Bau Khas Kecoa – Panyakit dan Cara Mengatasinya Lengkap

3 min read

Bau Khas Kecoa Dan Penjelasannya Terlengkap

Bau Khas Kecoa Dan Penjelasannya – Kecoa merupakan salah satu serangga yang dapat menyebarkan berbagai penyakit. Kecoa atau dapat juga disebut sebagai lipas atau coro termasuk ke dalam kelas insect dari ordo Blattodea yang kurang lebih terdiri dari 3500 spesies dalam 6 famili dan telah tersebar di dunia, kecuali di daerah kutub. Beberapa spesies dari kecoa dapat dikatakan sebagai hama dalam bangunan.

Bau Khas Kecoa Dan Penjelasannya Terlengkap

Serangga yang satu ini termasuk ke dalam salah satu hewan nocturnal disebabkan aktivitas yang dilakukannya lebih sering dilakukan pada malam hari. Sehingga sulit dideteksi oleh manusia dan perkembangannya juga sangat cepat. Apalagi perlu anda ketahui bahwa hewan ini pintar dalam membagi koloni dan berpisah untuk mencari habitat baru. Hampir semua orang ernah menjumpai serangga yang satu ini, baik di dalam rumah, restoran, hotel, rumah sakit, gudang, perpustakaan, kantor, almari yang jarang digunakan, serta tempat lainnya.

Keberadaan kecoa yang ada di sekitar dan dapat dijumpai kapan saja sangat tidak kita inginkan. Apalagi jika dapat menimbulkan rasa takut, dampak gangguan estetika, memberi kesan kotor, dan dapat juga bertindak sebagai penyebaran penyakit.

Perlu anda tahu bahwa kecoa sangat menyukai tempat yang lembab, kotor dan juga gelap. Sehingga tidak heran apabila mereka selalu meninggalkan bau yang sangat apek atau brengus. Berikut ini Bau Khas Kecoa Dan Penjelasannya.

Bau Khas Yang Ditimbulkan Kecoa

Umumnya banyak diantara kalian yang telah mengetahui bau yang dikeluarkan oleh kecoa sangatlah menyengat dan tajam. Bau yang sangat menusuk tersebut disebabkan karena dari awal habitat kecoa adalah tempat yang memang kotor dan bau. Jadi, tidak heran jika serangga ini dapat mengeluarkan bau brengus yang sangat tajam dan menyengat, bahkan seperti tidak dapat dihilangkan.

Baca Juga :   Sistem Pernapasan Pada Hewan Reptil Dan Penjelasannya

Umumnya bau menyengat yang dikeluarkan oleh kecoa merupakan aroma feronom. Aroma feronom ini digunakan oleh serangga tersebut untuk menarik koloni atau kelompok mereka agar mendekat ketika berada di wilayah yang tepat. Sehingga kecoa dan para koloninya pasti sering ditemukan di tempat yang gelap dan kotor karena wilayah tersebut merupakan kesuakaannya untuk mereka tinggali.

Tidak hanya itu, bisanya antena yang dimiliki oleh kecoa yang terletak di atas kepala si kecoa tersebutlah yang berguna untuk menangkap aroma bau prengus tersebut. Oleh karena itu, mereka dapat berkumpul dengan koloninya dalam satu habitat dan melakukan perkembangbiakan di tempat yang kotor, bau, kumuh, dan gelap tersebut. Tempat tersebutlah yang sangat disenangi oleh salah satu serangga penyebar penyakit ini.

Penyakit Yang Disebabkan Kecoa

Selain menimbulkan Bau Khas Kecoa Dan Penjelasannya berikut ini beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh serangga kecoa yang umumnya, banyak kita jumpai ditempat yang kotor dan juga bau.

  1. Tifus atau ryphoid fever merupakan suatu penyakit berupa infeksi bacterial akut yang disebabkan oleh kuman Slmonella typhi. Penyakit ini dapat dihantarkan dari kecoa melalui makanan yang dihinggapinya.
  2. Diare merupakan suatu penyakit yang mana penderintanya mengalami rangsangan buang air besar yang terus-menerus dan tinjanya masih mengandung air berlebihan.
  3. Tuberkulosa atau dapat juga disebut sebagai penyakit TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini umumnya menyerang paru-paru dan dapat ditularkan oleh orang ke orang.
  4. Kolera merupakan salah satu penyakit menular pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae. Penyakit ini dapat disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tidak bersih dan terkontaminasi oleh berbagai macam kuman.
  5. Hepatitis penyakit peradangan hati ini yang disebabkan oleh racun atau toxin.
  6. Asma merupakan penyakit gangguan pernafasan. Sebenarnya kotoran kecoa juga sangat berbahaya bagi penderita penyakit asma.
Baca Juga :   Contoh Bentuk Adaptasi Makhluk Hidup ( Hewan ) Secara Morfologi Terlengkap

Cara Mengatasi Bau Kecoa

Berikut ini beberapa cara atau solusi untuk menghilangkan bau kecoa atau bahkan mengusir kecoa agar tidak datang lagi ke rumah anda.

  1. Bawang putih. Apabila anda ingin memakai bawang putih sebagai penangkal kecoa, caranya yaitu dengan meletakkan bawang putih yang sudah dipotong ditempat kecoa yang biasanya muncul. Hal ini karena bawang putih mengandung anti bakteri, maka pada saat mencium aroma bawang putih tersebut kecoa dan koloninya akan langsung kabur.
  2. Air sabun. Jika anda berniat memakai sabun untuk mengusir kecoa, sebaiknya menggunakan air sabun detergen yang memiliki busa melimpah. Busa tersebut akan cepat membuat kecoa terlentang dan kemudian mati. Seperti halnya bawang putih, sabun ini juga mengandung anti bakteri.
  3. Air panas. Memang cara ini terbilang cukup sadis, akan tetapi anda juga dapat mencobanya dengan cara menuangkan air panas langsung pada kecoa tersebut. Hal ini dilakukan, jika membunuh kecoa secara langsung, maka cairan yang dikeluarkan kecoa tersebut juga mengeluarkan bau yang tidak kalah prengusnya. Sehingga cara ini tergolong ampuh untuk membasmi serangga ini.
  4. Buah mentimun. Ternyata kecoa juga tidak menyukai buah mentimun. Anda dapat memakai cara ini untuk mengusir serangga yang bau tersebut dengan cara menarruh potongan mentimun ditempat anda menyimpan makanan, sehingga kecoa tersebut enggan untuk mendekati makanan tersebut.
  5. Obat pembasmi serangga. Selain memakai bahan-bahan alami yang mudah untuk anda temukan disekitar, anda juga dapat memakai bahan kimia seperti obat pembasmi serangga. Alternative ini dapat anda gunakan apabila keempat alternative alami tersebut tidak mempan untuk mengatasi bau kecoa. Namun, yang perlu anda ketahui dan ingat yaitu gunakan obat oembasmi serangga yang aman untuk lingkungan.
Baca Juga :   Ciri-Ciri Hewan Asiatis Terlengkap Dan Penjelasannya

Nah, itulah pembahasan mengenai Bau Khas Kecoa Dan Penjelasannya. Dengan demikian anda telah mengetahui bahwa bau tersebut berasal dari tubuh kecoa yang habitatnya memang tempat kotor, kumu, lembab dan juga berbau. Sehingga tubuh serangga tersebut juga dapat mengeluarkan bau tidak sedap dan menyengat. Semoga uraian tersebut dapat memberikan informasi dan bermaanfaat untuk kita semua.

Baca juga: