4 Bagian Bagian Telinga Luar Dan Fungsinya Lengkap

2 min read

4 Bagian Bagian Telinga Luar Dan Fungsinya Lengkap

4 bagian bagian telinga luar dan fungsinya –telinga merupakan alat pendengaran yang tergolong dalam panca indera manusia dengan kemampuan unik di dalam mengenali serta mendeteksi berbagai macam energi yang bentuknya getaran suara serta bunyi bunyian yang bergerak lewat udara serta sekelilingnya. Oke, disini penulis akan menyampaikan seputar 4 bagian bagian telinga luar dan fungsinya.

Jaringan telinga mempunyai saluran yang bisa menjangkau suara keras sekali namun suaranya terlalu berlebihan bisa mencederai telinga. Panjang suara di telinga ini diameternya 2 hingga 2,5 cm yang berfungsi menyampaikan sebuah gelombang suara menuju ke arah telinga bagian tengah.

4 Bagian Bagian Telinga Luar Dan Fungsinya Lengkap

Bagian Bagian Telinga Luar

Jaringan telinga sensitif terhadap gelombang suara yang tak memiliki ventilasi cukup jadi gelombang yang telah dihasilkan hanya berputar putar pada area dalam telinga yang bisa mengakibatkan gendang telinga nyeri serta kehilangan pendengaran dengan bertahap. Kondisi tersebut kerap dialami pada penggunaan ear phone serta head set yang berlebihan yakni memakainya dengan lebih 5 jam maupun lebih setiap hari.
Berikut penjelasan tentang bagian-bagian telinga luar :

1. Daun telinga maupun aurikula

Daun telinga manusia memiliki struktur tulang lunak maupun rawan yang elastis yang dapat digerakkan kedepan, kebelakang dan ditekuk. Fungsi daun telinga berfugsi supaya telinga dapat dibersihkan dengan praktis terhadap sejumlah arah yang berbeda.

2. Saluran telinga luar

Saluran telinga luar memiliki kelenjar sudorifera yang menghasilkan seruman yakni semacam zat sama dengan cairan lilin yang bisa mengeras. Seruman ini bisa mengering, menghambat, atau bahkan memblokir sejumlah partikel halus dari udara mirip debu, kotoran lain dan serangan serangga agar tak langsung masuk di jaringan ketilanga dalam. Telinga memiliki ruang saluran yang lumayan panjang dan bisa menampung secara baik kualitas suara hingga di frekuensi 20.000 Hz lalu disalurkan kearah telinga tengah.

Baca Juga :   8 Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi Serta Tujuan Imunisasi Lengkap

3. Gendang telinga atau membran timpani

Membran timpani memiliki fungsi guna menerima serta menyaring dan menangkap gelombang suara yang membenturnya, apabila gelombang suara yang telah dipantulkan keras sekali dan mendengung, maka gendang telinga akan refleks memberikan sebuah signal dalam otak kemudian otak akan memberikan isyarat cepat pada kalian supaya secepatnya menutup telinga maupun membuang jauh-jauh headset dengan volume musi terlalu keras dengan memicu kerusakan jaringan telinga.

Posisi membran timpani pasti akan menutupi bagian ujung dari ekstern meatus. Lapisan kulit tulang rawan meatus ada kandungan bulu bulu banyak dan kelenjar yang dihasilkan mengandung serumen. Serumen ialah senyawa penting yang berfungsi guna menjaga kanal serta menghambat masuknya kotoran serta partikel buruk yang lain dengan terbawa lewat angin maupun udara. Namun, wujud serumen ini kadang bisa berubah jadi ancaman kesehatan untuk liang telinga bagian luar serta dalam bila mengalami penimbunan serumen yang mengendap kemudian jadi kerak keras sampai mengalami infeksi. Penyembuhannya hanya dapat dilakukan oleh dokter THT melalui jalan penyemprotan kedalam saluran telinga menggunakan resep obat yang direkom.

4. Kelenjar cairan minyak

Manfaat Kelenjar cairan minyak adalah melembabkan serta melumasi sekaligus dapat mengangkat semua partikel kotoran yang mengendap maupun berusaha ingin masuk di dalam lubang telinga

Fungsi telinga

  • Menjadi reseptor yang bisa menangkap sinyal energi suara serta bunyi bunyian yang bergerak lewat udara serta sekelilingnya.
  • Menjadi penunjang sukses kinerja bagian mata serta bagian otak sebagai satu kesatuan yang saling berhubungan supaya keseimbangan tubuh tetap terjaga.

Penyebab telinga terganggu

85% kesehata organ tubuh terganggu disebabkan akibat dari faktor manusia yang telah mengabaikan guna menjaga serta merawat tubuhnya setiap waktu. Sementara 15% sisanya semua bentuk penyakit maupun gangguan kesehatan diakibatkan oleh faktor alam yang cenderung muncul tidak bisa ditolak manusia.
Berikut ini penyebab telinga terganggu :

  • Othematoma ; tulang lunak telinga bagian luar memperoleh gangguan yang diiringi dengan rasa nyeri serta mengeluarkan darah di bagian dalam telinga.
  • Terlalu lama tak melakukan pembersihan ; kotoran didalam telinga bila terlalu lama tak diberishkan maka mengakibatkan endapan berwujud kotoran beku. Pembekuan kotoran tersebut berubah mengeras seperti karang yang sulit untuk dihilangkan melalui manual sebab bekuan kotoran sudah menutupi sekeliling saluran berupa silinder. Pembekuan ini bisa menyumbat masuknya gelombang suara serta tak menyentuh gendah telinga yang menyebabkan menurunnya daya pendengaran.
  • Perikondritis ; bagian luar tulang rawan bagian telinga ini terjadi luka dan infeksi.
  • Otomikosa ; sebab keadaan liang telinga bagian luar memiliki kelembaban alami yang tinggi sekali, maka akan mudah mengalami luka serta infeksi yang diakibatkan oleh jamur.
  • Dan masih banyak penyebab lainnya sehingga menganggu telinga.
Baca Juga :   Otot Polos: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya Lengkap

Jenis tulang rawan

  • Tulang rawan hialin ialah tulang rawan yang mengandung banyak serat kolagen bertipe 11 dan chondrosit yang fungsinya memperkuat saluran pernapasan, bronkus, trakea dan ujung tulang yang panjang dll.
  • Tulang kartilago elastis ialah tulang rawan yang mengandung banyak serabut fleksibel yang kadang ada dibagian daun telinga serta tube estachii di telinga dalam.
  • Fibrikartilago ialah jaringan tulang rawan terkaya dengan kandungan serat kolagen yang mengakibatkan tulang kokoh dan kuat.

Nah, itu dia mengenai 4 bagian bagian telinga luar dan fungsinya. Telinga merupakan panca indra manusia yang berperan penting dalam menjalankan aktivitas. Sehingga kalian harus benar-benar bisa menjaga kesehatan telinga. Seringlah membersihkan bagian telinga, salah satunya dengan menggunakan cotton but. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuannya.

Baca juga: