6 Fungsi Limpa Pada Organ Tubuh Manusia – Jenis Beserta Penjelasannya

2 min read

6 Fungsi Limpa Pada Organ Tubuh Manusia

6 fungsi limpa pada organ tubuh manusia – limpa ialah organ tubuh manusia yang mempunyai fungsi banyak sekali dan penting bagi manusia. Limpa manusia sendiri letaknya di bagian kiri atas perut dan terletak persis diatas diafragma serta ada dibagian belakang perut. Berikut ini 6 fungsi limpa pada organ tubuh manusiayang perlu kalian ketahui.

6 Fungsi Limpa Pada Organ Tubuh Manusia - Jenis Beserta Penjelasannya

Limpa ialah jenis organ yang ukurannya kecil, akan tetapi mempunyai fungsi hebat sekali dan luar biasa. Rata-rata umumnya ukuran limpa manusia kurang lebih 12 cm yang tingginya 7 cm dengan ketebalan 4 cm. Dari segi beratnya limpa berbobot 150 gram. Limpa ialah organ kecil yang bentuknya lunak dan mempunyai warna ungu.

Terdapat 2 jenis bagian maupun jaringan terhadap limpa. Berikut kedua bagian tersebut :

1. Pulpa putih
2. Pulpa merah

Kedua bagian pulpa dalam jaringan limpa ini bertugas mengatur serta menyaring darah lalu menjalan tugas dan juga fungsinya limpa yang lain. Lantas apa saja ya yang termasuk fungsi penting dari sebuah organ limpa yang ada di dalam tubuh manusia ini? Berikut ini merupakan sejumlah fungsi limpa di dalam organ tubuh manusia :

a. Penghasil sel darah putih

Fungsi pertama pada limpa ini yang ada dalam tubuh kita menjadi penghasil sel darah putih maupun leukosit. Sel darah putih ialah bagian dari sejumlah jenis sel darah yang penting sekali untuk tubuh manusia. Sel darah putih yang akan bertugas membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Sebab itulah maka limpa berperan penting sekali untuk tubuh manusia. Sebab fungsinya limpa ini secara baik maka hal tersebut bisa membantu memproduksi sel darah putih yang ada di dalam tubuh manusia sehingga menjadi lebih baik dan juga menjadi lebih optimal dan tanpa kekurangan sel darah putih.

Baca Juga :   Diare Pada Anak dan Balita : Penyebab, Cara Penularan Serta Pencegahannya Lengkap

b. Menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia

Dikarenakan limpa merupakan bagian dari organ tubuh yang dapat membantu untuk menghasilkan sel darah putih, sehingga limpa ini mempunyai peran penting sekali dan baik sekali dalam menjaga kekebalah tubuh kita. Kekebalan tubuh yang telah dihasilkan ini sekalian berasal dari asupan makanan serta asupan gizi pula dan vitamin. Yang juga berasal dari sel darah putih ini yang dihasilkan oleh limpa.

Pada waktu sel darah putih ini yang dihasilkan oleh lompa diproduski dengan optimal, maka hal tersebut dengan otomatis akan membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya manusia. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh manusia ini, maka hal tersebut akan mencegah manusia terhadap serangan beragam jenis penyakit yang mengganggu.

c. Memproduksi antibody

Antibody ialah salah satu bagian produksinya limpa. Masih berhubungan dengan sel darah putih yang telah diproduksi dalam limpa, antibody ini yang mempunyai fungsi pun vital sekali. Antibody dapat menangkal sangat banyak kuman, bakteri dan virus pun yang masuk di dalam tubuh. Sehingga, dengan kalian memproduksinya dengan optimal maka limpa pun akan membantu guna memproduksi antibody, jadi nantinya tak akan mengakibatkan tubuh jadi sakit serta terjadi gangguan kesehatan akibat dari serangan bakteri dan virus.

d. Menghilangkan sel darah merah tua sekali dan juga rusak

Sel darah merah maupun trombosit yang ada di dalam tubuh kita ini bisa bertahan selamanya. Biasnaya, terdapat sejumlah bagian sel darah merah maupun trombosit yang terjadi kerusakan, tua dan mati. Sel darah merah yang terjadi kerusakan ini nantiny pun harus dibuang dan dihancurkan pula supaya tak mengganggu keseluruhan siklus dari peredarah darah yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga :   Ternyata Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Dalam Ini

Oleh sebab itu, harus dihancurkan dan untuk cara menghancurkannya ialah dengan cara perlakuan organ limpa. Limpa ini fungsinya guna membantu menghancurkan trombosit atau sel darah merah yang telah terjadi kerusakan, tua dan harus dihancurkan pula. Limpa ini nantinya akan menghancurkan sel darah merah yang telah terjadi kerusakan itu, kemudian menyimpan sejumlah zat penting, misalnya seperti zat bersi lalu disimpanlah di dalam tubuh.

e. Menjalankan proses penyaringan darah

Tak hanya menjalankan sebuah proses penghancuran dari sel darah merah yang telah tua dan rusak pula. Fungsi lainnya dari organ limpa ini untuk menjalankan sebuah proses penyaringan dalam darah yang mengalir di dalam tubuh mansuia. Pada waktu darah terjadi hambatan maupun kotor, maka limpa ini akan menyaring darah itu jadi nantinya darah tersebut akan jadi bersih dan bisa diedarkan untuk emnuju ke semua tubuh.

Limpa penting sekali fungsinya guna menjalankan sebuah proses penyaringan darah tersbeut, jadi pada waktu organ limpa kalian tersebut terjadi gangguan maupun kerusaka, maka hal tersebut pun akan berpengaruh terhadap proses penyaringand arah yang ada di dalam tubuh kalian.

f. Menyimpan cadangan darah

Masih dari fungsi limpa yang dalam peredarah darah, limpa selain fungsinya untuk menjalankan penyaringan darah dan ikut serat membantu menghancurkan sel darah merah yang terjadi kerusakan, yakni mempunyai peran penting sekali dalam menyimpan cadangan darah. Cadangan darah tersebut nantinya mempunyai peran vital sekali pada waktu kalian terjadi kekurangan darah, seperti saat terluka dan terjadi pendarahan. Pada saat kalian terjadi pendarahan, maka cadangan darah dalam limpa tersebut membantu menggantikan sementara darah kelura sebab pendarahan itu.

Nah, mungkin itu saja dulu yang bisa penulis sampaikan mengenai 6 fungsi limpa pada organ tubuh manusia. Jadi, limpa ini berperan penting sekali bagi kehidupan manusa. Salah satunya menjadi sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga dengan meningkatnya kekebalan tubuh bisa mencegah manusia terhadap serangan penyakit. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   3 Proses Penting Pembentukan Urine dalam Tubuh Manusia

Baca juga: