3 Sebab Mata Kucing Bisa Menyala Beserta Penjelasannya Lengkap

2 min read

Sebab Mata Kucing Bisa Menyala

3 sebab mata kucing bisa menyala – kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat populer di dunia yang mana ada cara sendiri untuk menjinakkan kucing peliharaan ini. Hewan kucing terkenal menjadi hewan yang ceria, setia, serta menyenangkan bila diajak bermain. Kucing ini juga mempunyai kesan yang imut sekali. Ada sangat banyak orang yang lebih memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Di dunia ini ada beragam ras kucing, dan mereka mempunyai kunikan yakni matanya dapat menyala. Nah, berikut kami rangkum mengenai 3 sebab mata kucing bisa menyala.

Bila sobat mengamati atau juga pernah melihat seekor kucing saat ada di dalam kegelapan maupun di malam hari serta memahami fungsi dari hewan kucing. Sudah pasti terdapat keunikannya sendiri, mata dari hewan kucing ini terlihat menyala dan bersinar jadi kadang terlihat seperti tatapan yang tajam. Lantas kenapa bisa demikian ya? Yuk simak lebih detailnya dalam uraian berikut tentang sebab mata kucing dapat menyala.

Sebab Mata Kucing Bisa Menyala

Ternyata ya sobat, mata bula besar yang dipunyai hewan kucing ini memang tercipta guna beroprasi jauh lebih baik pada kondisi kurang cahaya serta gelap terhadap mata manusia. Dikenal sebagai hewan pemburu aktif ini ketika fajar serta senja tersebut adalah momen paling baik untuk mengintai para mangsanya yang termasuk sebagai contoh dari hewan karnivora.

Hewan kucing ini yang ada dalam kondisi alam liar lebih dominan tidur di sepanjang harinya serta paling aktif ketika malam hari sebab fungsi dasarnya ini dari mata yang dapat membantu dalam kondisi gelap, sementara pada siang hari dipakai guna waktu istirahat serta untuk bersantay.

Baca Juga :   10 Contoh Hewan Amfibi Terlengkap Beserta Penjelasannya

Pengaruh pupil mata

Pertama kawa, cobalah untuk melihat mata kucing ketika malam hari di bawah lampu terang, pada pupil mata tersebut akan terlihat bentuknya ellips bukannya melingkar. Pada waktu di bawah cahaya lampu pupilnya ini akan menyempit sebab melindungi retina mata yang sensitif terhadap kerusakan. Sementara ketika dalam kondisi gelap pupilnya akan melebar guna mengakomodasi pencahayaan dengan lebih rendah. Pupil ini akan memenuhi kebutuhan matanya jadi membuat matanya menjadi nampak hampir hitam secara keseluruhan.

Lapisan tapetum lucidum

Kedua, cahaya merah yang terdapat di area mata hewan kucing ini dikarenakan oleh sebuah cahaya yang memantul dari lapisan jaringan yang dikenal dengan nama “tapetum lucidum”. Istilah tapetum lucidum ialah bahasa latin yang artinya “bright carpet”. Lapisan ini melapisi di bagian belakang bola mata serta ada di bagian belakangnya retina di seluruh hewan kucing.

Hal tersebut fungsinya seperti cermin yang sebagai cerminan cahaya yang tak dapat diserap ketika melalui retina. Hasilnya ialah cahaya dengan menakutkan ketika mata kucing menangkap sinar di sebuah ruangan gelap. Lebih menariknya ini tidak seluruh mata hewan kucing nantinya akan berwarna merah pada malam hari. Itu semua bergantung dengan warna mata asli hewan kucing. Tidak Cuma merah, namun biasanya warnanya biru serta kehijauan.

Pembentukan nyala cahaya di bagian mata

Tapetum lucidum yang dipunyai oleh hewan kucing tersebut segera memantulkan cahaya dan tak menyerap cahaya ketika masuk di dalam retina di setiap mata hewan kucing. Hal ini berfungsi sendiri baginya, yakni sebagai pembantu retina guna meningkatkan penglihatan kucing sendiri. Tapetum lucidum ada di bagian belakang retina berbentuk membran membran dengan jumlah 15 lapisan khusus.

Baca Juga :   6 Pengelompokan Hewan Beserta Contohnya lengkap

Membran membran ini mempunyai kandungan sejumlah sel yang berkilau serta mempunyai pengaruh misalnya seperti cermin. Warna pantulan cahaya yang kadang muncul berwarna emas kehijauan, akan tetapi di sejumlah kucing lainnya bisa menghasilkan warna yang berbeda. Misalnya seperti kucing sia dengan menghasilkan warna merah atau ruby jadi pada waktu malam hari maupun di dalam kondisi gelap mata kucing dapat kelihatan unik serta bercahaya terang.

Kucing termasuk hewan nocturnal

Hewan noctural adalah hewan teraktif yang bergerak pada malam hari. Oleh karena itu, kemampuannya dalam melihat kucing dalam kondisi gelap dapat disebut lebih baik dibandingkan dengan manusia. Akan tetapi, bukan berarti kucing bisa melihat dalam kondisi gelap tetapi tanpa ada cahaya sama sekali. Mata kucing pun mempunyai fungsi guna memantulkan kembali cahaya yang telah masuk di dalam mataya jadi membantunya melihat dalam kondisi gelap. Pantulan itulah yang mengakibatkan mata kucing dapat bersinar dalam kondisi kegelapan. Tidak Cuma pada kucing saja, mata hewan noctural lain misalnya racoan, anjing, dan lemur pun bsia bersinar saat gelap.
Kebutuhan cahaya pada mata kucing

Mata kucing ini hanya memerlukan 1/6 kekuatan cahaya guna bisa melihat dalam kondisi kegelapan. Hal tersebut yang memudahkan kucing bsia melihat dalam kondisi malam hari serta mendeteksi adanya sejumlah benda yang ada di sekitarnya walaupun dalam kondisi yang gelap.

Nah kawan, itu dia alasan secara biologis kenapa kucing dapat menyeala matanya di malam hari maupun dalam keadaan gelap. Sudah pasti keunikan tersebut memang digunakan hewan kucing guna berburu mangsa jadi ia dapat tetap berjalan serta melihat mangsanya yang bersembunyi meskipun ada di lingkungan yang paling gelap.

Baca Juga :   Daur Hidup Nyamuk, Cara Berkembang, Penyakit dan Cara Mengatasinya Lengkap

Sehingga, bila kalian mempunyai hewan peliharaan kucing di rumah, tidak apa apa sekali membiarkan mereka di luar rumah ketika malam hari. Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai 3 sebab mata kucing bisa menyala. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua, sampai jumpa di tulisan selanjutnya. Terima kasih

Baca juga: