5 Bagian Bagian Telinga Tengah Dan Fungsinya Terlengkap

2 min read

5 Bagian Bagian Telinga Tengah Dan Fungsinya Terlengkap

5 bagian bagian telinga tengah dan fungsinya –bagian bagian telinga tengah merupakan jaringan yang mempunyai rongga isinya udara yang terletak dibagian tengah antara telinga bagian dalam dan telinga bagian luar. Fungsinya adalah merespon cepat energi gelombang dari telinga luar yang bentuknya gelombang tekanan. Berikut informasi mengenai 5 bagian bagian telinga tengah dan fungsinya.

Telinga bagian tengah yang diapit genah telinga inilah tempat mengalurnya energi gelombang suara menuju ke indra pendengaran yang ada sebuah saluran eustachius dengan kinerja yang selalu berhubungan dengan telinga bagian tengah bersama rongga hidung bagian belakang serta tenggorokan bagan atas. Di bagian telinga tengah adalah bagian telinga yang sensitif yang mudah terjangkit maupun gangguan di telingah tengah yang bisa mengganggu pendengaran kalian saat mendengar pantulan suara.

Bagian Bagian Telinga Tengah

5 Bagian Bagian Telinga Tengah Dan Fungsinya Terlengkap

Berikut ini pembahasan tentang bagian telinga tengah :

  1. Gendang telinga/ membran timpani; yakni gendang telinga yang bisa menerima energi gelombang suara serta merubahnya sebagai energi mekanik dengan getaran yang lumayan cepat dan dapat memberikan perlindungan kedap udara di jaringa telinga luar dan tengah.
  2. Sanggurdi/ stape; yakni sanggurdi mempunyai struktur tulang kecil yang bentuknya sanggurdi kuda yang letaknya dibagian telinga tengah yang bisa bergetar secara cepat kemudian mengalirkan kompresi energi gelombang ke telinga bagian dalam.
  3. Malleus (tulang martil); letaknya disisi gendang telinga dan memiliki tuang kecil yang bentuknya mirip martil. Getaran dari genang telinga bisa membuat malleus ikut bergetar.
  4. Landasan (incus); landasan yang letaknya disisi maleus berbentuk tulang kecil yang bentuknya mirip sebuah landasan serta bisa bergetar merespon secara baik kinerja malleus.
  5. Silinder eustachius; bentuknya silinder sumsung dengan luas dan panjang dibagian tengah telinga dengan posisi satu arah bersama faring. Eustachius fungsinya membuat tekanan antara bagian telinga luar serta telinga bagian dalam yang kondisinya selalu seimbang.
Baca Juga :   Sistem Peredaran Darah Manusia : Organ, Mekanisme dan Gangguannya

Gangguan Yang Dialamai Dalam Telinga

Pada area telinga adalah area tersensitif dan gampang terjangkit gangguan bila kita tak menjaga area telinga secara baik. Sejumlah gangguan bisa merusak telinga termasuk bula di bagian telinga tengah serta kita harus mempunyai cara untuk memlihara kesehatan rangka tubuh.

Contoh Gangguan Di Bagian Telinga Tengah

1. Mringitis infeksiosi atau peradangan gendang telinga

Gejala awal :
• Mengalami lepuhan serta ruam isinya cairan di area gendang telinga
• Diserang rasa nyeri serta pusing dengan mendadak
• Demam tinggi sampai 39 derajat celsius diselangi denga menggigil
• Hilangnya daya pendengaran sementara

2. Peradangan telinga bagian tengah

Peradangan telinga bagian tengah diakibatkan penyebaran infeksi dengan progresif dari tenggorokan (faringitis). Untuk pertolongan pertama menjadi penyembuhan serta memberikan obat paracetamol, lalu obat tetes khusus guna telinga bertanam benzocame maupun pemberian antibiotik berjenis amoxilin yang berfungsi untuk penghentian serta pencegahan infeksi.

3. Otitis media akut

Otitis media akut ialah infeksi jaringan telinga bagian tengah serta tulang tengah bersama kuman dan bakteri yang bisa mengakibatkan komplikasi.
Cirinya :
• Rasa kebas maupun mati rasa dibagian seputar wajah
• Mengalami kumpulan nanah yang terdapat dijaringan otak
• Tulang telinga tengah infeksi

4. Otitis media kronik

Otitis media kronik ialah infeksi menahun sebab bakteri yang dialami dalam telinga bagian tengah yang melibatkan gendang telinga jadi berlubang, nyeri serta mengeluarkan cairan bernanah. Kejadian tersebut mengakibatkan bau busuk menyengat.
Penyebabnya :
• Akibat luka bakar yang berpengaruh terhadap suhu di bagian telinga dalam serta tengah
• Kemasukan benda asing membahayakan yang asalnya dari zat kimia
• Adanya tekanan udara berubah/ tak seimbang dengan mendadak

Baca Juga :   5 Fungsi Kelenjar Getah Bening dan Pengertiannya Terlengkap

5. Barotitis media (aerotitis)

Bila mengalami di anak anak maka anjurkan memberikan vaksin pneumococus guna meredakan serta mengurangi dampak nyerinya dan dapat menyembuhkan peradagan mulai terparah. Pemberian vaksin tersebut bisa memberikan dampak rasa nyeri sampai 7 persen.
Gangguan ini sebab tekanan udara seperti : tube eustakius terjadi penyumbatan total sebab infeksi parah, sebab diserang alergi jadi tekanan saat udara tak dapat mengalir menuju ke telinga bagian tengah.

6. Akibat sakit kepala vertigo

Sakit kepala vertigo merupakan sakit yang membuat penderitanya sedang berputar putar. Apa dilihatnya tentu seperti sedang berputar meski dalam kondisi sedang berbaring akan terus ada rasa berputarnya. Vertigo tersebut bisa mengganggu fungsi telinga di bagian tengah yang mempunyai saluran udara masih saling berhubungan dengan saluran di jaringan kepala.

7. Tinnitus (telinga berdengung)

Tellinga berdengung dialmi setiap manusia namun bisa terlalu sering dalam satu hari maupun parahnya dialami setiap hari yang masih dalam volume sering. Maka kondisi telinga terjadi ketidakseimbangan jaringan.

8. Penyebab

• Kecanduan merokok berpotensi sekali menderita telinga berdengung
• Adanya perubahan bentuk serta kondisi kelenturan tulang yang makin keras yang dialami telinga bagian tengah (otoskierosis)

9. Fungsi saluran eustachius

• Mengirimkan lendir secara perlahan yang asalnya dari jaringan sel yang terdapat di telinga tengah menuju belakang hidung sehingga mengganggu kinerja hidung
• Untuk pemblokiran gerak umum supaya tak dapat masuk dalam telinga tengah
• Mempertahankan keseimbangan tekanan udara serta mengontrolnya melalui tekanan udara ada disekitar udara.

Jadi, itulah tadi 5 bagian bagian telinga tengah dan fungsinya. Jadi, telinga bagian tengah ini diapit gendang telinga sebagai energi gelombang suara menuju indra pendengaran. Bagian telingah ini sensitif sehingga mudah terjangkit penyakit maupun gangguan lainnya saat mendengar pantulan suara. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia

Baca juga: