Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia

3 min read

Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia

Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia – Bunga umumnya digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah dan mempercantik halaman rumah. Bahkan dapat juga dijadikan sebagai campuran bahan kosmetik, seperti bunga mawar dan melati yang banyak digunakan dan dipasarkan diberbagai wilayah. Selain itu, ada juga sebagai campuran bahan makanan dan minuman, seperti bunga melati. Namun, dibalik keindahannya tersebut ternyata beberapa bunga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu dengan cara dikonsumsi. Namun, tidak semua jenis bunga dapat dikonsumsi dan bermanfaat. Bahkan beberapa bunga yang dapat dikonsumsi tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit.

Berikut dibawah ini beberapa Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia. Tidak hanya itu, bunga-bunga ini memiliki aroma yang harum dan berkhasiat.

1. Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang telah lama dipergunakan sebagai perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh. Kandungan fenolat yang terdapat pada bunga mawar berfungsi sebagai anti-inflamasi, kaya vitamin, dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes serta kanker.
Pada umumnya beberapa orang mempergunakan atau mengolah kelopak bunga mawar untuk dikeringkan dan kemudian dijadikan teh atau dijadikan manisan. Ada juga air mawar yang terbuat dari minyak esensial kelopak bunga mawar yang dijadikan sebagai bahan resep dessert seperti halnya baklava di Ottoman.

Baca Juga :   Daur Hidup Lumut : Pengertian, Manfaat, Ciri, dan Siklusnya Terlengkap

2. Bunga Melati

Jenis bunga yang kedua dan sering digunakan sebagai bahan makanan dan kecantikan adalah bunga melati. Yang paling umum bunga ini sering digunakan diacara pernikahan tradisional dan dikenakan oleh kedua mempelai. Bunga melati kaya akan kandungan zat yang dapat menyehatkan tubuh, seperti linalcohol, indole, asetat benzilic, jasmon, dan alcohol benzilic.

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat apabila mengkonsumsi bunga melati, yaitu dapat mengatasi jerawat, mengurang peradangan yang terjadi pada usus, ginjal, dapat menurunkan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, menurunkan berat badan, serta dapat digunakan sebagai detoksifikasi. Maka tidak heran apabila banyak produk minuman yang menggunakan ekstrak bunga melati sebagai campurannya. Cara mengkonsumsinya juga mirip seperti teh, yaitu dengan diseduh.

3. Bunga Turi

Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia selanjutnya yaitu bunga turi. Di Negara Indonesia lebih tepatnya di daerah pulau jawa bunga ini sangat familiar dan sering dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Bunga turi telah biasa dijadikan sebagai lalapan, serta pelengkap pecel. Kandungan yang terdapat pada bunga turi antara lain lemak, protein, karbohidrat, beberapa jenis mineral (zat besi, fosfor, kalium, dan kalsium), dan beberapa vitamin (vitamin B1, B2, B6, C dan beta karoten).

Begitu banyak kandungan yang terdapat pada bunga tersebut sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu sariawan, rabun senja, melancarkann ASI, mengatasi disentri, mengatasi demam, batuk, pilek, dan sakit kepala.

4. Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang ternyata memiliki beberapa kandungan, seperti saponin, flavonida, steroid, tannin, alkaloid, glukosa, polifenol, steroid, mineral, vitamin, dan kaya akan antioksidan. Sehigga bermanfaat untuk melancarkan ASI, mengobati penyakit kulit, membersihkann darah, dan menghilangkan bau tak sedap pada tubuh. Dengan cara mengkonsumsinya dicampurkan masakan seperti gulai dan laksa Medan.

Baca Juga :   Adaptasi Tumbuhan Mangrove Pada Lingkungan Salin Dan Jenuh

5. Bunga Rosella

Bunga rosella berasal dari Afrika dan memiliki dua jenis warna ungu dan warna merah. Telah sejak lama bunga ini digunakan sebagai bunga untuk kesehatan, dengan cara mengkonsumsinya seperti teh. Kandungan yang terdapat pada kelopak bunga Rosella adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, protein esensial, dan 18 jenis asam amino yang termasuk lignin dan arginine ang berfungsi untuk meremajakan sel tubuh.
Khasiat pada bunga ini yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat dan menstabilkan tekanan darah papa penderita hipertensi.

6. Bunga Hibiscus (Kembang Sepatu)

Bunga ini lebih dikenal dengan sebutan bunga sepatu dan dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan kemudian diseduh seperti membuat teh. Kelopak bunga kembang sepatu yang masih segar dapat juga sebagai bahan untuk salad aatu sebagai manisan. Kandungan yang terdapat pada bunga ini adalah Anthochanin dan antioksidan yang mampu mengontrol tekanan darah serta kadar kolesterol.

7. Bunga Lilac

Bunga lilac mungkin masih jarang ada di Indonesia atau bahkan orang Indonesia masih asing dengan nama bunga tersebut. Akan tetapi, jika anda tahu bahwa bunga ini mempunyai banyak manfaat dengan aroma khas yang sering dijadikan sebagai pengaharum ruangan ataupun tubuh. Jika untuk kesehatan bunga liliac dapat dikonsumsi sebagai campuran minuman, manisan dan sebagai garnish atau dapat juga dibuat selai.

8. Elderflower

Bunga Elderflower dapat dikonsumsi dengan dibuat menjadi minuman. Bahkan di Negara Eropa bunga ini sering dibuat soft drink dan sirup yang dicampur dengan gula dan air atau bahkann dibuat jeli. Memiliki aroma yang khas hampir mirip seperti madu. Memiliki beberapa khasiat untuk tubuh, yaitu sebagai obat batuk pilek, infeksi sinus, mengatasi alergi, sebagai obat pencahar, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengkonsumsinya dibutuhkan kehati-hatian karena tangkainya beracun.

Baca Juga :   Definisi Fotosintesis ( Fungsi, Proses, Reaksi Dan Faktor )

9. Bunga Dandelion

Bunga dandelion atau di Indonesia dikenal sebagai bunga tempuyung, ternyata dapat dikonsumsi dengan cara menjadikannya lalapan. Penggunaan bunga dandelion haruslah ketika bung amasih kuncup atau belum mekar yang memiliki rasa manis, karena jika telah mekaar bunga ini malah akan terasa pahit.

10. Bunga Lavender

Ternyata selain sebagai pengusir nyamuk, bunga lavender juga dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. kelopak bunga lavender bisa dibuat sebagai manisan, atau gula rasa lavender sebagai bahan dasar membuat kue. Manfaatnya untuk kesehatan tubuh yaitu dapat menstabilkan mood, anti-virus, anti jamur, merelaksasi otot, mengatasi insomnia dan sebagai anti bakteri.

Demikian ulasan mengenai Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Bermanfaat Bagi Manusia. Yang ternyata begitu banyak bungaa yang bermanfaat dan dapat dikonsumsi, semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga:

Apa Bahan Pembentuk Duri di Tubuh Landak?

Cara Tumbuhan Memikat Hewan Untuk Memakan Buahnya