil yakni hewan yang darahnya dingin dan reproduksinya dengan ovovivipar ataupun ovipar misalnya ular dan buaya. Berikut ini contohnya hewan reptil :

  1. Ordo chelonia adalah reptil yang asalnya dari kura-kura. Waktu itu diketahui ada 250 spesies.
  2. Ordo krokodilia ialah reptil yang asalnya dari sebangsa buaya. Sampai waktu ini dikenal ada 22 macam spesies.
  3. Ordo uphidia merupakan reptil yang asalnya dari sebangsa ular. Sampai sekarang ini telah diketahui sudah ada 22 spesiesnya.
  4. Ordo uphidia merupakan reptil yang asalnya dari bangsa ular. Sampai sekarang ini telah dikenal ada 2.400 spesies.
  5. Ordo lasertilia ialah reptil yang asalnya dari bangsa kadal. Dan untuk saat ini telah diketahui sudah 3800 spesies.

Berikut ini contohnya :

  1. Penyu hijau (chelonia mydas)
    Penyu ini salah satu jenis penyu laut berukuran besar. Penyu ini tergolong kedalam family cheloniidae.
  2. Penyu sisik (eretmochelys imbricate)
    Penyu sisik ini salah satu jenis penyu yang mau diyatakan hampir punah.
  3. Penyu lekang (lepidochelys olivacea)
    Penyu ini salah satu jenis penyu yang mempunyai bentuk tubuh serupa dengan penyu hijau.
Baca Juga :   Bau Khas Kecoa - Panyakit dan Cara Mengatasinya Lengkap

Nah, jadi itu tadi pembahasan mengenai Ciri-ciri hewan reptil terlengkap beserta penjelasannya. Reptil ini dapat kita jumpai disekitar benua india, antartika, australia, afrika dan amerika. Cirinya salah satu reptil ini mempunyai usia panjang, namun saat ini di klaim akan mengalami kepunahan. Semoga bermanfaat informasinya.

Baca juga:

Sistem Hormon pada Mollusca

Ciri Ciri Hewan Insecta Terlengkap Beserta Penjelasannya