6 Fungsi Rugae Pada Lambung Beserta Penjelasannya

2 min read

6 Fungsi Rugae Pada Lambung Beserta Penjelasannya

6 Fungsi Rugae Pada Lambung Beserta Penjelasannya – Ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman terdapat bagian tubuh yang akan mengelolanya. Bagian tubuh tersebut akan mencerna makanan dan minuman yang setiap harinya kita konsumsi kemudian akan menyalurkannya menjadi energi. Salah satu bagian tubuh tersebut yaitu lambung. Lambung merupakan salah satu bagian system pencernaan yang memiliki fungsi untuk mengolah makanan. Mungkin sebagian orang belum mengetahui dan memahami bagian-bagian serta fungsi yang terdapat di dalam lambung manusia.

Lambung merupakan organ tubuh manusia yang memiliki bentuk seperti kantong mirip huruf J yang terletak di bagian atas perut sebelah kiri. Ukuran dari lambung itu sendiri disesuaikan dengan postur manusia dan seberapa banyak makanan yang terdapat di dalam lambung ketika makan. Salah satu organ pencernaan ini dipenuhi dengan otot dan pembuluh darah. Sebelum mengulas lebih jauh tentang bagian lambung yaitu 6 Fungsi Rugae Pada Lambung Beserta Penjelasannya, lebih baiknya jika kita mengetahui fungsi dari lambung itu sendiri.

Fungsi Utama Lambung

Fungsi utama dari lambung ada 3 yaitu:

  • Sebagai tempat untuk menyimpan makanan sementara, selama dua jam atau lebih sebelum disalurkan ke organ pencernaan selanjutnya.
  • Sebagai tempat untuk memecah dan mengaduk-aduk makanan melalui gerak peristaltic yang dirangsang oleh kerja lapisan otot lambung.
  • Dapat menghancurkan dan mencerna makanan dengan bantuan dari enzim lambung.
Baca Juga :   6 Bagian Saluran Pencernaan Manusia dan Prosesnya Lengkap

Lambung manusia memiliki anatomi yaitu terhubung dengan dua saluran di masing-masing ujungnya. Bagian ujung atas lambung terhubung dengan kerogkongan (esophagus), yaitu saluran berbentuk seperti tabung sebagai jalur masuk makanan dari mulut. Sedangkan daerah pertemuan antara esofagus dengan lambung biasa disebut dengan GE (persimpangan gastreosofageal). Saluran bagian bawah lambung langsung terhubung dengan usus halus, yaitu organ berbentuk selang memanjang yang menghubungkan lambung dengan usus besar. Ujung pertama dari usus halus yang menghubungkan secara langsung dengan lambung disebut sebagai Duodenum.

Pengertian Rugae

Terdapat bagian-bagian dari lambung yang memiliki fungsi dan peran masing-masing. Salah satu bagian dari lambung yang akan kami bahas berikut ini yaitu Rugae. Rugae merupakan salah satu bagian dari lambung yang mempunyai fungsi untuk membantu system pertahanan pada lambung. Rugae sebagai dinding-dinding yang berkerut termasuk ke dalam bagian mukosa (selaput lender) yang berlipat-lipat. Ketika lambung dipenuhi oleh makanan rugae akan secara otomatis memipih.

Fungsi Rugae

Berikut ini 6 Fungsi Rugae Pada Lambung Beserta Penjelasannya.

1. Sebagai system pertahanan fisik dan kimia

Rugae menjadi bagian dari bagian lambung yang ada di dalam mukosa yang berlipat-lipat. Keberadaan rugae di dalam mukosa akan berperan dalam proses mengatur system pertahanan lambung secara kimia dan fisik. System pertahanan fisik dan kimia memiliki fungsi pada lambung untuk mempertahankan daya tahan lambung dari interaksi luar lambung serta mengatur kondisi keasaman lambung.

2. Ikut berperan dalam gerak peristaltik

Gerak peristaltik biasa disebut sebagai gerak otot yang ada di dalam system pencernaan. Dalam gerak ini otot akan mengarahkan makanan agar dapat masuk ke dalam saluran pencernaan. Maka dari itu, di dalam gerak peristaltik ini rugae juga akan ikut berperan di dalamnya. Apabila kondisi lambung dalam keadaan penuh, rugae pada lambung akan berbentuk lapisan menjadi memanjang dan berlipat. Begitupun sebaliknya, jika lambung dalam kondisi kosong maka rugae akan berlipat dam memendek.

Baca Juga :   7 Fungsi Utama Uterus Pada Wanita

3. Memiliki peran dalam proses sekresi

Letak rugae yang ada di bagian lapisan mukosa memberikan peran penting dalam kegiatan sekresi. Kegiatan sekresi tersebut dilakukan untuk membentuk sebuah enzim dari protein. Kemudian akan memecah rantai asam amino sehingga dapat mengubah pepsinogen menjadi enzim pepsin. Enzim pepsin merupakan enzim pencernaan manusia. Setelah diproses oleh enzim, lambung akan membentuk hormone tertentu. Baik enzim ataupun hormone akan membantu proses sekresi sehingga zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat dikeluarkan.

4. Membantu ketika proses difusi

Proses difusi lambung merupakan proses dalam mengatur konsentrasi cairan yang ada di dalam lambung agar berada dalam kondisi normal. Proses terjadinya difusi di dalam lambung dimulai dengan terdapat zat-zat yang masuk dalam tubuh, yang sebagian membutuhkan agen perantara dan sebagian tidak membutuhkan agen perantara. Adanya agen perantara akan berfungsi sebagai penyesuai konsentrasi pada zat-zat yang masuk di dalam lambung.

5. Beperan untuk mengalirkan zat-zat dari makanan

Ketika makanan masuk di dalam tubuh atau saat perut diisi dengan makanan maka rugae akan berinteraksi dan dapat membantu mengalirkan zat-zat dari makanan. Namun, sebagian zat-zat dari makanan tersebut ada yang bermanfaat untuk tubuh ada juga yang tidak bermanfaat. Sehingga zat makanan yang tidak bermanfaat untuk tubuh akan dikeluarkan melalui proses sekresi.

6. Berperan untuk mengatur tingkat keasaman lambung

Rugae akan merespon secara langsung dan akan berubah bentuk saat makanan masuk atau ketika tidak ada makanan. Kondisi tersebut dapat menguntungkan lambung. Selain itu rugae juga berfungsi untuk mengatur tingkat keasaman lambung. Ketika anda merasakan perih pada perut atau lambung itu disebabkan karena lambung diproduksi tidak normal sehingga menyebabkan asam lambung meningkat.

Baca Juga :   Kelenjar Tiroid : Pengertian, Fungsi, Gangguan, dan Cara Menjaganya Terlengkap

Nah, setelah membaca penjelasan di atas mengenai 6 Fungsi Rugae Pada Lambung Beserta Penjelasannya. Kita dapat mengetahui bahwa fungsi rugae pada lambung sangat berperan dalam proses pencernaan makanan. Sehingga menjaga kesehatan lambung sangat disarankan agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan lambung. Semoga uraian tersebut dapat lebih bermanfaat dan menambah wawasan dari kita semua.

Baca juga: