Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar

3 min read

Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar

Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar – Semua makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, tidak terkecuali dengan tumbuhan. Seperti halnya manusia yang makan sebanyak 3 kali dalam sehari ataupun hewan yang berburu makanan. Tumbuhan juga membutuhkan makanan sebagai energy dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam hal ini beberapa bagian dari tubuh tumbuhan akan memiliki fungsi dan perannya masing-masing, mulai dari akar, daun, dan juga batang. Akar menjadi bagian dari tumbuhan yang biasanya berada didalam tanah dan menjadi bagian pokok disamping batang dan juga daun.

Meskipun kita seringkali menjumpai akar tumbuhan yang tertanam di dalam tanah, akan tetapi tidak jarang kita menemukan akar yang menggelantung dan mencuat dari dalam tanah. Penjelasan lebih jauh tentang Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar akan dijelaskan di bawah ini terutama mengenai peran akar yang tidak kalah penting.

Bentuk Akar, Jenis Dan Fungsinya

Akar mempunyai bentuk yang tidak berbuku-buku, akan tetapi juga tidak beruas. Umumnya akar berwana kecoklatan, kekuningan, dan keputih-putihan. Dalam pertumbuhannya akar akan mengalami pemanjangan pada ujung akar yang memungkinkan akar dapat menjangkau ke daerah-daerah yang banyak mengandung resapan air.

Baca Juga :   Definisi Fotosintesis ( Fungsi, Proses, Reaksi Dan Faktor )

Ujung akar berbentuk meruncing yang memudahkannya untuk menembus tanah. Dimana pada ujung akar tersebut terdapat sel-sel hidup yang sering disebut dengan tudung akar atau kaliptra. Tudung akar ini berfungsi untuk membantu memudahkan menembus tanah. Meskipun jenis tumbuhan berbeda dikotil dan monokotil, akan tetapi fungsi akar tetaplah sama untuk semua jenis tumbuhan apapun.

Fungsi akar sangatlah berperan penting, dimana akar ini menjadi bagian pokok yang harus ada dalam setiap tumbuhan. Berikut fungsi akar yang perlu kita ketahui.

1. Sebagai penompang tumbuh tegaknya tanaman

Akar berfungi sebagai penopang tubuh dari tanaman. Dengan adanya akar tubuh tanaman akan lebih kuat tertanam didalam tanah, meskipun tertiup angin ataupun hujan sekalipun.

2. Sebagai penyerapan air dan hara

Fungsi lainnya akar berperan dalam menyerap air dan juga hara dari dalam tanah. Nutrisi dalam tanah ini akan diserap melalui akar dan disalurkan ke tubuh tanaman.

3. Sebagai penyimpan cadangan tanaman

Akar juga berfungsi dalam menyimpan cadangan makanan dan air. Tanaman yang menyimpan cadangan makanan pada akar meliputi, ubi jalar, wortel, dan bengkuang.

4. Sebagai respirasi

Selain sebagai tempat menyimpan cadangan makanan akaar juga berfungsi sebagai alat respirasi. Akar tanaman yang menggantung atau berada di batang pohon dan di atas tanah seperti pohon beringin dan tanaman bakau berperan dalam proses respirasi.

5. Untuk fotosintesis

Selain daun, ternyata akar juga memiliki klorofil yang berfungsi dalam proses fotosintesis. Contohnya anggrek epifit, dan pohon bakau.

6. Untuk reproduksi

Beberapa tanaman menggunakan akar untuuk bereproduksi. Ini dapat kita lihat pada tumbuhan paku, dimana tumbuhan jenis ini mampu tumbuh dengan memperbanyak tunas akar.

Baca Juga :   Akar Tumbuhan : Jenis-jenis dan Fungsinya Terlengkap

Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar

Tidak lepas dari fungsi akar dan bentuknya, Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar ini masih tetap membutuhkan peran dari bagian tumbuhan yang satu ini. Akar yang berada di dalam tanah ataupun di atas tanah berfungsi untuk menyerap nutrisi dan unsur hara serta air. Nutrisi yang terdapat pada tanah akan ditarik melalui akar dan menyimpannya sebagai bahan bakar. Suatu kekuatan khusus yang dimiliki tumbuhan, menyebabkan air dapat naik kebatang tumbuhan melewati jaringan yang disebut dengan xylem. Dengan berbagai mekanisme penyerapan nutrisi sebagai bahan bakar tumbuhan seperti berikut:

1. Osmosis

Osmosis merupakan suatu perpindahan air yang menggunakan perbedaan konsentrasi nutrisi antara tanah dan juga akar untuk memindahkan nutrisi ke dalam tumbuhan. Mineral dan nutrisi berada dipusat akar yang menjadi daerah silinder vaskuler (konsentrasi yang lebih tinggi) dibandingkan berada diluar akar (konsentrasi yang lebih rendah). Nutrisi dan air tersebut akan bergerak ke pusat akar menuju ke xylem. Dimana xylem merupakan saluran yang berfungsi mengirimkan nutrisi dan air hingga ke akar dan batang.

2. Kapiler (adhesi)

Setelah nutrisi dan air berada didalam xylem, maka adhesi dan kohesi akan melanjutkan gerak air melalui tumbuhan. Adhesi akan terjadi ketika molekul air melekat pada jaringan xylem. Kemudian adhesi akan memberikan kekuatan untuk menarik air hingga kesisi tabung dalam xylem.

3. Kohesi tegangan

Sementara kohesi terjadi ketika molekul air menempel satu salam lain. Kohesi inilah yang menyebabkan air dalam tabung akar dan batang menjadi satu kolom panjang cairan dan nutrisi. Pada saat air menguap dari tumbuhan ke atmosfir, maka kolom air akan terus bergerak naik untuk mengisi tempat yang kosong setelah ditinggalkan ketika penguapan.

Baca Juga :   Sistem Hormon Pada Pisces

Kekuatan air yang menguap dari daun disebut aliran massal yang disebabkan oleh energy matahari. Nah, pada saat matahari mengenai daun dan memanaskan air didalamnya, maka tidak hanya akan terjadi transpirasi, namun juga menyebabkan untuk terjadinya fotosintesis.

4. Fotosintesis

Fotosintesis ini merupakan proses biokimia energy dari pemisahan molekul air oleh matahari dalam tumbuhan dan menggabungkan dengan molekul karbondioksida sehingga terjadi reaksi hidrolisis. Dari sini tumbuhan akan menciptakan molejul glukosa dan dapat mengkonsumsi oksigen dan bahan bakar yang dapat digunakan hewan di dalam tubuh mereka.

Energy yang berasal dari matahari akan berubah menjadi energy dalam tumbuhan. Kemudian, energy yang ada pada tumbuhan akan dipindahkan ke hewan ataupun manusia yang memakannya. Hal tersebut berlangsung secara terus menerus.

Jadi, proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan merupakann suatu proses yang penting. Dimana menjadi dasar dari semua rantai makanan. Tanpa tumbuhan yang menjalani proses fotosintesis maka hewan tidak akan dapat memanfaatkan energy dan oksigen untuk bernafas. Itulah, ulasan Bagaimana Tumbuhan Menyerap Nutrisi Untuk Bahan Bakar. Dengan demikian kita mengetahui bahwa tumbuhan dan hewan saling bekerja sama salaing menyediakan karbohidrat dan oksigen.

Baca juga:

8 Fungsi Daun Telinga pada Manusia

Apa Itu Homestatis? Tentang Kestabilan Tubuh