5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar

2 min read

5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap

5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap – Sudah tahukah anda apa itu spora? ya Spora merupakan satu atau beberapa sel bisa diploid ataupun haploid yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Sel ini bersifat dorman dan hanya tumbuh pada lingkungan tertentu yaitu yang memenuhi persyaratan yang khas pada setiap spesies. Spora memiliki fungsi utama sebagai alat ppersebaran atau disperse yang mirip dengan biji. Meskipun sebenarnya berbeda jika ditinjau dari segi evolusi dan anatomi, bahkan memiliki bentuk yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Spora hanya dapat dilihat dengan menggunakan bantuan alat mikroskop.

5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap

Menurut penelitian spora berasal dari sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Dengan proses spora akan jatuh ke tanah yang subur dan lembab. Hal ini dapat diamati pada proses perkembangbiakan jamur yang tumbuh secara liar di kebun. Spora yang jatuh tersebut akan berubah menjadi alat perkembangbiakan yang kemudian akan menghisap makanan, hingga akhirnya akan memunculkan tumbuhan jamur yang baru.

Istilah spora digunakan secara luas di lingkungan tumbuhan yang tidak berbiji (seperti lumut dan paku-pakuan), fungi, bakteri serta myxozoa. Terdapat berbagai macam jenis spora menurut fungsinya, yaitu Spora, endospore dan eksospora, klamidospora, dan zigospora.

Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar

Berikut 5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap yang mudah untuk kita temui.

Baca Juga :   Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif

1. Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang mempunyai berbagai macam nama yang telah terkenal diberbagai kalangan masyarakat. Masyarakat bisa menyebutnya sebagai tumbuhan pakis, atau tumbuhan paku-pakuan. Akan tetapi, pada dasarnya semua nama yang diberikan oleh masyarakat tersebut adalah sama, yakni untuk menyebut tumbuhan paku seutuhnya.

Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam golongan Tracheophyta (pembuluh sejati) dimana tidak memproduksi biji sebagai pencipta keturunannya. Akan tetapi dengan cara melepaskan spora sebagai pencipta keturunannya, seperti halnya yang dilakukan lumut dan juga jamur. Ciri utama tumbuhan paku yang dapat dengan mudah diketahui yaitu memiliki spora.

2. Lumut

Lumut merupakan tumbuhan hijau yang memiliki ukuran kecil dan sering tumbuh di tempat-tempat yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Tempat tersebut seperti misalnya disekitar pinggiran sungai, diatas batu bata yang lembab, diatas tanah dengan lemebapan yang cukup tinggi. Tumbuhan jenis ini mempunyai cara dalam melanjutkan keturunan dengan cara yang cukup unik. Cara tersebut dinamakan dengan metagenesis. Metagenesis itu sendiri adalah suatu pergiliran antara generasi seksual dan aseksual yang bertujuan untuk melanjutkan suatu keturunan. Generasi tersebut yaitu generaasi penghasil gamet ke generasi penghasil spora atau biasa disebut dengan gamtofit ke sporofit.

3. Rane

Rane yang memiliki nama latin Selaginella merupakan marga sekelompok tumbuhan yang memiliki pembuluh yang menjadi satu-satunya anggota suku Selaginellaceae. Dimana tumbuhan jenis ini berkembangbiak dengan cara spora bebas sehingga beberapa beranggapan bahwa rane menjadi bagian dari tumbuhan paku, namun sekaraang dipisahkan dalam kelompok tersendiri. Anda dapat menemukan jenis tumbuhan ini disekitar tempat yang lembab dengan ciri-ciri daunnya kecil dan sederhana sering disebut dengan mikrofil menyerupai sisik pipih serta duduk tidak bertangkai. Daun dan cabangnya tumbuh tidak menyerupai gulungan seperti paku sejati, sehingga sebenarnya tumbuhan paku dan rane berbeda.

Baca Juga :   Unsur Hara (Makronutrien dan Mikronutrien) yang Dibutuhkan Oleh Tumbuhan

4. Jamur

5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap berikutnya adalah jamur. Dimana jamur mempunyai bentuk serta warna yang beragam dan berbeda. Jamur itu sendiri sering tumbuh pada tanah yang lembab, bahkan hanya sedikit menerima cahaya matahari. Selain itu, jamur dapat tumbuh pada tanah yang memiliki kandungan senyawa-senyawa organic yang biasanya digunakan sebagai sumber makanan mereka. Jamur memiliki bagian tubuh yang hampir keseluruhan atau sekitar 90% mengandung air. Semua jenis jamur yang ada dilingkungan sekitar dan bahkan sering anda temui, beberapa diantaranya dapat dikonsumsi merupakan jenis tumbuhan berspora.

5. Paku Air

Sementara paku air merupakan tumbuhan yang juga berkembangbiak dengan cara berspora bebas. Tumbuhan ini termasuk ke dalam golongan tumbuah paku-pakuan yang mana hidup dari tumbuhan jenis ini bergantung pada air dan biasanya mengapung di tempat tergenang. Anda dapat menemuinya disekitar persawahan atau sungai. Spesies yang sering ditemui adalah semanggi dan klambang.

Semanggi dapat anda temui dipematang sawah atau tepi saluran irigasi. Batang dari tanaman ini memanjang dengan daun diujungnya yang memiliki bentuk menyerupai paying tersusun dari empat anak daun yang saling berhadapan. Sehingga tanaman ini sering digunakan untuk menamai jenis tumbuhan dikotil yang memiliki susunan daun serupa, seperti klover.

Sementara jika anda penasaran dengan jenis tumbuhan paku air klambang, maka anda dapat menjumpainya di sekitar sawah, danau, kolam atau air sungai yang mengalir tenang. Dengan bentuk daunnya cuping agak melingkar yang permukaan daunnya ditutupi rambut putih agak transparan. Rambut tersebut berfungsi untuk mencegah daun agar tidak basah serta untuk membantunya tetap mengapung.

Dari penjelasan tersebut kita mengetahui bahwa spora mempuyai fungsi untuk membantu tumbuhan dalam berkembangbiak agar tidak mengalami kepunahan serta untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Ekosistem dapat terganggu jika pemanfaatan tumbuhan tidak diperhatikan bahkan kelestarian lingkungan tidak dijaga dengan baik. Semoga dengan uraian 5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap tersebut kita dapat mengetahui tumbuhan apasaja yang sebenarnya patut dilestarikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :   Proses Pertumbuhan Tanaman Gulma Dan Penjelasannya

Baca juga:

Reaksi Biologis Pada Tubuh Saat Anestesi Dilakukan

Proses Terjadinya Pupuk Kompos Terlengkap