Apa Saja Jaringan Pada Lambung

3 min read

Apa Saja Jaringan Pada Lambung

Apa Saja Jaringan Pada Lambung – Mukosa lambung dapat disebut sebagai lapisan selaput lendir lambung yang di dalamnya berisi lubang lambung dan kelenjar. Pada manusia jaringan ini memiliki ketebalan sekitar 1 mm dengan permukaan yang lembut dan halus. Dimana terdiri dari epitel kolumnar sederhana, lamina propria, serta mukosa muskularis. Jaringan lambung tersebut dinamakan sebagaijaringann gastrik yang membentuk organ lambung. Dimana pada organ ini terdapat banyak lapisan jaringan dan kelenjar, dimana hal ini menjadi bagian terpenting dari pencernaan yang memounyai tugas sebagai penyedia bahan bakar. Bahan bakar tersebut bertugas untuk memfungsikan seluruh tubuh.

Apa Saja Jaringan Pada Lambung?

Mungkin pertanyaan tersebut pernah ditanyaakan oleh seseorang. Untuk menjawabnya, berikut ini ulasannya.

  • Lapisan pertama jaringan lambung apabila diklasifikasikan dari dalam ke luar adalah jaringan epitel. Sel-sel pada jaringan epitel yang erat dikemas dan membentuk lembaran berlapis.lapisan jaringan tersebut membantu untuk menjaga semua organ yang terpisah dan yang ada pada tempatnya. Jaringan epitel ini juga berperan untuk melindungi organ. Jaringan epitel ternyata tidak hanya terdapat di dalam lambung, namun juga dapat ditemukan di sekitar organ-organ tubuh, pada lapisan luar kulit, dan pada bagian dalam mulut.
    Kelenjar lambung dapat terbentuk pada lubang yang berada paling dalam dari lapisan epitel jaringan lambung. Kelenjar ini diberikan nama yang berbeda-beda tergantung dimana mereka berasal. Seperti misalnya kelenjaar jantung yang terletak pada kardia antara kerongkongan dan tubuh lambung. Kelenjar pylorus yang terletak pada bagian pylorus lambung tepatnya dibawah tubuh lambung. Ataupun kelenjar fundic yang terletak pada fundus di bagian atas lambung.
  • Kemudian jaringan yang ada di luaar jaringan epitel adalah lamina propria. Jaringan ini merupakan jaringan tipis yang termasuk dalam jaringan ikat longgar dengan kandungan lapisan lembab pada bagian membrane mukosa. Bersamaan dengan jaringan epitel, lamina propria membuat mukosa yang bertugas mengeluarkan asam lambung untuk membatu pencernaan. Selain itu, juga berperan dalam menyerap nutrisi dari lambung.
  • Kemudian jaringan berikutnya yakni dinamakan dengan submukosa. Dinaman demikian akrena jaringan ini terletak di luar mukosa dan terbuat dari jaringanikat fibrosa, termasuk didalamnya dalah serat elastis dan kolagen. Sebagian besar pembentuk jaringan ikat fibrosa dalah protein dan air, dimana tendon dan ligament juga terbuat dari jaringan fibrosa. Tujuan dari jaringan ini yaitu untk memisahkan mukosa dari lapisan otot polos dinding lambung.
  • Setelah tedapat lapisan jaringan otot yang biasa dikenal dengan otot eksterna yakni akan muncul lapisan bernama serosa. Lapisan ini merupakan lapisan terakhir dari dinding lambung yang terdiri dari jaringan ikat. Lapisan ini berperan dalam menghubungkan ke membrane serosa dan lapisan yang melindungi sebagian besar organ di dalam perut.
Baca Juga :   6 Bagian Saluran Pencernaan Manusia dan Prosesnya Lengkap

Kinerja Jaringan Lambung Dapat Diperoleh

Berbicara mengenai Apa Saja Jaringan Pada Lambung, maka tidak terlepas pula dengan bagaimana cara yang perlu dilakukan untuk memeriksa jaringan lambung tersebut. Cara kultur jaringan lambung dan biopsy merupakan cara yang digunakan untuk memeriksa jaringan lambung pada manusia. Bisanya tes ini dapat dilakukan untuk menentukan tukak lambung atau gajala perut lainnya. Biopsy sendiri adalah istilah yang digunakan untuk pemeriksaan jaringan lambung yang diambil dari perut. Sementara untuk kultur jaringan lambung yakni jaringan akan di tempatkan pada piring khusus untuk melihat apakah organisme atau bakteri lain ada yang tumbuh.

Sampel jaringan dari perut akan diperoleh selama proses pemeriksaan endoskopi. Dalam proses ini tabung berukuran panjang dan fleksibel dilengkapi dengan kamera kecil (endoskop) akan dimasukkan ke dalam tenggorokan dan kerongkongan menuju perut anda dan usus halus bagian atas. Dengan endoskop tersebut kemudian dokter akan melihat perut apakah mengelami penyimpangan dan selanjutnya mengambil sampel jaringan untuk biopsy dan biakan. Sampel tersebut selanjutnya akan dianalisis.

Jenis bakteri yang kemungkinan dapat menginfeksi perut manusia adalah H. Pylori (Helicobacteri pylori). Risiko terkena oleh bakteri ini lebih besar dialami oleh mereka yang hidup dalam kondisi tidak sehat dan lingkungan yang padat. Dengan memunculkan beberapa gejala yakni mual, muntah, bersendawa, kembung, penurunan berat badan, dan sakit perut.

Sementara cara mengobati dapat dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotic dan obat penekan asam. Atau dapat melakukan tes tindak lanjut untuk melihat aapakah peraawatannya berhasil. Setelah melakukan proses endoskopi anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan hingga reflex muntah kembali. Mungkin tenggorokan akan merasa sedikit sakit dan perut terasa kembung karena udara di endoskop. Akan tetapi, elfek samping ini akan segera menghilang.

Baca Juga :   Folikel Rambut Pada Kulit : Struktur, Pertumbuhan, Fungsi, dan Cara Menjaganya Terlengkap

Proses Kerja Biopsy Dan Kultur Jaringan Lambung Di Laboratorium

Sampel jaringan biopsy yang telah diambil dari perut akan dikirim ke labortorium tempat mereka akan diproses dan dibiakkan. Dalam hal ini jaringan yang diproses akan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat tanda-tanda kerusakan atau penyakit. Hal tersebut menjadi satu-satunya cara untuk mengkonfirmasi penyakit kanker. Sementara untuk biakan, sampel biopsy dari perut akan ditempatkan pada piringan khusus. Kemudian jaringan akan terus dimonitor untuk melihat apakah ada bakteri, virus, jamur atau organisme lain ada yang tumbuh. Setelah dilakukan biopsy, specimen dan tes kultur yang berlangsung di laboratorium tdak akan membawa risiko.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai Apa Saja Jaringan Pada Lambung yang perlu anda ketahui. Dengan demikian melakukan olah raga rutin, pola makan yang teratur serta mengkonsumsi makanan seimbang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut. Sehingga jaringan lambung pada perut akan baik-baik saja dan dapat melaksanakan perann dan fungsinya masing-masing untuk memfungsikan seluruh tubuh.

Baca juga:

Nama Organ Dalam Perut Dan Fungsinya

Reaksi Biologi Pada Tubuh Saat Anda Makan Makanan Berformalin