9 Contoh Simbiosis Predasi dan Kompetisi beserta Penjelasannya

2 min read

9 Contoh Simbiosis Predasi dan Kompetisi beserta Penjelasannya

9 Contoh Simbiosis Predasi dan Kompetisi beserta Penjelasannya – Dalam rantai makanan makhluk hidup ada beberapa tingkatan di dalamnya. Predasi adalah pola interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dalam suatu ekosistem dengan cara dijadikan sebagai mangsanya. Berikut ini ada 9 contoh simbiosis predasi dan kompetesi beserta Penjelasannya diantaranya yaitu :

1. Singa dengan Kijang

Dalam memangsa mangsanya, biasanya singa akan berburu secara berkelompok, akan tetapi beberapa diantaranya akan berburu sendirian. Singa yang berburu secara berkelompok ataupun sendirian memiliki segi positif dan juga negatif. Singa yang berburu secara berkelompok, maka satu ekor kijang tersebut mau tidak mau harus dibagi dengan singa yang ikut berburu lainnya dan apabila masih tersisa, biasanya mereka membawanya untuk anak anaknya. Sedangkan bagi mereka yang berburu sendirian tentu akan mendapatkan asupan makanan lebih banyak.

2. Harimau dengan Rusa

Hubungan yang terjadi diantara harimau dengan rusa dapat dikatakan sebagai contoh simbiosis predasi. Dalam suatu ekosistem alam liar harimau yang berperan sebagai predator akan memburu rusa sebagai makanannya untuk mencukupi kebutuhan atau untuk bertahan hidup. Kondisi harimau tersebut merupakan konsumen tingkat pertama yang akan memburu rusa, akan tetapi harimau juga akan berlomba dengan singa ketika memburu seekor rusa yang melintas di dekat mereka.

Baca Juga :   9 Contoh Simbiosis Antibiosis Terlengkap Beserta Penjelasannya

3. Ular dengan Tikus

Tikus merupakan hewan dan juga hama bagi para petani sawah ataupun petani lainnya. Hal ini dikarenakan tikus tersebut merusak tanaman mereka bahkan mencuri hasil panen para petani tersebut. Untuk meminimalisir kerugian yang akan ditanggung, para petani tersebut menggunakan ular untuk memangsa para tikus.
Dengan adanya ular yang berada disekitar lahan pertanian tersebut tentu akan mengurangi tikus tikus yang berkeliaran disekitar lahan pertanian dan tentunya akan memberikan keuntungan bagi para petani.

4. Kucing dengan Tikus

Kucing diibaratkan harimau kecil yang dapat dipelihara karena tidak sulit untuk mendapatkan makanannya, selain itu dalam tingkat organisasi makhluk hidup ternyata kucing masih satu famili dengan harimau, yaitu sama sama famili Felidae.

Kucing biasa memiliki kemampuan pendengaran yang baik, matanya sangat awas apabila ada seekor mangsa yang melintas dan memiliki cakar yang tajam yang siap untuk menerka mangsanya. Mereka akan berburu ketika merasa lapar atau memang ada tikus yang ada disekitar tempat mereka. Beberapa kucing terkadang memangsa tikus tidak langsung dimakan, akan tetapi digunakan untuk bermain terlebih dahulu.

5. Elang dengan Tikus

Elang yang berada di alam bebas selain memburu ular liar, mereka juga memburu tikus liar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Elang yang mempunyai mata yang sangat tajam. Sehingga, itu akan sangat memudahkan Elang dalam berburu dan mengetahui saat ada pergerakan dari seekor tikus yang berkeliaran di sabana yang luas. Karena apabila elang mengandalkan ular saja untuk mencukupi kebutuhannya, maka ular akan punah. Selain itu, dalam hal proses reproduksi, ular memiliki proses reproduksi yang terbilang lebih lama jika dibandingkan tikus yang sangat cepat proses reproduksi dan regenerasinya.

Baca Juga :   12 Contoh Hewan Arachnida Terlengkap

6. Burung Hantu dengan Tikus

Tikus yang merupakan konsumen tingkat pertama setelah memakan padi ini nantinya akan menjadi buruan bagi beberapa konsumen yang tingkatnya lebih tinggi darinya. Contohnya disini adalah burung hantu. Burung hantu yang berperan sebagai predator bersama dengan ular, kucing dan elang ini, tentu akan berlomba lomba untuk mendapatkan makanannya.

7. Bunglon dengan Belalang

Belalang adalah salah satu serangga yang bertindak sebagai konsumen tingkat pertama sekaligus produsen bagi konsumen tingkat kedua. Dalam pola interaksinya dengan bunglon, belalang akan dijadikan sebagai mangsa atau produsen. Pada dasarnya makan Bunglon adalah bermaca-macam, tapi disini Bunglon akan memburu belalang, karena belalang sebagai makanannya. Bunglon juga akan berlomba lomba dengan hewan lain yang juga memburu belalang sebagai makanan utamanya.

Tetapi, apabila belalang yang hidup di alam bebas tersebut banyak diburu oleh predator lain, maka beberapa predator akan mengalami kesulitan dalam mencari alternatif makanan lainnya. Dengan demikian, mau tidak mau mereka harus mencari sumber makanan baru.

8. Musang dengan Ayam

Musang adalah hewan yang saat ini keberadaannya cukup jarang ditemukan dilingkungan sekitar kita. Hewan tersebut merupakan keluarga karnivora yang sering bergerak di malam hari serta mendapat julukan sebagai hewan pemanjat yang baik. Mangsa utama mereka adalah ayam, yang akan mereka buru ketika malam hari.

Mereka memburu buruan mereka ketika malam hari karena memudahkan mereka untuk bergerak tanpa diketahui oleh mangsanya, selain itu warna tubuhnya yang gelap tersebut tentunya dapat memanipulasi mangsanya.
Oleh karena itu, saat ini para peternak ayam akan membuat penjagaan yang lebih ketat, hal ini ditujukan agar musang-musang tersebut tidak masuk ke dalam kandang. Hal ini terkadang membuat musang menjadi susah dalam mendapatkan makanannya.

Baca Juga :   6 Daur Hidup Cacing Pita dan Jenis - Jenisnya Lengkap

9. Ular dengan Katak

Selain memburu tikus sebagai makananya, ternyata ular juga memburu katak sebagai alternatif makanannya. Katak yang bergerak lebih lambat dibandingkan tikus ini sangat memudahkan ular yang gesit untuk memburunya. Biasanya ular akan memburu katak di tempat tempat yang berair dan ular tersebut biasanya dapat menyamar diantara rumput rumput yang berada disekitarnya agar tidak terlihat oleh mangsanya.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai 9 contoh simbiosis predasi dan kompetesi beserta Penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referansi untuk belajar bagi kalian. Terima kasih.

Baca juga:

Dampak Polusi Cahaya Pada Keseimbangan Alam

Contoh Ikan Predator Air Laut Terlengkap Beserta Penjelasannya