Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya Lengkap

3 min read

Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya Lengkap

Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya – Bintang laut merupakan salah satu jenis hewan laut yang tergolong dalam kategori hewan invetebrata yang artinya tidak memiliki tulang belakang dan hewan ini termasuk ke dalam hewan filum enchinodermata. Seperti halnya hewan vertebrata, bintang laut ini juga mempunyai ciri-ciri makhluk hidup yang sama persis, yaitu bernafas. Oksigen merupakan salah satu kebutuhan utama bagi hewan ataupun makhluk hidup lainnya yang dihasilkan dari fotosintesis tumbuhan. Namun, dalam system pernafasannya antara hewan invetebrata dan hewan vertebrata tentu saja berbeda. Perbedaan yang paling menonjol yaitu terletak pada alat pernafasan yang digunakan.

Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya Lengkap

Hewan invetebrata masih memiliki system pernafasan yang masih sangat sederhana apabila dibandingkan dengan system pernafasan hewan vertebrata. Pernafasan bintang laut yang tergolong dalam hewan invetebrata masih tersusun dari alat-alat yang sederhana. Apabila dalam bernafas manusia menggunakan alat-alat pernafasan seperti organ paru-paru, lain halnya dengan hewan laut. Pada umumnya bintang laut atau hewan invetebrata melakukaan pernafasan langsung melalui proses difusi pada permukaan tubuhnya.

Bintang laut yang termasuk ke dalam jenis hewan invetebrata mempunyai tubuh yang terdiri dari bagian oral (mempunyai mulut) dan aboral (tidak memiliki mulut) serta banyak dijumpai di pantai. Selain itu terdapat ciri lainnya yaitu mulut hewan ini terdapat dibagian bawah tubuhnya yang disebut permukaan oral. Sedangkan pada permukaan aboral selain terdapat anus terdapat pula medropit. Medropit merupakan sejenis lubang yang memiliki saringan dalam menghubungkan air laut dengan system pembuluh air dan juga lubang kelamin.

Baca Juga :   20 Contoh Hewan Vivipar dan Penjelasannya Lengkap

Hewan invetebrata yang berada pada kelas yang paling tinggi seperti Arthropoda dan Molusca telah memiliki system pernapasan walaupun masih cukup sederhana. Selain itu, hewan-hewan seperti insect bernafas dengan menggunakan system trakea, laba-laba dengan memakai paru-paru buku, sedangkan hewan yang hidup di air seperti udang dan crustacean lainnya bernafas dengan memakai insang seperti halnya ikan, namun mempunyai struktur yang berbeda. Berikut ini pembahasan mengenai Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya.

Keunikan Tubuh Yang Dimiliki Bintang Laut

Bintang laut dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan starfish (ikan bintang) yang jauh berbeda bahkan tidak berhubungan dengan ikan. Bintang laut adalah hewan simetri radial yang pada umumnya mempunyai lima lengan atau bahkan lebih. Hewan ini tidak mempunyai rangka yang mampu membantu ia untuk bergerak. Rangka bintang laut berfungsi sebagai perlindungan. Sedangkan pergerakkannya menggunakan system vascular air dan bergantung pada kaki tabungnya yang terletak dibagian ventral lengan bintang ular. Bagian tersebut berfungsi untuk pergerakan dan juga untuk membantunya makan. Untuk kebanyakan spesies bintang laut bergerak bebas menggunakan kaki tabungnya, dan merayap sepanjang dasar laut dalam kecepatan yang cukup rendah.

Beberapa dari bintang laut sebenarnya mempunyai ciri-ciri khusus yang membuatnya unik dan berbeda dengan yang lainnya dan tentu saja menjadi ciri khas dari binatang tersebut, diantaranya sebagai berikut:

• Memiliki kemampuan bergenerasi di bagian lengannya

Seperti bintang pada umumnya bentuk dari bintang laut mempunyai 5 lengan seperti halnya bintang yang ada di langit. Bintang laut ini memiliki persamaan dengan hewan kadal yang sering kita lihat didaratan dan dapat meregenerasi ekornya apabila putus. Sedangkan bintang laut akan meregenarikan lengannya apabila salah satunya putus atau hilang dan akan tumbuh kembali seperti semula dalam beberapa bulan.
Berbeda seperti halnya hewan lain, bintang laut ini tidak mempunyai otak dan juga tidak mempunyai system syaraf pusat. Melainkan hanya mempunyai syarap yang berada dibawah kulitnya.

Baca Juga :   10 Contoh Hewan Aves Dan Ciri-Cirinya Terlengkap

• Tidak mempunyai otak dan system peredaran darah

Selain itu, bintang laut juga tidak memiliki darah, namun sebagai gantinya hewan ini memiliki system vascular air (water vascular system) yang dapat berkembang dengan baik. Seperti halnya penjelasan di atas, beberapa hal menarik lainnya yang dimiliki bintang laut yaitu ketika hewan ini bergerak, disebabkan karena bintang laut mempunyai ratusan kaki tabung yang terdapat dibawah tubuh mereka. Kaki tabung tersebutlah yang menempel ke dasar laut untuk memudahkannya bergerak seperti gelombang, dengan cara satu bagian dari kaki tabung tersebut melepaskan diri dan sebagiannya lagi menempel di dasar laut untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka.

Alat Pernafasan Bintang Laut

Pada umumnya permukaan bintang laut memiliki duri, baik itu duri pendek, tumpul, atau runcing dan panjang. Duri tersebut berpangkal pada satu lempeng kalsium karbonat yang disebut dengan testa. Makanan dari hewan ini adalah koral dan kerang-kerangan. Adapun Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya yaitu alat pernafasan hewan tersebut tersusun atas alat-alat pernapasan yang sangat sederhana. Alat pernapsan pada bintang laut adalah system ambulakral, dan dapat juga digunakan dalam melakukan pergerakkan yang memungkinkan air masuk melalui lubang pada kulitnya yang disebut sebagai medropit kedalam pembuluh batu.

Setelah itu menyalurkannya menuju saluran cincin yang bercabang pada kelima lengannya yang dapat disebut dengan saluran radial hingga kedalam saluran ratelar. Kemudian terdapat deretan-deretan kaki tabung pada setiap cabang tangan yang bergelembung dapat disebut dengan nama ampula. Ampula ini akan menjadi akhir perjalanan air dari luar tubuh hewan bintang laut yang berlengan ini.

Mengenai system reproduksi bintang laut, hewan ini mengalami pembuahan yang berlangsung di luar tubuh atau telur yang dibuahi kemudian terbelah dengan cepat yang dapat menciptakan blastula yang dapat berkembang menjadi grastula. Grastula kemudian berubah menjadi larva yang dapat berenang bebas di dalam air hingga mendapatkan lokasi yang pas untuk bermetamorfosis sampai dewasa.

Baca Juga :   Alat Pernapasan Siput Terlengkap

Nah, itulah uraian mengenai Alat Pernapasan Bintang Laut Dan Penjelasannya. Dengan demikian kita dapat mengetahui bahwa bintang laut juga dapat bernafas dengan system ambulakral. Semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.

Baca juga: