7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami

2 min read

7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami

7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami – menjaga kesehatan serta meningkatkan imunitas memang penting dilakukan. Apalagi kondisi saat ini mengharuskan kita untuk menjaga imunitas tubuh dengan cara merubah pola makan serta gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Untuk meningkatkan pertahanan alami pada tubuh kita, maka kita harus menjalani pola hidup serta pola makan sehat guna melawan patogen ataupun organisme yang menyebabkan penyakit. Lantas bagaimana 7 cara meningkatkan imunitas tubuh secara alami? Ikuti penjelasannya dibawah ini.

1. Tidur cukup

Hubungan antara tidur dan juga kekebalan tubuh memang sangat berkaitan. Faktanya, kualitas tidur seseorang yang kurang kerap dikaitkan dengan kerentanan lebih tinggi terserangnya penyakit.
Sehingga istirahat cukup mampu memperkuat kekebalan tubuh secara alami. Selain itu, kita juga bisa memperbanyak tidur dibandingkan sakit guna memungkinkan sistem kekebalan tubuh mampu melawan penyakit lebih baik.

Bagi orang dewasa perlu tidur selama 7 jam lebih setiap malam. Sedangkan remaja memiliki jam tidur antara 8 – 10 jam. Namun untuk anak anak mapun bayi membutuhkan waktu tidur sampai 14 jam.
Bila merasa sulit tidur, maka batasi waktu layar dalam waktu satu jam sebelum tidur. Sebab cahaya biru dari ponsel, computer, dan televisi bisa mengganggu ritme sirkadian ataupun siklus bangun-tidur tubuh secara alami.
Tips tidur lainnya ialah tidur dalam ruangan gelap maupun memakai masker tidur. Waktu tidur yang sama dalam setiap malam, serta berolahraga teratur dapat meningkatkan imunitas tubuh secara alami.

Baca Juga :   Kelenjar Tiroid : Pengertian, Fungsi, Gangguan, dan Cara Menjaganya Terlengkap

2. Mengkonsumsi makanan mengandung nabati

Mengkonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, kacang kacangan kaya nutrisi & antioksidan, sayuran, biji-bijian, bisa membantu mencegah patogen berbahaya masuk kedalam tubuh.
Kandungan antioksidan pada makanan mampu membantu mengurangi peradangan serta memerangi senyawa tak stabil bernama radikal bebas. Karena bisa mengakibatkan peradangan jika menumpuk dalam tubuh.
Inflamasi yang kronis juga dikaitkan pada kondisi kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung, kanker dan Alzheimer. Serat pada makanan nabati juga akan memberi asupan mikrobioma dalam usus, ataupun komunitas bakteri sehat dalam usus kita.

Dengan mikrobioma usus tubuh yang sangat kuat, maka bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu mencegah patogen yang berbahaya masuk dalam tubuh lewat saluran pencernaan. Disamping itu, kita juga perlu mengkonsumsi buah dan sayuran bernutrisi contohnya yang bervitamin C.

3. Mengkonsumsi kandungan lemak sehat

Kandungan lemak sehat terdapat dalam minyak zaitun & salmon, yang bisa menambah respons kekebalan tubuh terhadap patogen caranya dengan mengurangi inflamasi.
Walaupun inflamasi tingkat rendah merupakan respons normal karena stres ataupun cedera, namun inflamasi kronis mampu menekan kekebalan tubuh kita. Disini minyak zaitun termasuk anti-inflamasi yang dikaitkan untuk penurunan risiko sakit kronis diantaranya sakit jantung & diabetes tipe 2.
Sifat anti-inflamasinya juga bisa membantu tubuh dalam melawan bakteri atau virus sebagai penyebab penyakit yang berbahaya. Kandungan asam lemak omega-3, dalam salmon serta biji chia mampu memerangi inflamasi pada tubuh manusia.

4. Mengkonsumsi makanan fermentasi atau minum suplemen probiotik

Makanan yang berfermentasi mengandung bakteri menguntungkan atau dinamakan dengan probiotik, untuk mengisi saluran pencernaan kita. Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah yogurt, asinan kubis, natto, dan kimchi.
Terdapat penelitian yang menunjukkan jika jaringan bakteri usus mampu membantu sel-sel kekebalan tubuh membedakan sel-sel normal yang sehat dengan organisme penyerbu yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga :   5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

5. Batasi penambahan gula

Terdapat penelitian yang menunjukkan jika menambah gula serta karbohidrat olahan mampu berkontribusi dengan tidak proporsional sehingga menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Terjadinya obesitas bisa menambah risiko sakit.

Untuk itu, mengurangi asupan gula bisa mengurangi inflamasi serta membantu mengurangi berat badan, dengan begitu mampu mengurangi masalah kesehatan kronis misalnya diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.
Kedua penyakit kronis tersebut mampu melemahkan kekebalan tubuh. Dengan membatasi gula maka sangat penting dilakukan untuk diet meningkatkan kekebalan tubuh.
Kurangi pemakaian gula sampai kurang dari 5% dari kebutuhan kalori harian atau sekitar 2 sendok makan bagi yang menjalani diet 2.000 kalori.

6. Olahraga ringan

Walaupun melakukan olahraga teratur mampu menekan kekebalan tubuh, namun melakukan olahraga ringan bisa meningkatkannya. Terdapat penelitian yang menyatakan Jika satu sesi latihan ringan mampu meningkatkan efektivitas vaksin pada sistem kekebalan tubuh seseorang yang bermasalah.
Apalagi olahraga teratur Juga bisa mengurangi inflamasi serta membantu sel-sel kekebalan tubuh melakukan regenerasi dengan teratur. Adapun contoh dari olahraga ringan ialah berspeda, jalan cepat, jogging, hiking ringan, dan berenang. Setidaknya lakukan olahraga selama 150 menit setiap minggunya.

7. Tetap terhidrasi

Meskipun hidrasi tak selalu bisa melindungi tubuh terhadap kuman ataupun virus, namun mencegah dehidrasi sangat penting dilakukan untuk kesehatan dengan keseluruhan. Karena dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala sekaligus mampu menghambat kinerja fisik, suasana hati, tidak fokus, mengalami masalah pencernaan, serta terjadi masalah pada fungsi jantung ataupun ginjal. Komplikasi tersebut bisa meningkatkan kerentanan terserangnya penyakit.

Guna mencegah dehidrasi, maka kita bisa minum cukup cairan per harinya guna membuat warna air seni pucat. Air sangat direkomendasikan sebab bebas dari asupan kalori, zat tambahan, mapun zat gula.
Sedangkan pada teh maupun jus juga bisa melembabkan, dan yang terbaik ialah membatasi asupan jus dan teh manis yang didalamnya mengandung gula tinggi. Namun jika melakukan olahraga pastinya anda butuh cairan lebih banyak lagi.

Baca Juga :   7 Fungsi Utama Uterus Pada Wanita

Nah, itula ke 7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami yang dapat dilakukan dengan murah dan mudah. Untuk itu, lakukan beberapa hal diatas supaya system kekebalan tubuh terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Mengecek Kadar Oksigen Tanpa Menggunakan Bantuan Alat

7 Fungsi Utama Uterus Pada Wanita