Bagaimana Cara Ikan Tidur Di Dalam Air? Ini Penjelasan Lengkapnya

2 min read

Cara Ikan Tidur Di Dalam Air

Cara ikan tidur di dalam air – apa kalian pernah berfikir bagaimana ikan-ikan bisa tidur dengan nyaman? Bila kita perhatikan, mungkin banyak yang berfikir bahwa ikan akan sangat kelelahan sebab berenang renang di sepanjang harinya. Akan tetapi, rasanya pun tak mungkin bila ikan tak membutuhkan tidur. Nah, berikut ini akan kami bahas seputas Cara ikan tidur di dalam air.

Cara Ikan Tidur Di Dalam Air

Bagaimanakah caranya tidur ikan ini? apakah melayang di dalam air? Lantas bagaimanakah dampak tidur berlebihan untuk sistem biologis serta organ tubuh ikan ini? seperti ikan yang ada di alam bebas, bukankah bila si ikan ini tertidur pulas, maka ia akan hilang dan terbawa oleh arus air? Oke sobat, sebenarnya ikan ini sama halnya dengan makhluk hidup lain, yakni bisa tidur. Jadi berginilah tidurnya ikan, diantaranya :

1. Tidur dengan mata terbuka

Sebagian besar ikan ini tidurnya dengan mata yang masih tetap terbuka layaknya dalam keadaan sadar. Nah, oleh karena itulah kita tak sadar bahwa sebetulnya ikan telah tertidur pulas. Bila sobat mempunyai akuarium, maka kalian bisa mengamati bagaimana keadaan tidur ikan meski mata ikan ini selalu terbuka. Ada pula ikan yang terdiam dan tak melakukan gerakan renang maka inilah saat ikan sedang tertidur.

2. Dalam posisi terdiam

Bila kalian amati, misalnya seperti bahaya air liur komodo dalam biologi maka suatu saat tentu ikan peliharaan ikan ada dalam keadaan terdiam mirip sedang tak sadarkan diir. Namun dengan mata yang sudah tetap terbuka serta secara umum akan terdiam ini pada dasarnya maupun ditengah akuarium. Dalam keadaan inilah ikan tidak akan menjalankan gerakan serta terdiam seolah sedang mengamati sebuah hal padahal ia sedang tertidur pulas.

Baca Juga :   7 Keunikan Cara Penguin Berkembang Biak

3. Lama merespon makanan

Dan bila kalian taburkan makanan kesukaannya ini akan sangat lama hingga si ikan akan memberikan sebuah respon terkecuali bila sobat menyadarkan misalnya dengan cara mengetuk ngetuk dinding dalam akuarium kolam. Nah, itu dia ikan sedang tidur ya sobat. Karena itulah diberikan jam makan yang disiplin dalam ikan perliharaan supaya tak bisa mengganggu jam tidurnya serta metabolisme tubuhnya.

4. Terkadang tetap bergerak ketika tidur

Sejumlah jenis ikan hingga harus tetap membuat sbeuah gerakan ketika tidur, supaya aliran dalam air bisa tetap akan terjaga menuju ke insangnya dan akan tetap dalam keadaan setengah sadar, misalnya seperti ikan yang ada di alam bebas. Nah, hal ini bisa dipastikan bahwa ikan memperoleh lumayan pasokan oksigen dan tak terbawa oleh arus ketika ia sedang dalam kondisi tidur. Ikan yang lebih besar ini misalnya hiu, ia akan membuat sebuah gerakan berenang secara perlahan sekali saat ia tertidur. Namun tetap dengan kondisi mata terbuka.

5. Tidur dengan menelungsup di bebatuan

Sementara ikan yang hidupnya ada di lingkungan bebatuan koral maka ia akan menelungsup diantara bebatuan ketika ia tertidur. Agar terlindung oleh predator. Berbeda dengan ikan jenis lumba-lumba serta ikan paus, meskipun hidupnya di laut maka lumba-lumba dan juga ikan paus ini merupakan jenis mamalia. Mereka akan bernapas menggunakan paru-parunya sama halnya dengan manusia.

6. Tidur dengan kondisi setengah tak sadar

Lumba lumba ini pu harus muncul di permukaan dengan berkala guna menghirup oksigen. Lantas bagaimakah lumba lumba ini bisa tertidur? Dalam sebuah jurnal berjudul neuroscience & biobehavioral riview pad atahun 2008, telah diungkapkan bahwa sejumlah lumba lumba tidur menggunakan sebuah metode yang bernama (unihemispheric slow wave sleep), atau bsia kita jelaskan sebagai keadan tertidur dengan cara keadaan setengah sadar dan ia masih tetap aktif dalam bergerak.

Baca Juga :   Proses Ular Memproduksi Racun Secara Biologi Beserta Jenisnya Lengkap

Lumba lumba maupun ikan paus ini hanya menidurkan setengah otaknya di setiap sesi dengan bergantian pada empat jam. Bila otak kanannya ini sedang tertidur maka kirinya ini akan terbuka dan demikian juga sebaliknya. Nah, apa gunanya ini? hal tersebut masih membuat lumba lumba maupun ikan paus akan selalu dalam kondisi setangah terbagun, jadi mereka ini akan masih tetap dapat bernapas secara lancar. Dan yang lebih penting lagi bahwa ia akan segera menghindari sesuatu hal bila hidupnya telah terancam oleh predator.

Setiap makhluk hidup pasti mempunyai cara untuk tidur yang berbda- beda. Misalnya saja kelelawar contohnya, ia akan tertidur dengan cara menggantungkan dirinya dengan posisi kakinya ini diatas sedangkan di bagian bawahnya ini ada kepalanya. Begitu pula dengan ikan, ia mempunyai cara terunik sendiri untuk bisa tertidur.
Bila kalian mempunyai ikan peliharaan yang ada di dalam akuarium di rumah maka kalian dpaat mengamatinya bagaimana keadaan ikan ini ketika tertidur. Seperti yang sudah kami jelaskan dalam beberapa poin diatas tadi. Misalkan, pada waktu ikan ini lambat dalam memberikan sebuah responnya saat kalian akan memberikan pakan, kemungkinan ikan ini telah dalam keadaan tertidur. Atau malah sebagian dari ikan ini ada yang memang memilih terdiam dalam dasar akuarium ketika tidur.

Ada pula ikan jenis lumba-lumba yang tertidur dalam kondisi setengah bagian otaknya aktif dan sebagiannya tertidur. Sehigga mereka bisa tetap sigap dalam menghadapi predator lain ketika terancam. Nah, gimana sobat sekarang kalian sudah faham kan bagaimana Cara ikan tidur di dalam air. Jadi, setiap makhluk hidup ini mempunyai cara unik sendiri guna menjalani rutinitasnya termasuk pula untuk tidur ikan ini. semoga artikel ini bisa membawa manfaat bagi kalian semua.

Baca Juga :   Perbedaan Hewan Diploblastik Dengan Triploblastic

Baca juga: