4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal

2 min read

4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal

4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal – Saat ini mendaki gunung atau pergi hiking merupakan salah satu hobi yang digemari oleh banyak orang. Orang yang hobinya berhubungan langsung dengan alam pastinya pernah mengalami gigitan serangga, baik itu nyamuk, semut, atau serangga lainnya yang lebih berbahaya. Bahkan orang yang hanya berdiam di rumah pasti juga pernah mengalami gigitan serangga tersebut. Gigitan yang disebabkan oleh serangga tentunya sering meniggalkan rasa gatal serta bekas berwarna kemerahan pada kulit yang sangat mengganggu.

4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal

Pada kenyataannya terdapat berbagai macam jenis yang hidup di alam. Beberapa serangga tersebut hanyaa akan menyengat apabila merasa terancam, dan sebagian lainnya sengaja menggigit untuk memakan darah manusia. Walaupun demikian kedua tipe serangga tersebut bisa menimbulkan kondisi yang ringan hingga berat pada makhluk yang digigitnya. Beberapa serangga yang menggigit manusia demi meminum darah dan disaat itu pula menyebarkan penyakit, yaitu:

  • Kutu – Beberapa kutu tertentu dapat menyebarkan penyakit, seperti pes pada system limfatik dan penyakit lyme.
  • Lalat – Seperti hanya kutu beberapa lalat yang ada di alam dapat menggigit dan menyebarkan penyakit, seperti lalat tsetse yang dapat menyebabkan penyakit tidur.
  • Nyamuk – Umumnya gigitan yang disebabkan oleh nyamuk hanya terasa gatal. Akan tetapi gigitan jenis nyamuk tertentu dapat menyebarkan penyakit, seperti infeksi virus Zika, malaria, demam berdarah, dan lain sebagainya.
Baca Juga :   Perbedaan Hewan Diploblastik Dengan Triploblastic

Selain serangga yang dapat menyebabkan penyakit seperti di atas, terdapat beberapa serangga yang hanya menggigit, namun dapat menyebabkan reaksi alergi, yaitu lebah, tawon, dan semut api. Rasa gatal dan ruam kemerahan akibat serangga, sebenarnya tergantung dari cara serangga tersebut menggigit atau menyengat. Penjelasan 4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal lebih jelasnya sebagai berikut:

4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal

1. Adanya racun yang disuntikkan melalui gigitan

Serangga yang menggigit ataupun menyengat seseorang sebenarnya mereka menyuntikkan sejumlah kecil rajun ke kulit. Akan tetapi, beberapa racun yang disuntikkan melalui gigitan maupun sengatan ada yang tidak berbahaya dan jumlahnya juga sedikit. Sehingga rasa gatal dan warna kulit menjadi kemerahan tidak bertahan lama. System kekebalan tubuh pada manusia akan memerangi racun tersebut dengan cepat dan dari respon biologis dalam memerangi racun itulah yang menimbulkan rasa gatal serta warna kemerahan pada kulit.

Pada kasus gigitan serangga jenis nyamuk, yang menggigit hanyalah nyamuk betina saja. Hal ini disebabkan karena nyamuk betina membutuhkan darah, baik darah hewan ataupun manusia untuk proses pembentukan telur. Nyamuk betina membutuhkan darah sebagai asupan untuk perkembangan telurnya. Nyamuk betina yang akan menggigit dapat mencari pembuluh darah yang letaknya dekat dengan permukaan kulit, sehingga darah manusia atau hewan dapat diambil dengan alat dimulutnya. Alat tersebut dinamakan dengan Proboscis.

2. Berasal dari air liur serangga

4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal selanjutnya yaitu berasal dari air liur serangga. Rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit setelah digigit serangga seperti nyamuk timbul dikarenakan air liur nyamuk ikut disuntikkan ketika menggigit. Air liur ini juga berfungsi sebagai zat antikoagulan yang gunanya untuk mencegah pembekuan darah pada saat proses penyedotan. Sehingga nyamuk tersebut dapat menyedot darah dengan lancar hingga mereka kenyang.

Baca Juga :   Fungsi dan Jenis Kelenjar Mammae Pada Mamalia Beserta Contohnya Lengkap

3. Respon datang dari otak manusia

Kemudian yang akan terjadi pada tubuh manusia saat digigit nyamuk secara biologis adalah tubuh akan mendetekdi air liur nyamuk sebagai sebuah gangguan. Selanjutnya akan memerintahkan syaraf mengirimkan sinyal ke otak. Otak kemudian akan merespon sinyal tersebut dengan menimbulkan perasaan gatal serta tidak nyaman yang disertai dengan bengkak memerah pada kulit sebagai bentuk perlindungan yang dilakukan oleh sel-sel darah.

Namun, perlu anda ketahui bahwa air liur dari nyamuk sebenarnya tidak berbahaya, kecuali apabila nyamuk yang menggigit merupakan jenis nyamuk pembawa penyakit tertentu, seperti penyakit malaria dan demam berdarah. Sehingga gigitan nyamuk tersebut perlu untuk diwaspadai. Air iur nyamuk pembawa penyakit akan membawa racun yang memudahkan untuk penyebaran penyakit selama penyedotan daraah, sehingga darah akan bercampur dengaan bibit penyakit yang dibawa nyamuk tersebut.

4. Reflek yang timbul saat digigit

Pada umumnya rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit setelah digigit serangga akan hilang dengan sendirinya dalam waktu yang tidak lama. Akan tetapi kebanyakan dari kita akan merasa sangat tergaanggu, dan secara otomatis tangan kita akan menggaruk atau menepuk bagian yang digigit serangga tersebut. Tidak terkecuali pada saat kita sedang tidur. Padahal sebenarnya perlu anda tahu bahwa dengan menggaruk bekas gigitan atau sengatan serangga tersebut, malah akan menyebarkan air liur nyamuk ke permukaann kulit disekitarnya dan justru akan membuat rasa gatal tersebut bertambah luas.

Jadi, apabila anda mengalami gigitan atau sengatan serangga sebaiknya cukup ditepuk saja atau memakai lotion khusus untuk melindungi gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Sehingga anda akan terhindar dari risiko penyakit atau gangguan tidak nyaman.

Baca Juga :   Ciri-Ciri Hewan Porifera Terlengkap Beserta Penjelasannya

Nah, itulah penjelasan mengenai 4 Sebab Gigitan Serangga Membuat Kulit Memerah Dan Gatal yang perlu anda ketahui. Sehingga dengan demikian kita dapat mengerti bahwa penyebab rasa gatal dan kemerahan pada kulit sebenarnya dari air liur serangga yang ikut masuk ke kulit kita. Untuk itu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal anda sangat di sarankan. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat dan memberikan informasi bagi kita semua.

Baca juga: