3 Fungsi Lapisan Ozon

2 min read

3 Fungsi Lapisan Ozon

3 fungsi lapisan ozon – ozon sebenarnya merupakan sebuah jenis gas racun yang apabila ada didekatnya permukaan tanah berbahaya sekali, sebab bisa merusak fungsi paru-paru. Perusahaan jaman sekarang ini membuang banyak ozon dengan secara tak langsung mereka ciptakan di udara.

Gas ozon ada di lapisan troposfer yang membentuk kabut asap beracun. Hal tersebut justru akan membuat tercemar. Bukan mirip oksigen yang wajib dihirup, namun ozon dapat merusak paru-paru kita. Bila banyak ozon dilapisan troposfer dikhawatirkan bisa meningkatkan jumlah pasien iritasi saluran pernapasan dan untuk pasien masalah kardiopulmoner bisa mengakibatkan penyakit pernapasan akut.

Oleh sebab itu, harus terletak dipermukaan tanah supaya manusia dan makhluk hidup lain tak tercemar. Walaupun jumlahnya ozon pada lapisan troposfer dapat dibilang sedikit, tak sampai 10% namun tetap saja gas ozon hasil dari industri ini perlu mendapaykan perhatian khusus dari pemerintah, sebab sudah menyangkut kesehatan hidup banya orang.

Walau terkenal beracun apabila dihirup, namun sejatinya gas ozon dibutuhkan sekali untuk kelangsungan hidup dibumi. Sebagian besar ozonnya kurang lebih 90% ada di lapisan stratosfer, yakni kurang lebih 19-48 km diatas permukaan bumi. Berikut mengenai 3 fungsi lapisan ozon.

Fungsi Umum Lapisan Ozon

Fungsi lapisan ozon secara umum guna melindungi kita terhadap sinar ultraviolet matahari yang bisa mengakibatkan kanker. Dalam hal tersebut lapisan ozon fungsinya menjadi tabir surya untuk bumi serta menyerap kurang lebih 98% terhadap sinar UV yang dikenal berbahaya.

Baca Juga :   7 Manfaat Biologi di Berbagai Bidang Kehidupan

Oleh karena itu, sebagian hal yang dikhawatirkan bila mengalami penipisan lapisan ozon ialah meningkatnya jumlah pasien kanker kulit serta katarak. Para ilmuan dunia sudah bersepakat bahwa sinar matahari bernama UV-A bisa menembus kulit bagian dalam yang bisa mengakibatkan kanker mematikan, penuaan dini dan melanoma.
Selain fungsi diatas ada lagi fungsi lain pada lapisan ozon, yakni :

Fungsi Lapisan Ozon Bagi Kesehatan

1. Mencegah kanker kulit

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa lapisan ozon fungsinya menyerap radiasi bahaya sinar. Bila terkena radiasi sinar UV-A dan B maka mustahil akan terkenal kanker kulit. Sinar UV-B gelombangnya 280-315 nm, yang hingga dibumi jauh lebih sedikit.
Itulah kenapa walaupun lapisan ozon melindungi kita, namun ingat bahwa lapisan ozon hany dapat menyerap kurang lebih 90% radiasi UV-A dan B yang ada sedikit radiasinya hingga ke bumi. Sarannya untuk menggunakan krim tabir surya guna mencegah radiasi tersebut.

2. Mencegah katarak

Selain bahaya untuk kulit, sinar ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata. Sehingga yang menakutkan sekali ialah mengalami katarak. Namun, bisa mengganggu sekali bila pemandangan kita terhalang. Misalnya ada kaca terkena cat putih, pastinya pemandangan kaca ini tak akan terlihat dan hal ini akan mengganggu sekali kegiatan kita. Maka lapisan ozon dapat menyerap serta menghindarkan diri terhadap sinar ultraviolet yang bisa mengakibatkan katarak.

3. Mengobati kulit terbakar

Dijerman, sejumlah pasien terjadi kulit terbakar kemudian dengan bantuan gas ozon tersebut sembuh. Pastinya hal ini sudah dipantau oleh pemerintah setempat, sebab bila terhirup ini akan membahayakan paru-paru. Dengan dosis serta dibantu obat lainnya para pasien kulit terbakar pulih kembali. Pemakaian gas ozon ini menjadi alat perawatan pasien kulit terbakar yang meluas dijerman.

Baca Juga :   Apa Perbedaan Flora Dan Fauna? Yuk Simak Selengkapnya Dibawah Ini !!!

4. Mencegah kerusakan tumbuhan

Suna UV-B nyatanya mempunyai dampak negatif untuk tumbuhan, organisme sel satu ini serta ekosistem perairannya. Lagi-lagi lapisan ozon dapat mencegah UV-B.

Fungsi Lapisan Ozon Bagi Industri

Berikut fungsi lapisan ozon untuk industri :

1. Memberishkan air tercemar

Selain fungsinya dalam bidang kesehatan, gas ozon bermanfaat bagi industri juga. Gas ozon dipakai untuk membersihkan air tercemar. Hal ini dibantu dengan menyaring serta menghilangkan besi maupun arsenik air, jadi air tak lagi tercemah terhadap kandungan berbahaya misalnya logam, serpiha dan racun.

2. Pembuatan antiseptik

Dalam industri obat, fungsinya gas ozon menjadi alat pengenyah kuman sebelum dibotolkan nantinya akan dipakai menjadi antiseptik.

3. Mewarnai plastik

Selain itu zon pun funngsinya dapat memberikan warna plastik. Gas ozon secara umum dipakai dalam hal pewarnaan bahan plastik. Dengan memakai gas ozon warna bahan plastik akan lebih merata serta menghemat biaya produksi.

Dampak Terjaadinya Penipisan Lapisan Ozon

Penipisan lapisan ozon bisa mengakibatkan lebih banyak sinar radiasi ultraviolet yang masuk dibumi. Radiasi ini bisa membuat efek di kesehatan manusia, memusnahkan biota laut, ekosistem, mengurangi hasil hutan dan pertanian. Efek terutamanya ini pada manusia meningkatnya penyakit kanker kulit selain itu bisa merusak mata termasuk kataraks dan melemahnya sistem imunisasi badan.

Penyebab Terjadinya Penipisan Lapisan Ozon

Para ilmuan khawatir sekali saat mereka menemukan bahan kimia kloro fluoro karbon yang biasa dipakai menjadi media pendingin serta gas pendorong spray aerosol, sehingga memberikan ancaman dari lapisan ozon. Jika dilepas di atmosfer, maka zat yang mempunyai kandungan klorin akan dipecah oleh sinar matahari yang mengakibatkan klorin bisa bereaksi serta menghancurkan molekul ozon. Setiap satu molekulnya dapat menghancurkan sampai 100.000 molekul ozon. Jadi makin lama lapisan ozon maka makin menipis dan bahkan dapat berlubang juga.

Baca Juga :   16 Istilah Penting Seputar Virus dan Pembahasannya Lengkap

Itulah tadi 3 fungsi lapisan ozon untuk dunia kesehatan atau industri. Sebetulnya ini adalah keadaan lapisan ozon di bumi yang lumayan memprihatinkan. Sebab sudah dideteksi bahwa tahun 1980an lapisan ozon dibenua antartika mulai menipis dan ada lubang ozon sebagai tanda tipis sekali lapisannya. Semoga menambah ilmunya.

Baca juga:

Bagaimana Cara Hidup Virus Corona (Covid-19)

Jenis Protozoa Penyebab Penyakit Pada Manusia