4 Fungsi Enzim Enterokinase – Pengertian Dan Mekanismenya Lengkap

2 min read

4 Fungsi Enzim Enterokinase Dan Mekanismenya

4 Fungsi Enzim Enterokinase Dan Mekanismenya – Enzim sangat erat kaitannya dengan segala macam proses metabolisme yang terjadi pada tubuh organisme. Metabolisme di dalam tubuh tidak akan sempurna apabila tidak ada peran dari enzim. Seperti halnya enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan makanan sehingga mudah untuk diserap oleh tubuh. Enzim pencernaan memiliki fungsi utama yaitu sebagai pemecah makromolekul polimerik (molekul besar) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Hal tersebut dikarenakan hanya partikel kecillah yang dapat diserap oleh tubuh.

Fungsi Enzim Enterokinase

Enzim pencernaan tentu saja dapat ditemukan di dalam saluran pencernaan, seperti mulut, kelenjar pancreas, lambung, dan usus halus. Keempat organ tersebut masing-masing menghasilkan enzim yang berbeda, namun selalu bekerja sama untuk menyelesaikan proses pencernaan. Apabila kita lihat zat makanan yang telah kita konsumsi harus dipecah menjadi zat-zat yang lebih sederhana, yaitu zat yang mudah larut dan zat yang tidak larut. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai enzim dan zat yang dapat membantu pencernaan.

Pengelompokan Enzim Pencernaan

Menurut substrat targetnya, enzim pencernaan dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Protease dan peptidase memecah protein menjadi peptide serta asam amino kecil
  • Lipase membagi lemak menjadi 3 asam lemak dan molekul gliserol
  • Amilase membagi karbohidrat seperti pati dan juga gula menjadi gula sederhana seperti glukosa
  • Nuklease yang membagi asam nukleat menjadi nukleotida
Baca Juga :   Vitamin E : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya Terlengkap

Dari keempat keterangan tersebut kita ketahui bahwa fungsi dari enzim itu spesifik dan hanya zat tertentu yang dapat diproses oleh enzim tertentu pula. Seperti halnya enzim enterokinase yang terletak di dalam usus tepatnya di pancreas. Tidak hanya enzim enterokinase yang terdapat di dalam usus melainkan banyak lagi jenisnya, seperti enzim maltase, enzim lactase, enzim lipase, enzim peptidase, enzim sukrase, dan enzim enterokinase. Namun, yang akan kami bahas terlebih dahulu yaitu enzim enterokinase yang ada di dalam pancreas.

Fungsi Enzim Enterokinase Dan Mekanismenya

Berikut ini 4 Fungsi Enzim Enterokinase Dan Mekanismenya.

1. Activator enzim erepsinogen

Enzim erepsinogen merupakan enzim yang berada pada pancreas dalam tubuh manusia. Cara kerja dari enzim ini dapat di aktifkan apabila diaktifkan oleh enzim enterokinase. Apabila enzim enterokinase mengaktifkan enzim erepsinogen maka akan ada fungsi dari enzim selanjutnya yakni enzim erepsin. Enzim erepsin adalah enzim yang terletak didalam usus halus dan memiliki fungsi untuk mengubah pepton menjadi asam amino. Begitu juga sebaliknya, enzim erepsinogen yang tidak di aktifkan oleh enzim enterokinase maka enzim erepsin tidak dapat bekerja. Hal tersebut disebabkan karena enzim erepsin fungsinya akan bekerja jika enzim erepsinogen dapat bekerja dengan aktif.

2. Activator enzim tripsinogen

Pada usus halus, yaitu di pancreas terdapat beberapa enzim, seperti enzim lipase, enzim amylase, dan enzim tripsinogen. Enzim lipase memiliki fungsi sebagai pengubah emulsi lemak menjadi asam lemak. Sedangkan enzim amylase mengubah amilum menjadi maltosa dan enzim tripsinogen menjadi enzim tripsin. Fungsi dari setiap enzim yang ada di pancreas ini tentu saja ada yang mengaturnya. Pada enzim tripsinogen dapat bekerja jika adanya aktivasi dari enzim enterokinase. Kemudian tahapan enzim enterokinase dapat bekerja sebagai activator enzim tripsinogen.

Baca Juga :   Mengenal Enzim Hati

3. Pengubah pepton

4 Fungsi Enzim Enterokinase Dan Mekanismenya yaitu sebagai pengubah pepton. Ensim enterokinase dapat berfungsi sebagai aktifator enzim erepsinogen yang dapat mengubah pepton. Pepton merupakan sejenis hidrolisat protein yang terbentuk dari reaksi hidrolisis protein oleh enzim protease. Maka dari itu protein yang dihasilkan masih dalam bentuk yang masih sulit untuk dicerna oleh tubuh, maka enzim pepton akan mengubah protein menjadi asam amino. Bentuk protein menjadi asam amino akan mudah dicerna dan bakteri akan membantu proses penyimpanan protein dalam tubuh. Penyimpanan protein pada tubuh dapat disimpan dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk lemak dan dalam bentuk energy.

4. Penyerap sari – sari makanan di dalam usus

Enzim enterokinase yang terletak di usus menyebabkan enzim ini dan enzim lainnya memiliki peran dalam penyerapan sari-sari makanan yang dilakukan oleh usus. Terdapat beberapa zat yang dapat diolah oleh usus, yaitu polipeptida, tripeptida, dipeptida, maltose, laktosa, sukrosa, tripsinogen, dan nukleotida. Banyaknya zat yang diserap oleh usus karena terdapat bantuan enzim tentu saja terdapat zat yang juga dimanfaatkan oleh tubuh. Agar sari-sari makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh, maka proses seleksi yang dilakukan tidak hanya oleh enzim yang bekerja untuk merubah zat-zat tertentu. Namun, dilakukan oleh organ pencernaan lain yang ikut andil dalam proses penyerapan sari-sari makanan yang dilakukan oleh enzim yang ada di usus yaitu salah satunya enzim enterokinase.

Mekanisme Enzim Enterokinase

Enzim enterokinase terletak di dalam organ pencernaan manusia yakni usus halus. Berdasarkan fungsinya usus halus membantu enzim lainnya sebagai aktivator enzim erepsinogen, enzim tripsinogen, pengubah sari-sari makanandan pengubah pepton. Dari keempat fungsi tersebut pastilah penasaran bagaimana bisa enzim eterokinase bisa ada di dalam tubuh manusia. Mekanismenya pembentukan enzim enterokinase di dasari oleh sifat kerja enzim yang hanya dapat bekerja pada rekasi tertentu. Sehingga struktur biomolekul pada setiap enzim akan berbeda-beda. Tidak hanya struktur biomolekul yang berbeda, namun enzim enterokinase dapat terbentuk karena ada pengaruh dari suhu dan tingkat keasaman yang berbeda.

Baca Juga :   Sistem Imunisasi : Pengertian, Fungsi, dan Jenis - Jenisnya Lengkap

Demikian pembahasan mengenai 4 Fungsi Enzim Enterokinase Dan Mekanismenya. Jadi, kita dapat mengetahui bahwa zat makanan yang telah kita makan akan diproses oleh organ pencernaan atas bantuan dari enzim-enzim yang ada di dalamnya. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat.

Baca juga: