20 Contoh Hewan Vivipar dan Penjelasannya Lengkap

2 min read

20 Contoh Hewan Vivipar dan Penjelasannya Lengkap

20 Contoh Hewan Vivipar dan Penjelasannya – Perkembangbiakan hewan sangat bermacam-macam, ada perkembangbiakkan secara alami dan ada juga yang secara buatan atau bioteknologi. Salah satu perkembangbiakan hewan secara alami yaitu vivipar atau melahirkan. Perkembangbiakan ini terjadi pada hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang 20 Contoh Hewan Vivipar Dan Penjelasannya yang ada di darat ataupun di laut, Berikut ini penjelesannya secara singkat.

20 Contoh Hewan Vivipar dan Penjelasannya Lengkap

1. Kera

Hampir seluruh jenis kera di dunia ini contohnya seperti gibbon, orang utan, gorila, siamang dan simpanse berkembang biak dengan cara vivipar. Ciri-ciri dari kera yang berbeda-beda mengakibatkan siklus kehamilannya juga berbeda-beda, di mana hal itu tergantung dari jenis kera serta faktor fisiologisnya.

2. Anjing

Siklus kehidupan anjing cukup cepat. Saat masa kawin, biasanya anjing betina dan jantan akan melakukan proses pembuahan. Waktu yang dibutuhkannya adalah 55 sampai 65 hari, dimana dalam sekali kehamilan, anjing betina biasanya akan mengandung 4 atau lebih bayi anjing.

3. Gajah

Hingga saat ini keberadaannya sangat sedikit dan masuk kategori hewan langka. Hal tersebut dikarenakan masa kehamilan gajah betina yaitu 18 samapi 24 bulan. Dimana dalam masa kehamilan tersebut, gajah hanya akan melahirkan 1 bayi saja dan hanya akan melahirkan anak sebanyak 4 samapi 5 kali saja seumur hidupnya.

Baca Juga :   Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Vivipar Beserta Penjelasannya Lengkap

4. Kuda

Siklus kehamilan kuda juga terbilang cukup lama, yaitu 11 samapi 12 bulan. Kuda selalu melahirkan anaknya saat malam hari, sangat jarang sekali kuda melahirkan di pagi atau di siang hari.

5. Paus

Paus merupakan salah satu jenis hewan mamalia air yang berkembang biak dengan cara vivipar. Hingga saat ini keberadaan paus di laut dunia dapat dihitung dalam hitungan jari. Hal ini dikarenakan perkembangbiakkannya yang cukup lama. Masa kehamilan paus sangat lama yaitu membutuhkan waktu sekitar 19 bulan. Dimana dalam masa kehamilan tersebut mereka hanya menghasilkan 1 bayi saja.

6. Sapi

Perkembangbiakkan sapi cukup lama, mereka membutuhkan waktu sekitar 270 hari untuk mengeluarkan bayi perempuan, dan untuk bayi laki-laki maka jangka waktu yang dibutuhkan bisa melebihi dari 270 hari.

7. Kucing

Kucing yang sudah melakukan proses reproduksi saat masa kawin. Biasanya akan mengandung dalam jangka waktu kurang lebih 65 hari. Dimana dalam sekali kehamilan, biasanya kucing akan menghasilkan 2 sampai 4 atau bahkan lebih bayi kucing.

8. Kambing

Lama mereka mengandung adalah 150 hari atau sekitar 5 bulanan. Dimana ketika bayi mereka lahir, bayi kambing tersebut akan diberi susu oleh induknya selama kurang lebih 3 bulan dan barulah setelah lebih dari 3 bulan mereka sudah dapat memakan makanan seperti rerumputan.

9. Singa

Masa kehamilan singa betina adalah 98-120 hari. Dimana ketika masa kehamilan, singa betina akan meninggalkan kelompoknya dan hidup secara mandiri. Lalu akan bergabung kembali dengan kelompokknya setelah anak-anaknya lahir dan dapat berjalan dengan baik. Proses ini setidaknya membutuhkan waktu 7 sampai 10 bulan.

10. Harimau

siklus kehamilan harimau cukup lama, yaitu 93-112 hari. Pada umumnya harimau betina akan lebih sensitif ketika sedang mengandung calon anak-anaknya. Hal ini terkadang membuat para harimau jantan menghindar dan memilih untuk mengamatinya dari kejauhan.

Baca Juga :   Bintang Ular Laut – Anatomi dan Contoh Spesiesnya

11. Unta

Masa kehamilan unta bisa dibilang juga cukup lama. Unta akan membutuhkan waktu kehamilan sektiar 13 sampai 15 bulan hingga lahir.

12. Kerbau

Lama waktu yang diperlukan kerbau untuk mengandung anaknya yaitu 281 sampai 334 hari. Dan perlu diketahui dalam masa itu, kerbau hanya akan menghasilkan 1 sampai 2 anak saja.

13. Kelelawar

Kelelawar merupakan jenis hewan noktural yang masuk pada contoh hewan vivipar. Hal tersebut dikarenakan kelelawar berkembang biak dengan cara melahirkan. Adapun jangka waktu kelelawar mengandung adalah 1,5-6 bulan, tergantung dari jenis kelelawar tersebut dan juga tempat tinggalnya.

14. Jerapah

Jerapah merupakan salah satu jenis hewan yang lama dalam proses perkembangbiakkannya. Jerapah membutuhkan waktu sekitar 15 bulan untuk mengandung calon anaknya.

15. Tikus

Tikus adalah hewan yang perkembangbiakkannya sangat cepat. Dalam jangka waktu 2 bulan mereka dapat menghasilkan puluhan anak tikus. Hal ini dikarenakan siklus kehamilan tikus yang sangat singkat. Mereka hanya membutuhkan waktu 20-25 hari saja untuk mengandung anaknya.

16. Kelinci

Terkadang kelinci betina yang sudah mulai mengandung akan lebih agresif dibandingkan biasanya. Jangka waktu yang diperlukan kelinci untuk mengandung anaknya adalah 21 sampai 30 hari, itu tergantung dari jenis kelincinya.

17. Lumba-Lumba

Perkembangbiakkan lumba-lumba juga bisa dibilang cukup lama, hal itu tergantung juga dari jenis lumba-lumbanya. Berikut adalah lama masa kehamilan beberapa jenis lumba-lumba:
– Killer Whale : 15-18 bulan
– Short beaked common dolphin : 10-11 bulan
– Spinner dolphin : 10 bulan
– Striped dolphin : 12 bulan

18. Singa Laut

Singa Laut membutuhkan waktu sekitar 350 hari untuk mengandung anaknya. Dimana dalam sekali masa kehamilan tersebut mereka hanya mengandung 1-2 ekor saja.

Baca Juga :   Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup : Ciri Khusus Hewan, Penjelasan dan Gambarnya Terlengkap

19. Tupai

Siklus perkembangbiakkan Tupai sangat cepat. Tupai hanya membutuhkan waktu sekitar 44 hari dan dapat menghasilkan 2 sampai 10 anak tupai.

20. Zebra

Zebra sangat sulit untuk menghasilkan keturunan dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dikarenakan periode kehamilannya yang sangat lama, yaitu sekitar 365 hari. Dan dalam masa itu juga Zebra hanya menghasilkan beberapa calon anak saja.

Itulah 20 Contoh Hewan Vivipar Dan Penjelasannya yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk Anda. Terima kasih.

Baca juga:

5 Akibat Kurang Air bagi Tumbuhan

Ciri-Ciri Penyerbukan Anemogami Terlengkap