Cara Tumbuhan Memikat Hewan Untuk Memakan Buahnya

2 min read

Cara Tumbuhan Memikat Hewan Untuk Memakan Buahnya

Cara tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya – walaupun tidak bisa beranjak serta bersuara, namun tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam berkomunikasi bersama hewannya, salah satunya bersama buahnya. Bersama buahnya inilah tumbuhan seakan berkata kepada sekelilingnya “makan aku”.
Tujuannya ini adalah untuk menyebarkan benih mereka. Lantas bagaimana sih caranya ?

  1. Selama jutaan tahun dari seleksi alam, tumbuhan telah mengembangkan cara berkomunikasi bersama dengan hewan, misalnya yakni dengan wana buahnya.
    Sudah dilansir dari berita the new york times, kim valenta seorang ahli ekologi evolusi dari universitas dan salah satu rekannya yang sedang mengadakan penelitian pada hubungan warna buah dengan penglihatan hewan di sebuah studi yang sudah diterbitkan dalam bukunya biology letters.
  2. Ternyata, buah ini sudah memberikan sebuah signal makan malam dan ia menyesuaikan indra serta kemampuan fisiknya kepada para hewan dihutan
    Di dalam sebuah penelitiannya, valenta ini mengalami shyok sebab ternyata tumbuhan ini berkomunikasi dengan hewan caranya yakni menyesuaikan perilaku dan caranya. Lebih lanjut lagi valenta bersama dengan rekannya, omer nevo yakni seorang ahli ekologi evolusioner dari universitas Ulm di jerman sudah menerbitkan artikel lain mengenai aroma buah yakni di science avance.
  3. Hewan bisa memberikan pengaruh terhadap sifat buah, mulai dari bentuknya, lalu lokasi pohon (apa di bawah maupun puncak), warna dan juga aromanya
    Tumbuhan telah sadar bahwa semakin hewan mudah memakan buah dengan mengidentifikasi buah buahan yang sudah matang, maka semakin tinggi pula kemungkinan terjadi tumbuhan ini untuk bertahan hidup. Bisa disebut bahwa tumbuhan ini bereproduksi serta hewan ini berperan seperti tukang kebun yang memakan serta menyebarkan benih kepada tumbuhan. Inilah sebabnya kenapa tumbuhan ini tak harus repot repot dalam mengangkat akar, dan tumbuhan juga tidak bisa menjalankannya sendiri.
  4. Dengan cara sama pula, bunga juga menyesuaikan kelopak, tekstur, warna, aroma serta rasa nektar guna menarik spesies penyerbuk
    Selama ini, bunga juga berupaya menarik perhatian dari sebuah proses penyerbukan, misalnya seperti lebah serta kupu kupu. Para pakar biologi sudah menemukan sejumlah karakteristik dari bunga ini yakni hasil dari sebuah evolusi bersma dengan hewan. Akan tetapi, hewan ini ada banyak sekali spesiesnya, lantas bagaimanakah caraya tumbuhan ini dapat menyesuaikan hanya dengan satu jenis buah maupun bunganya?
  5. Sederhanyanya sekali, tanaman ini bersiasat warna buah yang kontras dengan warna daunnya, lalu menguatkannya melalui aroma buah
    Para peneliti telah bereksperimen di sejumlah taman uganda serta madagaskar sebab tempat ini masih terlihat alami. Adapun monyet serta kera di uganda mempunyai visi tricolar misalnya saja seperti manusia. Sedangkan itu, sejumlah burung mempunyai penglihatan yang jauh lebih baik.
    Disisi lainnya ini lemur madagaskar Cuma bisa melihat spektrum biru-kuning saja, mereka buat akan warna hijau merah. Mereka malah mengandalkan indra penciuman guna bertindak serta berperilaku.
    Para peneliti ini mengumpulkan dedaunan serta buah, baik yang matang ataupun yang mentah kemudian akan menganalisis warnanya menggunakan spektrometer. Dengan penyesuaian visual dari hewan penyebar benih, maka tumbuhan ini bisa menentukan siapa yang kemungkinan besar bisa mendeteksi warna buah yang bisa kontras dengan beragam latar belakang.
  6. Di uganda, sejumlah buah kontras dengan warna duan dalam spektrum hijau-merah
    Contohnya yakni buah meri merah dengan latar hijau. Dengan demikian, maka mudah untuk burung serta monyet melihat buah itu.
  7. Sedangkan di madagaskar buah memiliki kontras biru kuning dengan latarnya
    Salah satu contohnya ini misalnya buah beri kuning yang bisa mendeteksi secara baik oleh lemur yang buta akan warna yakni hijau merah. Selain tersebut, buah tin atau dikenal dengan buah ara juga mempunyai aroma yang sangat lengket jadi kemungkinan lemur bisa menemukannya.
Baca Juga :   9 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Terlengkap

Walaupun terlihat tidak berdaya, ternyata tumbuhan ini pun memiliki kemampuan yang luar biasa untuk bisa bertahan hidup. Jadi itulah kalian perlu berfikir bahwa tidak hanya hewan saja yang harus kalian lindungi, namun tumbuhan pula demikian.

Hewan yang hidup di alam liar ini memperoleh makannya tak mudah. Jadi mereka perlu kombinasi dengan indra yang tajam, kekuatan fisik dan pastinya keberuntungan. Mereka perlu mencari sumber maupun tempat tersedianya makan dan saat berhasil menemukannya tak jarang mereka melakukan persaingan dalam berebut makan bersama hewan lain.

Demikian pula tumbuhan, minimnya habitat nutrisi pastinya memaksa mereka beradaptasi dengan lingkungannya. Itulah kenapa sejumlah spesies binatang atau tumbuhan sudah mengembangkan strategi unik guna mencegah kelaparan, yakni dengan menyimpan persediaan makanan di dalam tubuh mereka.

Berdasarkan ahli ekologi kelautan dari university florida ada simpanan maknan yang sifatnya lumayan maju dan termasuk strategis ekologis penting utnuk hewan yang hidupnya di lingkungan makanan terbatas dan iklim ekstrim/ hidup dilaut dalam. Dengan cara yang unik ini hewan atau tumbuhan dapat bertahan melangsungkan hidupnya mereka.

Jadi penting bagi kita untuk mengenal tumbuhan disekeliling kita. Sebab tanaman yang hampir tidak bergerak yang tumbuh secara berdekatan satu dan lainnya kerap mempunyai warna sama namun otak kita lebih dominan tak membedakannya.

Selain hewan yang bisa memakan serta menyebarkan benih, mungkin kalian pun juga akan menjadi pemakan buah tersebut. Sehingga hal ini harus berkontribusi pada tanaman yakni menanam tanaman. Selain itu, tujuannya bisa menyejukkan lingkungan kalian. Sekian pembahasan mengenai Cara tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fungsi Katup Jantung Pada Manusia

Baca Juga :   6 Manfaat "Penting" Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan

Macam Macam Pencemaran Lingkungan : Contoh Serta Penyebabnya