16 Fungsi Hati Kelinci Beserta Penjelasannya Lengkap

2 min read

16 Fungsi Hati Kelinci

16 Fungsi Hati Kelinci – kelinci adalah salah satu hewan mamalia yang berukuran kecil hingga sedang dan termasuk ke dalam keluarga leporidae, ordo lagomorpha. Kelinci dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Kelinci mempunyai 8 genera klasifikasi hewan berbeda di dalam keluarga kelinci. Diantaranya termasuk kelinci eropa (oryctolagus cuniculus), kelinci cottontail (13 spesies berbeda), dan kelinci amami (spesies kelinci yang langka di Jepang) dan yang paling terkenal yaitu kelinci hias serta kelinci daging.

16 Fungsi Hati Kelinci

Habitat kelinci

Habitat alami dari kelinci sangat bermacam-macam, seperti semak-semak, padang rumput, hutan tropis, hutan pinus, salju dan padang pasir. Pada umumnya kelinci hidup dalam kelompok dan mayoritas jenis kelinci hidup dalam tanah dengan menggali lubang untuk menghindari predator serta berlindung dari cuaca buruk.
Hampir lebih dari 50% dari seluruh populasi kelinci yang ada di dunia ini berada di Negara Amerika Utara. Namun kelinci juga merupakan hewan endemic Eropa Selatan, Asia Tenggara, Sumatra, Sebagian kecil daerah di Jepang dan sedikit di Amerika Selatan serta Afrika. Pada umumnya, kelinci liar tidak bisat ditemukan di daerah Eurasia.

Makanan kelinci

Kelinci merupakan binatang herbivora yang mengkonsumsi rumput, daun dan buah buahan atau akar akaran. Hasilnya, mereka harus mengkonsumsi selulosa yang sulit dicerna. Kelinci mengatasi masalah ini dengan menggunakan fermentasi hindgut. Kelinci mengeluarkan 2 tipe feses yaitu feses keras dan feses kental yang juga dikenal sebagai caecotrophs. Kelinci selalu mengkonsumsi kembali feses mereka guna untuk mengambil nutrisi yang terbuang.

Kelinci makan dalam tempo yang cepat karena mereka berusaha makan seefektif dan seefisien mungkin untuk menghindari predator, namun jika lingkungan dianggap aman, kelinci dapat makan dalam waktu yang lama. Pada waktu yang bersamaan, kelinci akan mengeluarkan feses keras.

Baca Juga :   Cacing Tanah : Morfologi, Anatomi dan Perannya Terhadap Kehidupan Terlengkap

Jenis jenis Kelinci

Berikut ini adalah beberapa Jenis jenis kelinci yang mungkin wajib diketahui oleh kalian :

  1. Kelinci eropa (oryctolagus cuniculus)
  2. Cottontail (ekor kapas)
  3. Kelinci amami adalah salah satu kelinci terlangka di dunia yang hanya dapat ditemukan di Jepang.
  4. Kelinci hias adalah jenis kelinci yang paling umum dengan bentuk tubuh yang menarik sehingga cocok untuk dijadikan binatang peliharaan kesayangan

Berikut adalah beberapa contoh jenis kelinci hias yang paling terkenal di dunia:

  • New Zealand white
  • Anggora
  • Netherland dwarf
  • Satin
  • Rex
  • English spot
  • Himalayan
  • Dutch
  • Dan lain lain

5. Kelinci pedaging biasanya berasal dari jenis Flemish giant, yaitu kelinci raksasa yang bobotnya dapat mencapai 20kg dan besar tubuh sebesar bantal tidur.

6. Hare merupakan jenis kelinci liar yang biasa tinggal di semak dan padang rumput.

FUNGSI HATI KELINCI

Sekarang ini, bisnis peternakan kelinci cukup banyak memiliki peminat karena tingginya angka permintaan terhadap kelinci. Akan tetapi, permintaan jenis kelinci cukup bermacam-macam, karena mengingat setiap jenis memiliki manfaat tertentu. Salah satunya adalah hati kelinci, lalu apa sajakah fungsi hati kelinci ? Berikut ini adalah 16 fungsi hati kelinci yang memiliki manfaat bagi manusia:

  1. Makanan – Merupakan salah satu fungsi kelinci yang dimanfaatkan manusia sejak zaman dahulu kala, daging dan organ kelinci memiliki rasa yang unik dan sangat empuk. Selain itu, dengan mengkonsumsi kelinci dapat memberikan khasiat khusus bagi tubuh.
  2. Pakaian – Kulit kelinci biasa digunakan sebagai pakaian karena teksturnya lembut dan hangat.
  3. Obat – Daging kelinci dan organ lainnya dianggap memiliki khasiat khusus yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.
  4. Sumber vitamin – Sebagai salah satu organ tubuh yang paling padat dalam tubuh makhluk hidup, hati mengandung banyak vitamin dan mineral yang esensial bagi manusia seperti seluruh jenis vitamin B (B12, B6, dan lain lain), vitamin A, zinc, fosfor, DHA, AA, dan lain lain.
  5. Mencegah dan mengobati asma – Hati kelinci merupakan salah satu dari sedikit sumber makanan yang mengandung ketotifen. Ketotifen dipercaya dapat mencegah dan mengobati asma.
  6. Mengobati iritasi – Sama seperti pengaruh hati kelinci pada asma, ketotifen dalam hati kelinci memiliki khasiat untuk mengobati iritasi pada kulit.
  7. Mengobati alergi – Salah satu zat yang digunakan untuk mengobati alergi adalah ketotifen. Dan Ketotifen secara alami berada di dalam daging kelinci.
  8. Kesuburan wanita – Menurut penelitian, hati kelinci mengandung sejumlah hormone esterogen yang dapat meningkatkan kesuburan wanita.
  9. Sumber protein – Hati kelinci mengandung banyak protein yang dapat berguna bagi para lansia untuk menjaga kesehatan otot dan tulang.
  10. Mengurangi kolestrol – Hati kelinci mengandung banyak protein dengan sedikit lemak sehingga dapat mengurangi konsumsi kolestrol anda.
  11. Meningkatkan kadar natrium dalam tubuh – Natrium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur kadar keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu tubuh untuk menyerap glukosa dalam ginjal dan juga usus, berperan sebagai penyebar gizi di seluruh tubuh serta mengatur fungsi kerja otot dan juga jantung.
  12. Mencegah kanker – Kandungan ketotifen dapat membakar sel kanker yang berpotensi membahayakan tubuh anda.
  13. Anti virus (anti biotik) – Kandungan ketotifen dalam hati kelinci dapat menjadi anti biotik alami bagi tubuh, meski begitu, khasiat ini tidak seberapa efektif dibandingkan dengan penggunaan obat anti biotik.
  14. Menyembuhkan ambeyen
  15. Menambah haemoglobin
  16. Menyembuhkan infeksi tenggorokan.
Baca Juga :   Sistem Pernapasan Pada Kupu-Kupu

Itulah penjelasan mengenai 16 Fungsi Hati Kelinci yang tentunya sangat bermanfaat bagi manusia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: