Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2 Termudah

2 min read

Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2 Termudah

Cara membuat aquascape tanpa CO2 – Aquascape adalah bagian dari aquarium yang dapat menghilangkan dampak stress di beragam sistem tubuh manusia. Aquascape sendiri merupakan hobi unik sekali dan suka dengan keindahan alam yang membuatnya secara manusia serta diaplikasikan di dalam aquariu, ini. Jadi, aquarium kalian terlihat menarik dan terkesan. Nah, berbicara tentang aquascape memang salah satu hobby yang termasuk mahal.

Hal ini disebabkan perangkat CO2 nya termasuk lumayan mahal. Akan tetapi, kalian di kesempatan kali ini akan dibagian tips bagai mana Cara membuat aquascape tanpa CO2. Inilah selengkapnya simak dibawah ini :

Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2 Termudah

1. Pahami lebih dulu jenis tanaman aquascape tanpa CO2

Langkah pertama kalian harus faham lebih dulu tentang jenis tanaman aquascape yang tanpa ada CO2. Hal tersebut dilakukan sebab memang kita akan membuat aquascape tanpa menggunakan C02 tersebut. Pada umumnya, adapun fungsi dari CO2 ini dalam aquascape ialah menjadi proses fotosintesa guna memasak serta mengirimkan sari makanan dari daun sampai menuju akar jadi tanaman ini dapat tumbuh.

Berikut ini penjelasan dari jenis tanaman aquascape tanpa C02 yang dapat kalian pakai dirumah :

  • Jenis tumbuhan moss misalnya seperti fire, javamoss, flame, chirstmas, dan lainnya.
  • Jenis tanaman mengambang, misalnya seperti riccia, enceng, lotus dll.
  • Jenis rumput rumputan, misalnya seperti marsilea, subulata dan lain-lain.
Baca Juga :   Ekosistem Darat : Pengertian, Ciri, Komponen, Jenis dan Manfaatnya Terlengkap

Itulah tadi beberapa jenis tumbuhan aquascape tanpa CO2 yang perlu kalian siapkan untuk aquascape kalian.

2. Langkah pembuatan

Adapun cara membuat aquascape dengan tidak ada CO2 ini diantaranya berikut ini :

  1. Siapkan lebih dulu aquarium yang nantinya akan kita buat aquascape dengan tidak ada CO2 ini
  2. Sediakan juga power head yang kecil untuk arus dan alat sirkulasi udara pula di dalam aquarium tersebut nantinya.
  3. Sesudah itu, untuk membantu menurunkan suhu dari dalam aquarium ini, maka kalian dapat memakai kipas kecil supaya suhu di aquarium ini tetap stabil sebab tidak adanya CO2 ini.
  4. Untuk membuat tampilan dari aquarium kalian lebih indah dan menarik, maka kalian pun dapat memakai lampu LED kecil supaya nampak indah dan juga menarik. Ada baiknya kalian memakai lampu LED yang mempunyai daya kurang lebih 3,5 watt yang warnanya putih supaya terlihat cerah.
  5. Sesudah ada tersedia dan juga terpasang, maka sekarang selanjutnya kalian masukkan hiasan yang tadinya kalian sudah kalian sediakan. Kemudian taruhlah beberapa tanaman yang tadi secara rapi dan juga sesuai dengan selerea kalian masing-masing aquariumnya.
  6. Sesudah tanaman ini sudah kalian masukkan, maka sekarang ikan hiasnya yang kalian masukkan. Dengan mempunyai tempat tinggal yang nyaman dan tanpa adanya CO2 sekalipun maka ikan hias ini akan tumbuh dengan sehat di dalam aquarium kalian.

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Jenis tanaman ini cocok dipakai untuk membuat aquascape tanpa CO2. Diantaranya sebagai berikut :

1. Peacock moss tanpa C02

Jenis tanaman ini memiliki daun lumayan lebar. Ajaibnya walaupun di tempat yang lebih rendah CO2, tanman air ini masih dapat tumbuh secara baik serta daunnya hijau royo-royo. Cirinya tak jauh beda dengan warna hijau lumut serta rantingnya menyabang bak ekor merak. Karakternya mudah menyebar jadi cocok bila dipakai substrat/ alas aquascape.

Baca Juga :   Ekosistem Buatan: Pengertian, Karakteristik, Rantai Makanan Beserta Contohnya Terlengkap

2. Tanaman aquascape java moss

Jenis tanaman yang kedua ini dapat tumbuh tanpa CO2 yakni java moss. Terkenal dengan tampilan warna serupa dengan rumput laut, warnanya hijau terang berbentuk memanjang. Selain tampilan, tanaman tersebut mempunyai karakter mudah dipelihara dalam aquascape. Karena dapat tetap hidup di suhu 21-32 C, akan tetapi di sarankan tak mengurangi 21 C dan tak lebih 24 C.

3. Christmas moss

Masih dalam jenis tanaman moss. Tanaman ini dapat hidup tanpa CO2. Walau demikian tanaman ini masih dapat tumbuh secara baik. Dari segi bentuknya serupa dengan tanaman peacock moss, hanya saja daunnya lebih kecil serta tumbuhnya tak teratur. Berdasarkan pendapat teman-teman di grup tanaman ini banyak peminatnya.

4. Tanaman singapore moss

Tanaman aquascape ini dapat tumbuh tanpa C02. Cirinya helai daunnya longgar dan panjang kemudian bercabang mirip dengan tanaman secara umumnya. Selain tanpa CO2, singapore pun dapat tumbuh dengan cahaya yang sedikit sekali. Akan tetapi bila diberikan pencahayaan lumayan pasti makin bagus pertumbuhannya.

5. Tanaman flame moss

Flame ini asalnya dari bahasa inggris yaitu “appi”. Bernama flame sebab tanaman ini mempunyai karakter fisik unik misalnya lidah api. Daunnya tumbuh diatas sementara batangnya mengelilingi satu dan yang lain, jadi nampak bagus sekali dan menarik. Flame moss dapat hidup walaupun tak menggunakan CO2 injeksi.

6. Flissiden moss tanaman aquascape tanpa CO2

Tanaman karpet satu ini terpopuler di amerika serikat utara. Cirinya daunnya kecil, halus dan juga lembut. Perawatannya lumayan mudah, karena tanaman tersebut tidak membutuhkan banyak CO2, wlaupun demikian pemakaian CO2 ini tetap akan mempengaruhi dalam pertumbuhannya. Hanya saja tidak menggunakan CO2 tidak akan membuat mereka mati. Sementara dari segi pertumbuuhannya memilih pertumbuhan lambat akan tetapi tumbuh dengan rimbun dan cocok sekali bila ditempatkan di batu dan kayu.

Baca Juga :   4 Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar Beserta Penjelasannya

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sampaikan tentang Cara membuat aquascape tanpa CO2. Cara ini bisa kalian praktikkan dirumah dengan mudah. Sehingga akan dihasilkan pemandangan yang menarik sekali. Smeoga informasi ini bermanfaat dan dapat memperluas wawasan kalian tentang aquascape serta aquarium ini dengan keseluruhan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga:

Struktur Dan Fungsi Jaringan Batang Dikotil dan Monokotil

Bagian Bagian dari Pembuluh Darah Kapiler : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya