5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia

3 min read

5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia

5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia – Mata merupakan salah satu organ penting manusia dan makhluk hidup yang berfungsi sebagai organ penglihatan. Organ penglihatan ini dapat mendeteksi cahaya dan dengannya kita dapat melihat keadaan lingkungan sekitar yang gelap ataupun terang. Organ penglihatan mata ini memiliki beberapa bagian yang melengkapinya. Dari bagian-bagian mata tersebut mempunyai tugas dan peranan yang tidak kalah pentingnya, dimana masing-masingnya dapat membantu dalam menjaaga kesehatan mata. Bagian-bagian mata tersebut meliputi bulu mata, kelopak mata, dan bola mata.

Bulu mata adalah bagiaan dari organ mata yang terletak pada ujung luar kelopak mataa yang terdiri dari raambut-rambut halus tumbuh dengan rapi sepanjang kelopak mata. Antara satu orang dengan yang lain memiliki bulu mataa yang berbeda. Hal ini dikarenakan memang banyak jenis dari bentuk bulu mata, diantaranya ada yang lentik, pendek, panjang, dan lurus serta bentuk kombinasi dari beberapa jenis tersebut. bulu mata dengan bentuk panjang dan lentik menjadi salah satu dambaan dan dapat mempercantik tampilan seorang wanita. Bahkan bentuk ini sangat diidamkan oleh semua kaum hawa.

Banyak kaum hawa yang berusaha mempercantik bulu mata dengan membuatnya berbentuk lentik atau memberikan tambahan bulu mata palsu agar dapat mendukung penampilannya agar lebih cantik dan menarik. Padahal meskipun tanpa memberikan bulu mata palsu pun, bulu mata asli yang telah diberikan oleh Tuhan memiliki manfaat serta fungsi yang baik untuk melindungi mata. Bulu mata dapat melindungi mata kita dari berbagai bahaaya debu atau partikel lain yang dapat merusak mata dan mengganggu cara kerjanya.

Baca Juga :   Mempelajari Struktur Dan Fungsi Mata Secara Mudah

Oleh karena itulah, Tuhan menciptakan bagian-bagian dari tubuh kita denganberbagai macam manfaat dan fungsinya masing-masing sehingga bisa saling bekerjasama dan melengkapi. Berikut 5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia yang perlu diketahui.

1. Dapat Melindungi Mata Dari Debu Atau Partikel Lain

Fungsi utama dari adanya bulu mata pada bgian mata adalah untuk melindungi mata dari debu. Mata merupakan salah satu organ vital yang juga penting serta perlu dijaga kesehatannya. Karena dengan mata yang sehat kita dapat memandang ciptakan Tuhan yang sungguh luar biasa. Bulu mata yang terletak menempel pada ujung bagiaan luar kelopak mata tidak hanya sebagai hiasan, namun juga untuk melindungi mata dari berbagai bahaya yang masuk ke mata seperti misalnya debu.

Bulu mata akan menyaring dan menghalangi partikel debu yang hendak masuk ke mata. Jika tidak ada bulu mata dan debu akan masuk ke dalam mata dengan leluasa sehingga dapat membahayakan kesehatan mata dan dapat merusaknya. Ada beberapa penyakit mata yang diakibatkan oleh debu, yaitu mata merah, belekan, dan mata kering.

2. Menghalangi Hewan Kecil Yang Hendak Masuk Ke Dalam Mata

Pada saat kita melakukan perjalanan maka tidak jarang banyak hewan kecil yang berterbangan di jalan. Hal ini tidak jarang kita lihat ketika mengendarai sepeda motor, terkadang tanpa sengajaa mata kita kemasukkan hewan kecil yang dapat membuat mata kita sakit. Hewan kecil yangberterbangan tersebut sering muncul ketika menjelang sore dan malam hari. Disini bulu mata mempunyai fungsi yang cukup penting, yakni dapat menghalangi hewan kecil yang akan masuk kemata. Sehingga hewan kecil tersebut dapat tersangkut pada bulu mata, sehingga mata kita akan tetap terlindungi.

Baca Juga :   Sistem Penggolongan Darah ABO : Pengertian, Karakteristik dan Pengaruhnya Lengkap

3. Menyaring Intensitas Cahaya Yang Masuk Ke Dalam Mata

Meskipun mata kita telah terbiasa dengan cahaya matahari atau cahaya lainnya, yaitu cahaya lampu dan senter maka tetap berbahaya apabila tidak ada bagian yang dapat menyaring sinar atau cahaya sebelum masuk secara langsung kemata. Hal ini juga menjadi 5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia yang dapat menyaring intensitas cahaya yang dapat masuk kemata, karena tidak semua cahaya baik untuk kesehatan mata.

Sebagian dari sinar ultraviolet kurang baik untuk kesehatan mata. Biasanya disinilah bulu mata akan bereaksi dan berperan untuk melindungi mata dari cahayaa yang kurang baik. Dengan cara menutup mata dan menghalangi cahaya tersebut agar tidak masuk kemata dengan bulu mata.

4. Menghasilkan Lemak Yang Dapat Mencegah Kedua Kelopak Mata Agar Tidak Lengket

Dalam bulu mata terdapat cairan yang disebut dengan kelenjar meibow. Kelenjar ini mempunyai fungsi untuk mencegah kedua kelopak mata agar tidak lengket pada saat mata berkedip. Hal tersebut karena kelenjar meibow dapat menghasilkan lemak yang bersifat seperti minyak sehingga dapat menimbulkan efek tidak lengket pada mata. Inilah salah satu yang patut kita syukuri karena kebesaran Tuhan yang menciptakan kelenjar meibow pada bulu mata kita. Bayangkan saja apabila tidak terdapat kelenjar meibow, otomatis setiap kita berkedip kedua kelopak mata pasti akan lengket dan susah untuk dipisahkan.

5. Mempercantik Dan Memperindah Mata

Fungsi selanjutnya selain dapat melindungi mata dari bahaya debu dan lainnya, bulu mata juga berfungsi untuk mempercantik penampilan mata. Khususnya bagi seorang wanita, bulu mata ini dapat mempengaruhi kecantikan dan penampilan. Maka tidak heran apabila terdapat perlengkapan make up yaitu bulu mata palsu yang sering kali dipasang pada mata untuk menambah kesan cantik dan melengkapi penampilan mata. Bagi anda yang memiliki bulu mata palsu dan panjang, maka bersyukurlah, karena tidak perlu lagi memberikan tambahan bulu mata palsu pada kelopak mata. Hal tersebut karena jika anda belum terbiasa untuk memakai bulu mata palsu maka ini akan sangat merepotkan dan terasa tidak nyaman.

Baca Juga :   Organ Reproduksi Wanita: Pengertian, Fungsi dan penjelasannya Lengkap

Nah, itulah penjelasan 5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia yang wajib kita tahu agar kita dapat lebih menghargai ciptaan Tuhan yang memiliki begitu manfaat dan fungsi yang begitu penting untuk menjaga kesehatan mata. Semoga uraian ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan kita semua.

Baca juga:

Ciri Hewan Australis Beserta Penjelasannya

16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama