Apa Fungsi Rambut Pada Manusia

3 min read

Apa Fungsi Rambut Pada Manusia

Apa Fungsi Rambut Pada Manusia – Rambut merupakan bagian organ tubuh manusia yang mempunyai bentuk seperti helaian benang yang tumbuh di atas kulit dan mengandung banyak keratin. Dimana helaian rambut ini tumbuh dari lapisan epidermis atau dapat disebut sebagai lapisan terluar kulit. Meskipun hanya berbentuk helaian yang tipis, namun rambut mempunyai fungsi yang sangat besar bagi bagian tubuh manusia atau hewan. Bahkan selain berfungsi sebagai pelindung kepala, sengatan sinar matahari, dan lainnya tetapi rambut adalah “perhiasan” berharga yang dimiliki manusia khususnya rambut di kepala.

Sejak zaman dahulu manusia telah mengenal rambut yang dijuluki sebagai “mahkota” bagi wanita. Akan tetapi seiring majunya zaman seperti sekarang ini, rambut tidak hanya berharga bagi wanita namun juga pria. Rambut yang paling menonjol terdapat pada kepala, dimana pada setiap harinya terlihat dan berfungsi sebagai pelindung kepala dari sengatan sinar matahari. Namun, jika diperhatikan sebenarnya seluruh tubuh manusia terdapat rambut yaitu rambut di seluruh badan dan bagian tertentu seperti ketiak, kemaluan, alis, mata, dan di dalam hidung, serta di dalam telinga. Namun terlepas dari letak rambut tersebut, semuanya tumbuh dari lapisan kulit dermis dan terbentuk dari sel-sel yang terletak ditepi kandung akar. Untuk lebih jelasnya mengenai rambut di bawah ini ulasan Apa Fungsi Rambut Pada Manusia dan yang berkaitan dengannya.

Baca Juga :   10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia Beserta Fungsinya Lengkap

Fungsi Rambut Yang Terdapat Pada Manusia

Raambut yang ada pada tubuh manusia mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting. Dibawah ini fungsi rambut berdasarkan letak dan tempat tumbuhnya.

1. Kulit Kepala

Rambut yang tumbuh pada kulit kepala mempunyai fungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan sinar matahari dan hawa dingin. Rambut yang terdapat pada kepala berjumlah tidak lebih dari 100.000 helai dan setiap helainya hanya mampu tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Namun, rambut dalam setiap harinya akan mengalami kerontokan 50-100 helai dan akan tumbuh rambut yang baru.

2. Pada Mata

Pada bagian mata terdapat rambut halus yang disebut dengan bulu mata dan alis. Alis dan bulu mata ini mempunyai fungsi sengat penting yaitu untuk menahan keringat dan air hujan ketika mengenai dahi agar tidak langsung turun ke mata. Selain berfungsi sebagai pelindung mata, alis dan bulu mata mempunyai peran untuk memperdalam karakter wajah dari setiap orang. Sehingga setiap orang memiliki karakter wajah yang berbeda-beda.

3. Hidung

Tidak hanya terdapat pada kepala dan juga mata, rambut juga terdapat pada lubang hidung. Rambut ini mempunyai fungsi untuk menghambat kotoran, seperti debu, bakteri, dan jamur ataupun spora yang masuk kedalam hidung. Sehingga semua debu tersebut dapat tersaring dan tidak langsung masuk ke dalam lubang hidung. Selain itu, rambut pada lubang hidung berfungsi untuk memberikan kelembaban udara yang dihirup. Hal ini berperan dalam proses respiraasi lanjutan.

4. Kumis, Janggut, Bulu Dada, Dan Perut

Apa Fungsi Rambut Pada Manusia berikutnya adalah rambut yang tumbuh pada bagian janggut dan atas mulut pada pria, yakni dinamakan dengan kumis dan jenggot. Rambut yang tumbuh pada bagian ini memiliki fungsi sebagai tanda kelamin sekunder bagi laku-laki yang sudah dewasa. Tidak hanya pada bagian janggut, rambut juga tumbuh pada bagian dada dan perut. Dimana pada bagian ini rambut juga berfungsi sebagai penandan kelamin sekunder bagi laki-laki yang sidah beranjak dewasa. Dengan kata lain rambut tersebut digunakan sebagai pembeda antara pria dan wanita.

Baca Juga :   Tekanan Darah - Pengertian, Rumus Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

5. Pada Ketiak

Seperti halnya rambut yang tumbuh pada bagian tubuh lainnya, rambut ketiak biasanya akan mulai tumbuh pada masa awal pubertas dan pertumbuhannya akan berakhir pada aakhir usia 18 hingga 20 tahun.

6. Pada Tangan Dan Kaki

Sementara rambut yang tumbuh pada bagian tangan dan juga kaki akan berfungsi sebagai alat sensor yang paling mujarab. Sebagai contoh, ketika kita berjalan di tengah semak belukar maka kita akan merasa gatal. Selain itu, pada saat terkena bulu ulat, maka kulit akan terasa merah dan gatal-gatal. Ini contoh sederhana dari rangsangan yang dihasilkan dari rambut tangan dan juga kaki.

7. Pada Kemaluan

Selain rambut dapat tumbuh pada bagian tangan dan kaki serta bagian tubuh yang terlihat. Pada kemaluan pria ataupun wanita tentu saja tumbuh rambut halus yang berfungsi sebagai ciri-ciri kematangan seksual, memberikan kehangatan, pengumpulan dari pengeluaran feromon, dan tentu saja ini hal yang wajar. Selain itu, rambut pada bagian ini juga dapat berfungsi untuk mengurangi gesekan luar ketika berhubungan seksual, berfungsi juga untuk melindungi kemaluan dan wilayah yang sensitive.

Struktur Rambut

Dari semua rambut yang tumbuh pada bagian tertentu tersebut di atas, pada dasarnya susunan rambut atau strukturnya sama. Dimana bagian-bagian atau struktur rambut tersebut terdiri dari akar rambut, dan lapisan batang rambut.

  1. Lapisan akar rambut merupakan bagian rambut yang tertanam di dalam kulit terdiri dari:
    • Bulp merupakan pagian pangkal rambut yang membesar membentuk bola berfungsi untuk melindungi papil rambut.
    • Papil rambut adalah bagian yang dilindungi oleh bulp dan terletak pada bagian bawah folicel rambut.
    • Follicle rambut merupakan kantong rambut tempat tumbuhnya helaian rambut.
    • Otot penegak merupakan otot yang berfungsi rambut halus berdiri ketika ada suatu rangsangan dari luar ataupun dari dalam tubuh kita.
    • Matrix dapat diartikan sebagai umbi atau lembaga rambut dimana menjadi bagian yang lebih subur.
  2. Batang rambut merupakan bagian rambut yang terlihat di atas permukaan kulit yang terdiri dari 3 bagian, yaitu cuticula (selaput kulit ari), cortex (kulit ari rambut), dan medulla (sum-sum rambut).
Baca Juga :   8 Sistem Muskuloskeletal Manusia - Pengertian, Bagina dan Fungsinya Lengkap

Nah, itulah ulasan menganai Apa Fungsi Rambut Pada Manusia yang pperlu untuk anda ketahui. Sehingga dari ulasan tersebut kita tahu bahwa rambut mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menjaga bagian tubuh dari berbagai macam ancaman dari luar.

Baca juga:

Cara Kerja Telinga Seperti Berikut Mekanismenya

Apa Itu Tekanan Osmosis?