4 Manfaat dan Tujuan Biologi Di Bidang Kosmetik Lengkap

2 min read

4 Manfaat dan Tujuan Biologi Di Bidang Kosmetik

4 Manfaat Biologi Dibidang Kosmetik – Biologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup memiliki cangkupan yang begitu luas serta berhubungan dengan beragam bidang. Termasuk di dalamnya bidang mengenai kegiatan sehari-hari mulai dari pertanian dan pangan, obat-obatan, sandang, lingkungan, hingga bidang estetika atau kecantikan yang berhubungan dengan bahan kosmetik. Semua bidang tersebut tetap membutuhkan peran dari ilmu biologi di dalamnya. Biologi diperlukan sebagai dasar dalam menentukan unsur terbaik yang erat kaitannya dengan tubuh seseorang beserta reaksinya. Salah satu yang saat ini menjadi kebutuhan semua orang yaitu kosmetik.

4 Manfaat dan Tujuan Biologi Di Bidang Kosmetik

Tujuan Penggunaan Kosmetik

Kosmetik yang sekarang ini dapat digunakan untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit tidak hanya dibutuhkan oleh kaum hawa saja, melainkan juga dibutuhkan oleh kaum adam. Kosmetik merupakan zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan ataupun aroma tubuh manusia. Terbuat dari campuran beragam senyawa kimia dan beberapa terbuat dari bahan alami serta kebanyakan dari bahan sintetis. Selain dapat meningkatkan penampilan kosmetik juga memiliki beberapa fungsi atau tujuan penggunaan kosmetik tersebut.

  1. Untuk meningkatkan daya tarik melalui make-up
  2. Sebagai pendukung kebersihan pribadi
  3. Meningkatkan rasa percaya diri dan perasaan tenang
  4. Dapat melindungi kulit serta rambut dari kerusakan sinar ultra violet
  5. Menjaga rambut dan kulit dari polusi dan faktor lingkungan lainnya
  6. Dapat mencegah penuaan
Baca Juga :   Tips Dan Cara Memilih Bet Tenis Meja Yang Tepat Dan Baik

Dari beberapa tujuan tersebut secara umum tujuan dari penggunaan kosmetik bahwa seseorang dapat lebih menikmati dan menghargai hidup. Dulunya kosmetik hanya digunakan oleh wanita sebagai perawatan kulit dan untuk mempercantik wajah. Namun untuk sekarang kosmetik telah banyak digunakan oleh semua gender, baik wanita ataupun pria. Bahkan untuk anak kecil sekalipun kosmetik telah banyak diterapkan, yang terpenting kandungan di dalamnya cocok untuk kulit anak-anak. Maka dari itu dibutuhkan ilmu biologi agar dapat menganalisis kandungan dan takaran senyawa kimia yang ada di dalam kosmetik.

Manfaat Biologi Dibidang Kosmetik

Kosmetik yang telah mendapatkan pengolahan yang tepat dapat digunakan secara maksimal sebagai bahan kosmetik. Bahan kosmetik yang memang aman mampu menimbulkan reaksi biologis yang positif pada pemakainya. Untuk itu berikut ini 4 Manfaat Biologi Dibidang Kosmetik.

1. Menentukan unsur dasar dalam pembuatan kosmetik

Pada umumnya kosmetik terbuat dari bahan-bahan alami yang dicampur dengan bahan lain sebagai pelengkap untuk memaksimalkan fungsinya. Tidak hanya itu pelengkap yang dicampurkan diharapkan dapat mencegah penyakit kulit akibat alergi penggunaan kosmetik. Maka dari itu, dalam pembuatan kosmetik tentu saja harus diketahui unsur biologis apa saja yang terdapat dalam suatu bahan dasar kosmetik tersebut. Sehingga nantinya dapat tercipta produk kosmetik yang bermanfaat dan baik untuk tubuh atau kulit.

Biologi dalam hal ini digunakan untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada tanaman atau unsur apa saja yang mengandung vitamin C, vitamin A, dll. Hal ini karena vitamin tersebut sangat baik dan dibutuhkan oleh kulit manusia. Selain itu berguna untuk mengetahui seberapa besarkan kadar yang dibutuhkan untuk pembuatan kosmetik tersebut.

2. Mengetahui reaksi biologi kosmetik pada pengguna

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap unsur bahan pembuat kosmetik tentu mempunyai kandungan biologis yangberbeda-beda. Sehingga pada saat digunakan akan menimbulkan reaksi biologi pada penggunanya sesuai dengan kondisi kulit penggunanya tersebut. Misalnya saja pelembab pada suatu bahan kosmetik yang digunakan pada kulit kering, lembab, atau sensitive, akan meimbulkan reaksi yang berbeda. Untuk itulah dibutuhkan ilmu biologi sebagai penentu penggunaan bahan dasar kosmetik agar menghasilkan produk kosmetik yang berkualitas untuk semua jenis kulit.

Baca Juga :   Pengertian Lingkungan Hidup - Unsur, Faktor Kerusakan dan Upaya Pelestariannya

3. Menghindari risiko kerusakan kulit serta tubuh akibat kosmetik

4 Manfaat Biologi Dibidang Kosmetik selanjutnya yaitu untuk menghindari risiko kerusakan kulit. Terdapat beberapa bahan berbahaya yang seharusnya tidak digunakan untuk pembuatan kosmetik. Bahan-bahan yang mempunyai reaksi biologi pada kulit apabila digunakan pada dalam kadar yang kurang atau berlebih dapat menimbulkan reaksi.

Sebab itulah biologi dipergunakan untuk mengetahui reaksi apa saja yang terjadi pada kukit dan tubuh manusia yang memakai kosmetik. Selain itu, untuk mencegah ketidakcocokan yang berisiko pada iritasi kulit, memberi respon terbaik pada kulit, serta untuk menghindari kerusakan kulit karena penggunaan bahan tertentu yang berbahaya.

4. Menentukan cara pengolahan kosmetik yang baik

Terdapat banyak kosmetik yang telah beredar di pasaran. Dari semua kosmetik tersebut anda dapat mengetahui bahan dasar dari keterangan yang tercantum, sehingga anda dapat lebih cerdas dalam memilih kosmetik yang aman. Tidak hanya itu dalam pembuatannya tiap pabrik atau perusahaan kosmetik membutuhkan ilmu biologi dalam pengolahannya. Sehingga kadar bahan yang digunakan lebih tepat dan memberikan reaksi yang positif. Biologi sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menentukan standar pembuatan kosmetik yang terbaik, mulai dari kebersihan, keamanan, dan mutunya. Sehingga tidak akan menghasilkan produk kosmetik yang sembarangan.

Keempat manfaat biologi di bidang kosmetik tersebut sangat membantu perusahaan kosmetik dalam menganalisis kandungan dan menentukan standar yang tepat dalam pembuatan kosmetik. Mengingat bahwa kosmetik menjadi sesuatu yang selalu dibutuhkan setiap harinya. Istilahnya kosmetik ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Nah, demikian pembahasan mengenai 4 Manfaat Biologi Dibidang Kosmetik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidak semua kosmetik terbuat dari bahan kimia saja. Melainkan terdapat campuran bahan alami yang dapat bermanfaat untuk kulit dan tubuh. Sehingga biologi memiliki peran yang penting dalam prosesnya. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan.

Baca Juga :   10 Manfaat Biologi Dalam Bidang Budidaya Dan Pertanian Pengelolaan Lingkungan

Baca juga: