Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana

3 min read

Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana

Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana – Kertas merupakan suatu benda yang setiap harinya selalu digunakan dalam aktivitas oleh hampir sebagian besar orang di seluruh dunia. Apabila produksi kertas dilakukan secara terus menerus sementara pemakain kertas dilakukan setiap waktu, tentu saja pepohonan yang ada di dunia akan semakin berkurang. Sehingga perlu adanya daur ulang kertas bekas agar pepohonan tetap tersedia dan berpengaruh terhadapa pelestarian lingkungan. Dalam melakukan proses daur ulang kertas bekas haruslah ada kerja sama yang baik antara manusia satu dengan yang lain. Agar tercipta lingkungan alam yang lestari dan dapat menambah efisiensi kertas tersebut. Nah, dibawah ini Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana.

1. Mengumpulkan Kertas Bekas

Tahap pertama sebelum melakukan daur ulang kertas, tentu saja adalah dengan mengumpulkan kertas bekas terlebih dahulu. Kertas bekas bisa anda temukan deiberbagai tempat, misalnya di rumah, di lingkungan kantor, si sekolah, ataupun tempat umum lainnya. Hindari pembuangan kertas dan pembakaran kertas yang tidak terpakai lahi. Hal ini tentu saja akan menyebabkan pembuatan kertas baru dengan mempergunakan pohon dan bukan melakukan daur ulang. Untuk itu ada baiknya apabila kita memperhaatikan hal kecil seperti ini, agar kelak dampak yang baik bisa dinikmati anak cucu kita.

Baca Juga :   Kemosintesis : Pengertian, Contoh Dan Reaksi Proses Terjadinya Secara Lengkap

2. Olah Kertas Menjadi Bagiann Yang Lebh Kecil

Setelah anda menemukan kertas yang telah tidak terpakai lagi, proses selanjutnya dalah dengan mengubah ukurannya yang semula berukuran lebih besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Anda bisa merubahnya menjadi ukuran lebih kecil dengan cara disobek-sobek terlebih dahulu. Tujuan membuat bentuk kertas menjadi lebih kecil agar memudahkannya dalam proses pengolahan tersebut. setelah menyobek semua kertas menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan ke dalam wadah dengan ukuran besar agar muat banyak.

3. Rendam Sobekan Kertas Dengan Memakai Air Panas

Tahap selanjutnya adalah dengan membuat bubur kertas dari sobekan-soben tersebut. caranya dengan menuangkan dan mencampur kertas dengan air panas. Diamkan beberapa saat hingga kertas menjadi lebih lunak dan mudah untuk diolah. Aduk kertas yang telah di campur dengan air panas agar semua kerta dapat lunak serta benar-benar bisa menyerap air dengan sempurna. Apabila adonan kurang kental maka anda bisa menambahkan beberapa sendok makan tepung meizena untuk membuat tingkat kekentalannya agar lebih baik. Jika kondisi adonan kertas telah begitu kental maka anda tidak perlu menambahkan tepung maizena.

4. Lakukan Proses Penghalusan Adonan Kertas

Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana selanjutnya adalah dengan melakukan tahap penghalusan. Tahap ini sangat penting karena adonan kertas yang telah terendam dan melunak berikutnya harus anda haluskan dengan memakai alat bantu seperti blender. Lakukan proses penghalusan sedikit demi sedikit dengan memakai blender. Jangan lupa gunakanlah to speed agar kertas dapat menjadi bubur dengan sempurna.
Apabila anda tidak memiliki blender, maka anda bisa memakai alat manual yang digunakan untuk menghaluskan bubur kertas tersebut. lakukan penghalusan dengan telaten agar mendapatkan hasil yang halus dan maksimal.

Baca Juga :   Nodus Limfa: Pengertian, Struktur, Letak, Fungsi, Dan Cara Kerja

5. Lakukan Proses Penyaringan Bubur Kertas

Setelah melakukan penghalusan terhadap adonan kertas, proses selanjutnya dalah denga menyaring adonan tersebut agar mendapatkan adonan yang benar-benar halus dengan sempurna. Dibutuhkan alat-alat yang dapat digunakan untuk menyaring bubur kertas yang telah dihaluskan dengan memakai blender atau alat manual tersebut. Alat yang bisa anda gunakan untuk menyaring adalah kasa atau alat penyaring khusus yang terbuat dari bahan sejenis kawat.

Namun, adda juga yang memakai kain jarring-jaring nyamuk yang biasanya untuk menutup ventilasi. Hal ini karena bisa memberikan hasil yang maksimal apabila dibandingkan dengan alat penyaring lainnya. Untuk memudahkan proses penyaringan anda bisa memasang bingkai pada keliling jarring-jaring tersebut. Jika anda memakai penyaring yang terbuat dari kawat, maka sebaiknya hindari penggunakan kawat yang telah karatan. Hal ini dapat menyebabkan hasil dari bubur kertas menjadi kurang baik.

6. Masukkan Hasil Penyaringan Bubur Kertas Ke Dalam Wadah Yang memiliki ukuran Lebar

Tuangkan hasil dari penyaringan ke dalam wadah yang memiliki ukuran lebih lebar. Tambahkan air secukupnya hingga isi dalam waah tersebut mencapai tinggi adonan sekitar 7 -10 cm. Proses ini akan memudahkan pencetakan kertas nantinya. Jika air telah anda tuang ke dalam adonan, kemudian aduk agar adonan dapat tercampur rata dengan air tersebut. Hal ini penting dilakukan agar bubur kertas tidak mengendap atau menggerombol di satu sisi sehingga dapat menyulitkan pencetakan kertas.

7. Proses Pencetakan Kertas Dengan Memakai Kasa

Nah, setelah melakukan beberapa tahap di atas untuk proses selanjutnya adalah melakukan percetakan kertas. Agar mendapatkan hasil cetakan kertas yang baik dan sempurna bisa memakai kasa yang masih dalam keadaan bersih.

Baca Juga :   4 Tipe Patahan Biologis Tanah Penyebab Gempa Besar

• Siapkan kasa dengan ukuran yang disesuaikan dengan lebar buku agar nantinya kertas yang dicetak sesuai dengan ukuran buku atau kertas pada umumnya.
• Masukkan kasa tersebut kedalam adonan bubur kertas secara perlahan, masukkan hingga benar-benar berada pada dasar wadah, hingga adonan bisa mengendap.
• Selanjutnya ketika bubur kertas telah mengendap, angkat kasa secara perlahan agar adonan bubur kertas dapat terperangkap di atas permukaan kasa. Kemudian anda bisa menggerakkannya ke kanan dan kek kiri agar adonan dapat merata di seluruh permukaan kasa.
• Jika permukaan kasa telah terpenuhi oleh adonan kertas, maka letakkan kasa tersebut di udara bebas agar cepat mongering. Ketika adonan benar-benar telah mongering, anda bisa melepaskan kertas dari kasa. Dan jadilah kertas daur ulang yang bisa digunakan.

Itulah beberapa Cara Mendaur Ulang Kertas Bekas Dengan Sederhana yang bisa anda lakukan di rumah dengan alat yang cukup sederhana. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Menjaga Cagar Alam Dengan Alami

Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia