5 Akibat Kurang Air bagi Tumbuhan

2 min read

5 Akibat Kurang Air bagi Tumbuhan

5 Akibat Kurang Air bagi Tumbuhan – Air sangat di butuhkan oleh tanaman karena merupakan komponen utama dalam sel-sel untuk menyusun jaringan tanaman (70% — 90%), pelarut dan medium reaksi biokimia, medium tranpor senyawa, memberikan tugor bagi sel, bahan baku pembentukan klorofil dan menjaga suhu tanaman supaya konstan. Air akan melarutkan unsur hara yang ada di dalam tanah dengan mudahnya dan tanaman dapat menyerap unsur hara yang sudah terlarut dalam tanah. Maka dari proses tersebutlah terjadinya proses fotosintesis. Hasil fotosintesis ini nantinya akan digunakan oleh tumbuhan sebagai proses pertumbuhannya.

5 Akibat Kurang Air bagi Tumbuhan

Alasan Tumbuhan Butuh Air

Tanaman membutuhakan air dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Tanaman yang dipelihara harus disiram dengan teratur untuk memastikan tanaman tersebut tumbuh dengan baik. Pada dasarnya tanaman dapat hidup dan tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan manusia untuk menyiram dan memberikan pupuk tambahan. Tanaman yang kekurangan air bisa juga disebabkan oleh pemilik tanaman yang tidak menyirami tanamanya secara rutin, atau tanaman tersebut berada di daerah yang kekurangan air.

Alam telah menyediakan semua mineral yang dibutuhkan oleh tanaman di bumi ini. Seperti contohnya hutan, hutan mendapatkan air yang cukup dari hujan dan air tanah, sehingga tidak perlu disiram. Permasalahannya akan terjadi saat kemarau panjang yang dapat mengakibatkan kekeringan.

Kurangnya curah hujan yang turun pastinya akan menyebabkan tanaman menjadi kering dan dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Hal ini tentu saja akan menimbulkan banyak masalah. Masalah tersebut tidak hanya polusi udara, tetapi juga kerusakan ekosistem hutan yang merupakan masalah sangat besar.

Baca Juga :   11 Ciri Tanaman Yang Dapat Di Stek Beserta Jenisnya Lengkap

Tanda Tanda atau Akibat Tumbuhan Kekurangan Air

Jadi, jika memang memiliki tanaman maka perlu memberikannya cukup air sehingga tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Tanaman bisa tumbuh sendiri tanpa bantuan manusia jika memang media dan lingkungan di sekitarnya mendukung. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara singkat tentang 5 Akibat Kurang Air Bagi Tumbuhan yang bisa Anda simak ulasan berikut ini :

Tanaman yang kekurangan air akan menderita berbagai gejala. Tanda-tanda akibat kurangnya air bagi tumbuhan tersebut antara lain :

1. Pertumbuhan dari tumbuhan yang menurun
2. Daun yang kecil dan tidak berwarna semestinya
3. Tanaman menjadi menyusut atau mengecil
4. Warna tanaman seperti akan cepat pudar
5. Mengurangi pertumbuhan xylem atau mengurangi proses pertumbuhan jangka panjang pada tumbuhan.

Peran Air Bagi Tumbuhan

Air merupakan salah satu komponen fisik yang sangat vital dan di butuhkan dalam jumlah besar untuk manusia. Bukan hanya hanya manusia saja, air juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sebanyak 85% sampai dengan 90% dari bobot segar sel-sel dan jaringan tanaman tinggi air adalah air. Berikut ini adalah peran air bagi tumbuhan antara lain:

  1. Komponen utama dalam proses fotosintesis dan transpirasi. Sebagai komponen utama dalam proses fotosintesis, maka tentu saja air menjadi hal yang penting sekali sebagai sumber energi bagi tanaman tersebut. Tumbuhan yang kekurangan air bisa mengakibatkan kurangnya pertumbuhan pada tanaman, selain itu juga bisa menyebabkan tanaman menjadi lemah.
  2. Turgor pressure untuk membuat tanaman tetap tegak. Jika tanaman mengalami kekurangan air, maka tanaman tersebut akan menjadi layu atau sudah tidak terlihat segar lagi dan tidak akan tegak lagi.
  3. Membantu menggerakkan mineral dari tanah menuju ke atas tumbuhan. Mineral tersebut misalnya NO3­¯, NH4+, H2PO4¯, dan lain-lain. Terjadinya kekurangan air juga bisa menyebabkan mineral dari tanah tidak dapat masuk ke dalam tumbuhan. Jika hal itu terjadi, maka tumbuhan tidak hanya kekurangan air akan tetapi juga kekurangan mineral tersebut. Dan tentu saja terjadinya kekurangan air dan mineral akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan juga mengganggu kesehatannya.
  4. Menyalurkan hasil dari fotosintesis melalui tanaman termasuk menurunkannya ke bagian akar. Selain sebagai pertumbuhan tanaman, air juga berguna dalam menyalurkan hasil dari proses fotosintesis ke bagian-bagian tubuh lainnya pada tanaman. Mulai dari daun, bagian-bagian bunga, batang, sampai dengan akar tanaman. Jadi kekurangan air dapat mengurangi kesehatan akar yang memicu menurunnya kesehatan pada tanaman.
  5. Mengatur pembukaan dan menutupnya stomata, dan juga mengatur masalah transpirasi dan fotosintesis. Selain mengakibatkan pengurangan pertumbuhan dan kesehatan pada tanaman. Kekurangan air ini juga akan mengurangi efek pendinginan pada tanaman. Tanaman yang kekurangan air bisa menjadi kepanasan, jika hal tersebut terjadi tentu saja tidak baik bagi perkembangan tanaman.
  6. Sumber tekanan untuk menggerakkan akar ke dalam tanah. Jadi kekurangan air dapat mengurangi pertumbuhan akar dan mengurangai pertumbuhan dan kesehatan tanaman.
  7. Menjadi media untuk reaksi biokimia. Perlu diketahui, bahwa air juga berperan sebagai tempat terjadinya reaksi biokimia dalam tumbuhan. Jika terjadi kekurangan air pada tumbuhan, maka hal tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan tumbuhan menjadi terganggu.
Baca Juga :   Fungsi Klorofil Pada Proses Fotosintesis

Kesimpulannya, tumbuhan sangat membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Setiap tumbuhan membutuhkan air dengan takaran yang berbeda-beda tergantung dengan jenis tumbuhannya. Ada tumbuhan yang membutuhkan banyak air dan ada juga tumbuhan yang tidak begitu membutuhkan banyak air seperti contohnya kaktus. Kondisi tanaman pada luar ruangan dan di dalam ruangan juga berbeda-beda. Jadi setiap jenis tanaman sangat khas sehingga perlu dipelajari terlebih dahulu. Hal ini agak berbeda dengan manusia yang secara umum sama dalam kebutuhan airnya setiap hari.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Akibat Kurang Air Bagi Tumbuhan yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian. Terima kasih.

Baca juga:

Ciri-Ciri Penyerbukan Anemogami Terlengkap

Inilah Keunikan Cara Penguin Berkembang Biak