4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia

2 min read

4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia

4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia – Bernafas merupakan salah satu ciri utama dari makhluk hidup. Manusia adalah saalah satu makhluk hidup yang juga melakukan proses pernafasan tersebut untuk melangsungkan hidupnya. Salah satu sistem yang sangat berperan penting dalam tubuh manusia adalah sistem pernafasan. Tubuh akan mengambil oksigen yang berasal dari udara hasil dari fotosintesis tumbuhan. Dimana oksigen tersebut nantinya akan membantu dalam proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energy dari hasil memecah molekul makanan.

Sistem pernafasan manusia sama halnya dengan sistem pernafasan pada hewan vertebrata. Dimana sistem pernafasan tersebut dibantu oleh organ utama yaitu paru-paru. Paru-paru manusia mempunyai bagian yang hampir sama dengan paru-paru hewan bertebrata, namun memiliki susunan yang lebih kompleks.

Bagian Dari Paru-Paru

Sebelum mempelajari tentang 4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia sebaiknya kita apahami terlebih dahulu bagian-bagian dari paru-paru manusia. Dalam melakukan fungsinya secara optimal paru-paru akan bekerjasama dengan bagian-bagiannya dan menjalankan perannya masing-masing. Di bawah ini bagian-bagian paru-paru manusia yang perlu diketahui.

1. Bronkus

Bronkus adalah bagian percabangan dari tenggorokan atau trakea yang menghubungkaan paru-paru sebelah kanan dengan paru-paru sebelah kiri. Bronkus pada paru-paru kanan sedikit lebih besar dan tegak lurus jika dibandingkan dengan bronkus sebelah kiri. Brongkus manusia ini tersusun dari otot polos dan tulang rawan. Pada paru-paru bronkus mempunyai fungsi sebagai tempat difusi oksigen yang masuk melewati saluran pernafasan.

Baca Juga :   Rangka Manusia : Kegunaan, Bagian - Bagian, Kelainan dan Cara Merawatnya

2. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan bagian percabangan dari bronkus. Bronkiolus memiliki fungsi seagai jalan masuk udara menuju alveolus. Bronkiolus memiliki diameter sekitar 1 mm atau bahkan ada yang lebih kecil. Diameter tersebut berubah menyesuaikan tekanan udara yang masuk. Penyempitan dan perluasan bronkiolus dipengaruhi oleh saraf parasimpatis dan histamine. Jaingan yang ada pada bronkiolus tersusun dari sel epitel kuboid bersilia dan otot polos.

3. Alveolus

Alveolus atau jamaknya disebut dengan alveoli merupakan tempat pertukaaraan udara pada paru-paru. Bagian ini adalah gelembung-gelembung yang memiliki bentuk seperti buah anggur. Di dalam paru-paru manusia mempunyai sekiitar 700 juta buah alveolus yang mana bagian alveolus ini tersusun dari sel-sel epitel dan endothelium.

4. Pleura

Pleura merupakan selaput yang membungkus paru-paru serta berfungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan selama proses respirasi. Pleura paru-paru pada manusia terdiri dari dua lapisan tipis yaitu pleura vlisceral yang menjadi pembungkus paru-paru dan pleura parietal yang menempel pada rongga dada. Kedua lapisan ini dipisahkan oleh rongga yang dinamakan pleural cavity dan berisi cairan yang nantinya akan membantu dalam proses pernafasan.

5. Trakea

Tenggorokan atau bisa juga disebut dengan trakea merupakan bagian paru-paru yang menghubungkan bronkus dengan larynk. Trakea yang dimiliki manusia tersusun dari jaringan tulang rawan yang dilapisi oleh sel bersilia. Silia yang ada pada trakea mempunyai fungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam paru-paru.

6. Diafragma

Sementara bagian yang selanjutnya adalah diafragma. Diafragma merupakaan bagian paru-paru yang membaatasi rongga dada dengan rongga perut. Bagian ini berperan dalam pernafasan perut.

Cara Kerja Paru Paru

Berikut penjelasan selanjutnya tentang 4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia yang sebagian orang mungkin belum terlalu mengetahuinya. Berikut ini mekanisme cara kerja paru-paru:

  1. Mulanya oksigen yang masuk melewati rongga hidung ataupun mulut akan masuk ke dalam paru-paru melalui bronkus.
  2. Selanjutnya dari dalam paru-paru, oksigen akan berdifusi masuk kedalam kapiler-kapiler darah yang banyak terdapat pada bagian alveolus. Alveolus adalah percabangan dari bronkiolus dan tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida.
  3. Kemudian oksigen yang telah masuk kedalam kapiler darah tersebut selanjutnya akan diikat oleh hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah. Proses selanjutnya oksigen akan diedarkan keseluruh tubuh dan dibawa masuk ke dalam sel untuk membantu proses metabolisme tubuh dalam menghasilkan energy pada tubuh manusia. Energy yang dihasilkan tersebut berupa ATP (Adenosin Tripospat). ATP merupakan salah satu bentuk energy yang paling sederhana yang dapat digunakann oleh tubuh.
  4. Proses yang keempat karbondioksida sebagai sisa dari respirasi akan dibawa menuju organ jantung dan selanjutnya dibawa ke paru-paru melewati kapiler vena. Kemudian paru-paru akan membawa karbondioksida keluar dari tubuh melalui jalan yang sama ketika udara atau oksigen masuk.
Baca Juga :   Tulang Belakang Cakram : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Fungsi Paru Paru Manusia

Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan dipisahkan dengan rongga perut oleh suatu yang disebut dengan diafragma. Paru-paru juga dilingungi oleh tulang rusuk dan tulang dada. Secara umum, paru-paru manusia berfungsi sebagai:

  • Sistem ekskresi manusia
  • Sebagai penyaring gumpalan darah yang terbentuk pada vena
  • Berpengaruh dalam kinerja dan konsentrasi beberapa zat biologi dan obat-obatan yang masuk ke tubuh utamanya obat-pbatan yang mempengaruhi kinerja sel darah.
  • Sebagai pelindung bagi organ lain seperti hati dan jantung dari guncangan
  • Membantu proses terciptanya suara yang dilakukan oleh pita suara.
  • Paru-paru berperan juga dalam mencegah debu dan partikel asing yang masuk kedalam tubuh. Dikarenakann paru-paru mempunyai lapisan yang berlendir dan dilengkapi dengan silla yang berfungsi untuk menangkap partikel-partikel asing yang masuk bersama udara.

Sebagai organ pernafasan yang paling utama paru-paru mampu menampung oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, cara kerja paru-paru ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu salah satunya kesehatan organ pernafasan dan kebersihan lingkungan sekitar khususnya udara. Udara yang tercemar akan berdampak buruk bagi sistem paru-paru manusia dan dapat mengakibatkan gangguan sistem pernafasan. Untuk itu, disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihkan lingkungan.

Demikian ulasan mengenai 4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia yang dapat kita ketahui untuk menambah wawasan.

Baca juga:

Sistem Pernafasan Hewan Invertebrata Dan Penjelasannya

Ciri Ciri Hewan Arachnoidea Terlengkap Beserta Penjelasannya