5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar

2 min read

5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar

5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar – Istilah merunduk tanaman mungkin masih asing di engar oleh sebagian orang. Akan tetapi dalam dunia pertanian istilah tersebut telah menjadi hal yang harus dipelajari. Merunduk tanaman yaitu salah satu cara perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan cara vegetatif atau buatan. Perkembangan vegetative hanya memerlukan waktu yang cukup singkat namun kualitasnya tidak kalang dengan cara generatif.

5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar

Klasifikasi Merunduk

Terdapat syarat yang harus dipenuhi sebelum anda melakukan proses merunduk tanaman diantaranya yaitu tanaman tersebut harus memiliki cabang yang panjang, lentur dan dekat dengan tanah. Secara umum, merunduk dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni:

1. Merunduk biasa

Merunduk biasa merupakan proses erundukkan tanaman dengan cara ditimbun ke dalam tanah, kecuali ujung cabangnya. Apabila akar telah terbentuk, nantinya bagian cabang dan batangnya akan dipotong sehingga dapat membentuk tanaman baru. Cara ini dapat anda aplikasikan pada buah arbei, jambu air, dan bunga mawar.

2. Merunduk majemuk

Merunduk majemuk merupakan proses merunduk seluruh bagian batang tanaman dengan cara menimbunnya dengan tanah pada seluruh tempa atau beberapa tempat saja. Umumnya cara ini diterapkan pada tanaman buah anggur dan tanaman soka.

Cara Merunduk Tanaman

Berikut ini 5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar sehingga anda dapat mengaplikasikannya.

Baca Juga :   Klasifikasi Dan Morfologi Bunga Matahari (Kandungan Dan Manfaatnya)

1. Merunduk seluruh cabang ujung

Proses merunduk dengan cara ini yaitu dengan merundukkan seluruh ujung pada cabang tumbuhan tersebut. Caranya; anda dapat mengambil seluruh cabang ujung pada tanaman, kemudian tanamkan ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 2.5 – 5 cm. usahakan jangan sampai ujung batang yang ditanam ikut keluar lagi, jadi timbun dengan tanah sampai benar-benar tertutup.
Tunggu sekitar 2-3 bulan hingga akar barunya terbentuk di sekitar ujung cabang yang ditanam tersebut. Contoh tanaman yang dapat diterapkan adalah tanaman murbei.

2. Merunduk cabang

Merunduk cabang cara kerjanya yaitu dengan melengkungkan bagian cabangnya. Caranya dengan menimbun bagian ujung bawahdari lengkungan tersebut, kemudian bagian ujung cabang dan daun dibiarkan berada diatas permukaan tanah. Dengan kedalaman sekitar 15-25 cm. Berikan sedikit sayatan atau irisan pada bagian cabang yang tertimbun untuk merangsang akar yang baru. Metode ini dapat diterpkan pada tanaman apel dan tanaman mawar.

3. Merunduk system tidur

5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar selanjutnya yaitu dengan memilih cabang tanaman yang cukup panjang. Kemudian cabang yang panjang tersebut dirundukkan dan direbahkan ke dalam tanah dengan kedalaman antara 5-15 cm. sebelum ditimbun sebaikknya berilah sayatan dengan jarak 5 cm per sayatan untuk merangsang pertumbuhan akar baru. Setelah disayat timbun dengan tanah hingga merata dan biarkan bagian ujung dan beberapa helai daunnya di atas tanah.
Merunduk memakai system ini bertujuan untuk menghasilkan bibit tanaman baru yang banyak serta efisien. Contoh tanaman yang data diterapkan dengan sistem ini yaitu tanaman apel, tanaman azalea, dan tanaman mawar.

4. Merunduk system gelombang

Merunduk tanaman dengan system ini sebenarnya hampir sama dengan system tidur namun sedikit berbeda. Jika pada system tidur seluruh cabang ditimbun di dalam tanah, namun jika system gelombang hanya beberapa bagian saja yang ditimbun.
Caranya dengan menimbu cabang panjang serta dibentuk secara bergelombang. Yang mana pada bagian cabang yang tidak ditimbun tersebut akan menghasilkan tunas baru. Sedangkan pada bagian yang ditimbun akan menghasilkan akar baru untuk tunas. Metode ini dapat diaplikasikan pada tanaman anggur dan beberapa tanaman hias.

Baca Juga :   Definisi Fotosintesis ( Fungsi, Proses, Reaksi Dan Faktor )

5. Merunduk kombinasi cangkok

Sebenarnya cara kerja merunduk kombinasi cangkok hampir sama dengan cara mencangkok tanaman. Perbedaannya yaitu, apabila mencangkok tanaman umumnya cabang batang yang disayat dibungkus dengan media. Namun, berbeda halnya jika menggunakan metode merunduk ini yaitu cabang batang yang dikupas direbahkan di tanah. Metode ini dapat diaplikasikan pada seluruh tanaman buah-buahan dengan syarat batang cabang tanaman tersebut letaknya sangat dekat dengan permukaan tanah dan tidak rentan patah.

Tahap akhir yang perlu dilakukan pada seluruh cara merunduk tanaman yaitu dengan memotong bagian cabang hasil rundukan tersebut jika telah muncul tunas baru yang masih segar. Potonglah hasil rundukan dengan memakai gergaji, dan perlu diingat jangan sampai menimbulkan getaran yang kencang kaarena dapat memutuskan akarnya. Tanamlah hasil dari rundukan ke media kecil terlebih dahulu misalnya polybag, dan lainnya. Tunggu sampai 2-3 bulan hingga tumbuh besar , kemudian pindah ke lahan yang lebih luas.

Metode merunduk tanaman seperti halnya dengan mencangkok yang juga memiliki keuntungan serta kerugian. Keuntungannya yaitu tanaman yang dihasilkan nantinya akan sama seperti tanaman induknya, reproduksi dari tanaman hasil rundukan lebih cepat sehingga dapat meningkatkan hasil panen dengan cepat. Selain itu, dengan memakai metode merunduk tidur, dapat menghasilkan bibit baru dalam jumlah yang cukup banyak.

Sedangkan kerugiannya yaitu system perakaran pada tanaman yang dirunduk akan menghasilkan akar serabut yang dapat merugikan karena tumbuhan tersebut tidak akan kokoh. Kualitas tanaman yang dihasilkan sama seperti induknya namun ada juga hasil tanaman yang berbeda sehingga dapat lebih buruh atau lebih baik. Kerugian yang lainnya yaitu terdapat beberapa syarat agar tanaman tersebut dapat diterapkan dengan metode merunduk sehingga tidak semua tanaman dapat diaplikasikan dengan metode ini.

Baca Juga :   Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Mawar Paling Lengkap

Itulah penjelasan mengenai 5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi sehingga anda dapat menerapkannya untuk memperbanyak tanaman buah yang anda inginkan.

Baca juga: