Bagian Bagian dari Pembuluh Darah Kapiler : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

2 min read

Bagian Bagian dari Pembuluh Darah Kapiler : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Bagian Bagian dari Pembuluh Darah Kapiler : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya – Tuhan menciptakan manusia sempurna dengan berbagai organ dengan fungsinya masing masing. Manusia tidak perlu repot memerintahkan tubuhnya tetapi organ memiliki cara kerja otomatis yang diatur oleh otak. Sungguh suatu anugerah luar biasa yang wajib disyukuri. Anda tentu mengetahui di dalam tubuh setiap manusia terdapat darah yang menyebar di setiap bagian tubuh. Darah tersebut diproses sirkulasinya dan kebersihannya oleh bagian tubuh yang disebut pembuluh darah.

Bagian Bagian dari Pembuluh Darah Kapiler

Pembuluh darah memiliki bagian yang berperan dalam sistem sirkulasi tubuh yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah sendiri terdiri dari berbagai jenis dan juga memiliki fungsi masing masing. Salah satunya ialah pembuluh darah kapiler. Apa saja tugas dan penjelasan lengkapnya? Simaklah dalam artikel berikut ini mengenai Bagian Bagian Pembuluh Darah Kapiler Beserta Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya.

A. Pengertian Pembuluh Darah Kapiler

Pembuluh darah kapiler yaitu pembuluh darah yang paling kecil di dalam tubuh sebagai tempat pertukaran air, oksigen, karbondiksida, serta nutrien, dan zat kimia sampah antara darah dan beberapa jaringan di sekitarnya. Dindingnya merupakan lapisan tipis sehingga gas dan mlolekul seperti oksigen, air, protein, dan lemak dapat mengalir melewatinya dengan mudah.

Pembuluh darah kapiler ini akan mengalirkan komponen darah ke seluruh tubuh yang bermula dari pelepasan sisa metabolisme berupa karbondioksida oleh darah dan kemudian darah menyerap oksigen melalui pembuluh darah arteri. Setelah dibawa ke jantung dan dialirkan ke seluruh tubuh, lalu barulah pembuluh darah kapiler tersebut menjalankan tugasnya yaitu menjadi tempat pertukaran zat kimia yang berupa sisa metabolisme menjadi darah bersih yang kaya oksigen.

Baca Juga :   15 Jenis - Jenis Terumbu Karang di Indonesia Terlengkap

Adapaun ciri-ciri umum pembuluh darah kapiler yang berbeda dari pembuluh darah lain meliputi :

  • Ukuran garis tengah 1/100 milimeter
  • Tekanan darah yang ada pada pembuluh darah kapiler sangat kecil
  • Dinding pembuluh darah tipis
  • Jaring-jaring pembuluh ada di seluruh tubuh
  • Saat tubuh aktif maka kulit tampak kemerahan
  • Pembuluh darah yang paling dapat dilihat di retina mata

B. Jenis Pembuluh Darah Kapiler

Pembuluh darah dalam menjalakan tugasnya memiliki jenis atau bagian yang saling dan mempunyai fungsi lebih khusus, jenisnya ialah sebagai berikut :

  • Continue
    Yaitu pembuluh darah kapiler yang memiliki dinding utuh dan terdapat pada sebagian besar jaringan tubuh. Masing masing organ pada tubuh memiliki pembuluh kapiler continue sebagai tempat pertukaran sisa metabolisme yang akan diganti dengan darah baru yang kaya oksigen serta sangat dibutuhkan keberadannya untuk mempercepat proses sehingga memungkinkan pertukaran bisa terjadi lebih lancar dan merata ke semua organ tubuh.
  • Fenestrated
    Yaitu pembuluh darah kapiler yang memiliki pori-pori, terdapat pada organ usus, ginjal, dan juga pankreas. Jenis ini memiliki pori pori sebab turut berperan pada tugas yang dimiliki organ yang ditempatinya, seperti pada usus, pembuluh darah kapiler turut membantu usus dalam menyerap sari sari makanan.
  • Sinusoidal
    Yaitu pembuluh darah kapiler yang bentuknya tidak beraturan. Terdapat pada hati, limfa, ruas tulang belakang, dan kelenjar endokrin. Merupakan pembuluh darah yang bertestur halus dan mudah berubah bentuk dan menjalankan tugasnya dengan leluasa serta menyesuaikan aliran dari sistem organ tempatnya berada.

C. Fungsi Pembuluh Darah Kapiler

Pembuluh darah kapiler diicptakan oleh Tuhan dalam tubuh manusia tentu memiliki tugas yang berperan dalam menjaga kelancaran sirkulasi darah untuk memperlancar fungsi organ dan mempertahankan kesehatan tubuh. fungsi tersebut yaitu :

  • Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida di paru-paru
    Pertukaran oksigen dan karbondioksida di paru-paru terjadi karena pembuluh darah kapiler membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung. Lalu darah yang ada dijantung menuju ke paru-paru sebagai perbedaan pernafasan dada dan perut.
  • Pengaturan suhu tubuh. Fungsi pembuluh darah kapiler sebagai pengatur suhu tubuh karena pembuluh darah ini berada di dalam lapisan kulit. Lapisan kulit yang terdapat di pembuluh darah kapiler ialah lapisan malpighi. Lapisan malpighi memiliki fungsi melindungi kulit dari sinar matahari berlebihan dan mengatur suhu tubuh.
    Hal ini karena pembuluh kapiler darah yang ada di lapisan kulit memiliki saluran pembuluh darah kapiler ke kelenjar keringat dan ke akar rambut. Kita semua mengetahui bahwa kelenjar keringat atau kelenjar kulit memiliki fungsi kelenjar minyak pada kulit dan sebagai tempat dimana keringat dapat diproduksi. Tanda keringat keluar pada tubuh sendiri bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang beradaptasi dengan lingkungan agar dapat mengatur suhu tubuh yang sesuai.
  • Penyerap sari makanan di usus. Pembuluh darah kapiler juga dapat menyerap sari-sari makanan karena pembuluh darah kapiler terdapat pada vili usus. Vili adalah bagian bagian-bagian usus halus yang memiliki fungsi usus halus berbentuk lipatan dan lekukan yang disebut jonjot-jonjot usus. Fungsi vili adalah memperluas ileum. Pengangkutan sari-sari makanan ini oleh pembuluh darah kapiler dilakukan untuk disebarkan ke seluruh tubuh dan ke organ-organ tubuh tertentu.
  • Penanda kesehatan seseorang. Ketika seseorang pada kondisi normal, pembuluh darah kapiler pada kondisi ini akan menunjukkan pembuluh darah kapiler yang tidak tampak tersumbat atau lebih besar dari biasanya.
  • Pengatur tekanan cairan limfa. Pembuluh limfa yang terdapat pada nodus limfa, tentunya diiringi dengan kehadiran pembuluh darah kapiler yang terdapat di dalamnya. Keberadaan pembuluh darah kapiler ini dapat membantu cairan yang keluar maupun masuk ke dalam membran kapiler
Baca Juga :   10 Perbedaan Pencernaan Kimiawi dan Mekanis pada Manusia

Itulah pembahasan tentang Bagian Bagian dari Pembuluh Darah Kapiler : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya. Semoga bermangfaat.

Baca juga:

Istilah Imbibisi Dan Penjelasannya Lengkap

6 Perbedaan Metagenesis Pada Tumbuhan Paku dan Lumut Paling Mudah Diketahui