Benarkah Kura Kura Bisa Hidup Ratusan Tahun? Inilah Penjelasannya

2 min read

Benarkah Kura Kura Bisa Hidup Ratusan Tahun? Inilah Penjelasannya

Benarkah kura kura bisa hidup ratusan tahun? – secara biologisnya, tubuh dari makhluk hidup mempunyai jangka waktu khusus guna menua dan ada alasan biologi semakin tua di waktu yang terasa cepat berlalu yang mana tubuh makhluk hidup mempunyai jaringan dan sel yang akan terus berganti dan tak dapat bertahan dalam kurun waktu lama. Terlebih lagi bila mempunyai kebiasaan khusus misalnya lingkungan yang bisa memberatkan tubuh maupun asuan makanan yang tak sesuai.

Kura Kura Bisa Hidup Ratusan Tahun

Tak heran bila salah satu cara guna mempunyai umur yang panjang ialah lingkungan yang sehat. Mempunyai asupan makanan maupun gizi yang seimbang dan pastinya jauh terhadap stress. Pastinya sobat semua pernah mendengarnya kan? Nah, kawan smeua umur makhluk hidup tak ada yang tau ya.

Akan tetapi, apa kalian tau bahwa kura-kura ini nyatanya dapat hidup sampai ratusan tahun dan tak mempunyai pengaruh terhadap sistem pernapasan pada kura-kura. Sudah pasti ratusan tahun ini adalah waktu yang panjang sekali, dan ini jauh lebih panjang terhadap umur rata rata hewan maupun makhluk hidup yang lain. Kenapa bisa terjadi demikian? Benarkah kura kura bisa hidup ratusan tahun? Nah, lebih jelasnya maka yuk simak ulasan berikut ini.

Alasan Kura Kura Hidup Ratusan Tahun

Dari kesimpulan yang diperoleh para peneliti di dunia, maka mereka sependapat bahwa dalam dunia hewan ini kura kuralah yang termasuk jenis hewan dengan mempunyai usia hidup paling panjang sendiri. Sejumlah jenis kura kura atau bahkan telah dilaporkan dapat hidup sampai usianya 200 tahun. Wah ini sangat hebat sekali ya sobat. 200 tahun ini pastinya menjadi tahun yang lama sekali dan tubuhnya ini dapat beradaptasi dengan semua perkembangan serta perubahan terhadap lingkungan selama waktu itu. berikut ini sebabnya kenapa kura kura ini dapat hidup sampai ratusan tahun.

Baca Juga :   Metamorfose Kupu-Kupu dan Penjelasannya, Terlengkap !

Kura kura terkenal menjadi hewan yang lambat sekali dan hampir semua hal. Lantas apa hubungannya ini?
Kura kura bisa bergerak dengan lambat sekali dan tak sama dengan landak yang mempunyai bahan pembentuk duri di bagian tubuh landak. Hal tersebut membuat ia Cuma membutuhkan sedikit energi, tak sama dengan hewan lain yang pergerakannya cepat sekali. Hal tersebut dipercaya akan emmbuat kura kura tidak membutuhkan asupan banyak makanan. Proses dari metabolisme yang terdapat di tubuhnya pun otomatis menjadi lambat.

1. Kura kura mempunyai cangkang yang keras sekali

Cangkang tersebut emmbuat kura kura hampir tak mempunyai musuh alami maupun predator, dan hampir tak ada gigi hewan lain yang dapat menembus kerasnya cangkang kura kura. Jadi pada waktu ada bahaya maupun di lingkungan yang tak nyaman, sejumlah kura kura akan melindungi di dalam cangkangnya keras ini.

2. Berhubungan dengan gaya hidup maupun rutinitas

Kura kura di sepanjang harinya tidak memerlukan makanan yang berlebih. Yaitu hanya makan dedaunan serta didukung oleh alam dengan masih sangat alami bebas terhadap polusi apapun. Daun yang sudah dimakan oleh kura kuran ini juga dengan pilihan khusus yaitu masih kondisi segar. Pada umumnya kura kura ini tak akan memakan daun yang mempunyai kandungan berbahan kimia khusus misalnya pestisida.

3. Metabolisme lambat

Salah satu hipotesisi yang sangat diterima luas oleh sejumlah ilmuan serta masyarakat tentang umur panjang ialah sebab metabolsime mereka ini yang lambat. Metabolisme tersebut umumnya cenderung di semua reaksi kimia yang dialami dalam tubuh. bila kalian ingin mengindentifikasi sedikit lebih tepat. Metabolisme merupakan proses konversi terhadap makanan yang telah dikonsumsi sebagai energi untuk memastikan kita menjadi tetap hidup.

Baca Juga :   10 Contoh Hewan Amfibi Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ironisnya ini, metabolisme yang lambat pun merupakan bagian dari alasan kenapa populas mereka menjadi menurun sekali. Walau demikian, namun tetap ada keuntungannya. Bawha dalam sejumlah kasus kura kura mempunyai metabolisme lambat artinya mereka akan membakar energi di tingkat lambat sekali.

Mereka bisa bertahan guna waktu yang lama sekali tanpa makanan yang telah dicerna serta mengubahkany jadi energi memerlukan waktu yang lumayan lama. Selain tersebut, kura kura secara umum masuk makhluk yang bergerak lambat sekali. Hal ini artinya keperluan energinya dalam beraktivitas pun luamayan rendah.

4. Pertahanan absolut

Dalam melindungi diri terhadap penyerang di alam liar, maka garis pertahanan perta kura kura ini ialah tempurungnya. Bila kura kura telah mencapai usia dewasa, maka tempurng ini menjadi keras sekali dan akan membuat mereka aman terhadap predator.

Tempurung kura kura ini terbuat dari tulang yang lapisannya keratin. Keduanya merupakan bahan keras dan bsisa bertahan dari peluru serta gigitan hewan lain. Selain tersbeut kura kura dominan tinggal pada lokasi yang mana tak banyak predator yang membunuh mereka serta sangat berhati hati di tempat tinggi. Seabb sekuat apapun bila tempurung yang dipunyai ini jatuh dari ketinggian maka bisa hancur.

Jadi, ini adalah sebab yang jelas ya kawan bahwa kura kura tersebut bisa bertahan hidup ratusan tahun. Kebutuhan energi guna aktivitas, makanan sehat alami, lingkungan bebas polusi lalu pelindung cangkang kuat serta terlindung terhadap pemangsa maupun bahaya sebab cangkangnya yang kuat.

Nah, itu tadi pembahasan Benarkah kura kura bisa hidup ratusan tahun? Jadi jawabannya benar ya sobat. Itulah kenapa alasannya kenapa kura kura bisa hidup dengan ratusan tahun. Pastinya bisa menjadi pelajaran kita semua ya sobat. Yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, makanan bergizi bisa membuat menjadi lebih sehat dan umur lebih panjang.

Baca Juga :   Sistem Pernapasan Ubur Ubur : Pengertian, Ciri dan Bagian - Bagiannya Lengkap

Baca juga: