8 Cara Membuat Sumber Api dari Peralatan Sederhana

3 min read

Cara Membuat Sumber Api Dengan Peralatan Sederhana

Cara Membuat Sumber Api Dengan Peralatan Sederhana – Api merupakan suatu hal yang penting hampir dalam semua kegiatan yang ada di alam bebas. Tanpa adanya api mungkin saja kita tidak dapat memasak atau bahkan sekedar membuat kopi panas. Api juga memberikan kehangatan ketika anda melakukan perlajanan di alam bebas pada saat waktu malam. Ada ssaatnya ketika anda melakukan berpergian ke suatu tempat atau alam liar dan anda memerlukan api, namun tidak membawa pematik api atau korek api maka anda dapat memakai peralatan sederhana untuk membuat sumber api tersebut. berikut ini Cara Membuat Sumber Api Dengan Peralatan Sederhana yang mungkin anda butuhkan.

8 Cara Membuat Sumber Api dari Peralatan Sederhana

1. Dari Botol Plastik Minuman Bekas Dan Air Jernih

Ketika anda bepergian ke alam bebas, pastikan anda memiliki botol plastik minuman bekas (usahakan yang berbentuk bundar dan berwana bening), air dan sekam atau rumput kering dapat juga memakai kertas atau spon kering sebagai media pembakaran api. Kemudian anda bisa mengisi botol plastik minuman bekas dengan air jernih lalu pastikan fokus titik api terkecil terbentuk dari botol minuman bekas tersebut selanjutnya arahkan diatas tumpukan rumput kering/sekam/kertas/spon kering. Tunggu beberapa menit hingga keluar asap dari fokus titik api dan beberapa menit kemudian api dapat muncul.

Baca Juga :   Sistem Ekskresi pada Aves dan Pisces

2. Baterai Dan Bungkus Aluminium Rokok Atau Permen Karet

Apabila tidak ada botol bekas anda dapat memakai sembarang baterai, namun usahakan baterai tersebut masih berfungsi. Selanjutnya apabila telah menyiapkan baterai anda dapat memotong bungkus aluminium rokok ataupun permen karet yang bagiann tengahnya dibentuk mengecil. Selain itu, sediakan juga sekam/rumput kering/spon kering sebagai media pembakaran api.

Tahap selajutnya anda dapat sekam/spon kering/rumpet kering/kertas dibagian tengah bungkus aluminium rokok/permen karet yang sebelumnya telah anda bentuk. Kemudian tempelkan setiap ujung bungkus aluminium rokok/permen karet pada setiap kutub baterai tersebut. dan setelah beberapa detik kemudian akan muncul api pada bagian tengah bungkus aluminium rokok/permen karet tersebut.

3. Baterai Dan Kabel

Selain mesangkan baterai dan kertas aluminium rokok/permen karet anda dapat memakai kabel. Pada titik ini anda harus menyiapkan baterai yang masih berfungsi. Untuk membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan kabel serta spon kering yang digunakan sebagai media pembakaran api. Tahap berikutnya anda dapat menempelkan setiap ujung kabel pada kutub-kutub baterai kemudian gesekkan pada spon kering. Dan tidak lama kemudian spon tersebut akan terbakar.

4. Bingkai Foto Bekas Atau Kayu Yang Berbentuk Persegi Dan Palstik Bening Tipis Beserta Air

Ketika anda memakai bingkai foto bekas atau kayu bentuk persegi cara kerjanya juga sama ketika anda membuat api dengan menggunakan botol minuman bekas, air jernih, rumput kering/sekam/spon kering/kertas sebagai media pembakaran api. Akan tetapi, medianya diganti dengan bingkai kayu yang dibalutkan dengan plastik tipis bening pada setiap bingkai foto tersebut. Dan air jernih yang telah disediakann anda taruh di atas plastik tipis tersebut, sehingga akan membentuk fokus titik api.

Baca Juga :   Contoh Energi Potensial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

5. Plastik Bening Dan Air

Cara Membuat Sumber Api Dengan Peralatan Sederhana yang selanjutnya dengan memakai plastik bening dan air. Cara kerjanya hampir sama dengan seperti membuat api dari botol minuman bekas dan air jernih, akan tetapi media yang digunakan hanya memakai palstik bening, air jernih, dan sekam/rumput kering/spon kering/kertas sebagai media pembakaran apinya.

Caranya dengan memasukkan air ke dalam plastik bening tersebut, kemudian bentuk sampai menyerupai bola dan ikat dengan erat. Pastikan anda dapat membuat fokus titik api terkecil dengan memakai bola api tersebut.

6. Bow Drill

Cara berikutnya dengan memakai Bow Drill anda dapat menyiapkan beebrapa bahan seperti busur (bow) yang terbuat dari kayu, tali, tongkat kayu sebagai poros, alat tangan, daun dan juga alas kayu. Tongkat yang anda gunakans ebagai alas kayu dan sebagai poros haruslah kayu yang telah kering, kayunya tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras.

Sementara untuk busurnya anda dapat memakai kayu segar agar tidak muda patahdan talinya dapat memakai tali apa saja bisa tali sepatu atau lainnya selama tali tersebut kuat. sedangkan untuk alat tangan atau socket dapat memakai kayu yang dilubangi sedikit, batu berlubang, kulit kering dan lain sebagainya.

7. Fire Plough

Metode ini memaki media kayu, akan tetapi dengan cara digesekkan terus menerus hingga terbentuk serbuk api. Metode ini telah lama digunakan oleh orang ketika zaman dulu. Metode fire plough hanya membutuhkan tongkat kayu dan alat kayu untuk membuat api. Metode ini lebih simple dan hanya membutuhkan bahan yang mudah akan tetapi cukup susah dan membutuhkan banyak energy untuk membuat serbuk api. Selain itu, pastikan juga kau yang anda gunakan benar-benar kering.

Baca Juga :   13 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Pernah Dijumpai

8. Memakai lensa atau kaca pembesar

Metode yang satu ini hanya menggunakan lensa cembung dan bahan kering seperti daun serta rumput kering. Konsep dari metode ini dengan memusatkan panas dari inar matahari yang mengenai penampang lena satu titik. Titik tersebut harus diarahkan pada bahan yang mudah terbakar seperti rumput kering, kertas dan lainnya. Metode ini sangat bergantung pada intensitas cahaya matahari yang masuk dengan tingkat kemudahan media pemancing api yang dipakai.

Dalam pembuatan sumber api, memakai kayu jenis kenari, mahoni, dan cemara merupakan bahan yang ideal sebagai bahan papan api dan batang pemutar. Beberapa hal lainnya yang perlu anda perhatikan yaitu:

  • Setelah membuat sumber api dan esok harinya ingin meninggalkan tempat tersebut, pastikan bahwa anda mematikan api dengan air atau pasir sebelum meninggalkannya.
  • Hati-hati pada percikan api yang mungkin bisa menyebar.
  • Selalu perhatikan apabila anak-anak bermain dengan api.

Nah, itulah Cara Membuat Sumber Api Dengan Peralatan Sederhana yang dapat anda lakukan apabila sedang bepergian di suatu tempat atau alam bebas. Semoga dapat memberikan manfaat.

Baca juga:

Tulang Belakang Cakram : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

9 Tahapan Proses Pertumbuhan Tanaman Jambu Biji