Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelasannya

3 min read

Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelsannya – Mollusca merupakan istilah yang berasal dari bahasa latin yang artinya lunak. Mollusca tergolong dalam jenis hewan invertebrata yaitu tiak bertulang belakang. Salah satu hewan yang sering dan bisa kita jumpai dilingkungan sekitar adalah siput. Mollusca selain digunakan sebagai sebutan hewan yang tidak bertulang belakang, hewan jenis ini juga memiliki tubuh yang lunak. Selain memiliki kedua ciri khas tersebut, hewan Mollusca juga memiliki ciri lainnya yaitu sebagi berikut uraian Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelsannya yang perlu kita ketahui.

1. Berhabitat Di Air Tawar, Laut Dan Juga Darat

Hewan Mollusca berhabitat asli di air tawar, laut dan juga di daratan. Ia memiliki kemampuan bertahaan hidup dibeberapa tempat tersebut, sehingga menjadikan hewan ini mempunyai sifat kosmopolit. Kosmopolit itu sendiri merupakan kemampuan hewan yang penyebarannya dapat dikatakan sangat luas. Maka dari itu, tidak heran apabila hewan jenis ini mudah untuk ditemukan. Bahkan semua orang pasti pernah mengetahuinya.

2. Memiliki Cangkok Atau Cangkang

Cangkok atau dapat juga disebut dengan cangkang merupakan ciri lainnya yang dimiliki hewan Mollusca. Cangkang pada hewan Mollusca memiliki kegunaan atau fungsi untuk melindungi tubuh, apabila terjadi ancaman dari lingkungan. Selain itu, dapat memberikan bentuk pada hewan Mollusca tersebut agar lebih menarik. Cangkang pada hewan Mollusca ini terbentuk dan terbuat dari zat kapur.

Baca Juga :   2 Pembelahan Meiosis : Ciri-ciri serta Tahapan Proses Pembelahan

3. Memiliki Bentuk Tubuh Tripoblastik Selomata Dan Simetri Bilateral

Triploblastic selomata merupakan merupakann lapisan yang terdapa pada tubuh hewan. Pada hewan Mollusca itu sendiri triploblastic selomata dapat diartikan sebagai adanya tiga lapisan yang terdiri dari lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam yang terdapat pada bagian tubuh hewan ini. Sementara apabila anda memotong hewan Mollusca mulai dari mulut hingga anus, maka antara sisi kanan dan kiri hewan tersebut yang terbelah akan memiliki susunan atau bagian yang sama. Hal inilah yang disebut sebagai simetri bilateral.

4. Berkembangbiak Dengan Cara Bertelur

Ciri selanjutnya dari hewan Mollusca adalah pembuahan terjadi secara internal. Pembuahan internal memiliki arti sebagai calon individu baru hewan Mollusca yang berada di dalam tubuh induknya. Tidak hanya itu, beberapa dari hewan Mollusca mempunyai kelamin ganda serta ada juga yang mempunyai kelamin terpisah.

5. Tubuhnya Dilapisi Oleh Lendir

tubuh hewan Mollusca selain lunak dan bercangkang, juga dilapisi oleh lendir. Ini termasuk kedalam Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelsannya. Kenapa bisa berlendir? Hal ini disebabkan banyaknya kelenjar yang terdapat pada tubuh hewan tersebut.

6. Dapat Digolongkan Menjadi Tiga (3) Kelas

Hewan Mollusca dapat digolongkan menjadi tiga kelas, yaitu pelecypodia, gastropoda, dan chepalopoda. Ketiga kelas ini berbeda, perbedaan tersebut dipengaruhi oleh karakteristik kaki yang terdapat pada tubuh hewan Mollusca. Kaki pada hewan Mollusca memiliki fungsi sebagai alat gerak dan menangkap mangsanya. Di bawah ini penjelasan dari ketiga kelas hewan Mollusca.

  • Pelecypodia merupakan jenis hewan Mollusca yang mempunyai kaki berbentuk pipih seperti mata kapak. Yang termasuk dalam hewang jenis ini adalah kerang, tiram dan remis.
  • Gastropoda merupakan jenis hewan Mollusca yang menjadikan perutnya sebagai kaki. Yang termasuk dalam hewan Mollusca jenis ini adalah siput air tawar dan bekicot.
  • Chepalopoda merupakan jenis hewan Mollusca yang menjadikan bagian kepala sebagai kakinya. Contoh dari hewan Mollusca jenis ini adalah cumi-cumi, gurita, sotong, dan nautilus.
Baca Juga :   10 Pasang Saraf Kranial Letak Dan Fungsinya

7. Struktur Tubuhnya Teridiri Dari Kaki, Massa Visceral Serta Mantel

Sementara struktur tubuh yang dimiliki hewan Mollusca terdiri dari tiga bagian, meliputi kaki, massa veseral dan mantel. Bagian kaki pada hewan ini memiliki fungsi sebagai alat gerak dan untuk menangkap mangsanya. Bagian masaa veseral adalah bagian tubuh Mollusca yang mana menjadi tempat sistem organ, seperti sistem pencernaan, sistem ekskresi dan sistem reproduksi. Sementara bagian ketiga adalah mantel yang merupakan jaringan tebal yang berperan untuk menlindungi massa veseral. Mantel pada hewan Mollusca ini memiliki bentuk sepeti sebuah rongga, sehingga hal ini dapat memudahkan hewan Mollusca dapat bernafas melalui rongga mantel tersebut.

8. Memiliki Sitem Organ Yang Cukup Lengkap

Meskipun hewan Mollusca merupakan hewan invertebrata yang tidak mempunyai tulang belakang. Akan tetapi dalam hal sistem organnya hewan ini cukup lengkap. beberapa sistem organ yang telah dimiliki oleh hewan Mollusca adalah sistem peredaran darah, sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem saraf, sistem ekskresi, sistem reproduksi dan sistem otot.

Selain beberapa ciri-ciri tersebut di atas sebenarnya masih terdapat ciri lainnya yang mungkin tidak terlalu kompleks atau ketara, yaitu:

  1. Hewan Mollusca termasuk ke dalam hewan heterotroph, yaitu tidak dapat membuat makanannya sendiri.
  2. Ukuran tubuh ang dimiliki hewan Mollusca beragam dan bervariasi. Mulai dari bentuk bulat, memanjang hingga berbentuk pipih.
  3. Sistem ekeskresi pada hewan ini berupa nefridia, yaitu organ ekskresi yang memiliki peran seperti halnya ginjal. Nefridia akan membuang sisa metabolisme yang berbentuk cair.
  4. Selain memiliki cangkang, ternyata hampir semua hewan Mollusca mempunyai radula (lidah bergigi) yang berbentuk melengkung ke belakang.
  5. Sistem peredaran pada hewan Mollusca yaitu sistem peredaran daraah terbuka, yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Jantung itu sendiri terdiri dari satu atau dua atrium serta satu ventrikel.
  6. Sistem respirasi pada hewan setiap hewan Mollusca juga berbeda-beda. Apabila hewan jenis ini hidup di air, maka bernafas dengan memakai insang. Sementara yang hidup di darat memakai paru-paru, namun juga bisa melalui pertukaran udara yang terdapat pada mantel yang berfungsi mirips eperti paru-paru.
Baca Juga :   Echinodermata: Pengertian, Ciri, Karakteristik dan Klasifikasinya Terlengkap

Nah, itulah penjelasan tentang Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelsannya yang dapat kita gunakan untuk menambah wawasan. ternayata hewan siput yang sering kita temui di lingkungan sekitar menjadi salah satu contoh dari hewan Mollusca.

Baca juga:

Proses Pertumbuhan Tanaman Cabai Mulai Dari Tunas

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif